Spinner Icon

10 Ide Dekorasi Dinding Menarik: Mana Yang Sesuai Dengan Kepribadian Anda?

Author Image
Info Terbaru · 6 Maret 2020

Jika sebuah gambar bisa berbicara 1000 kata, maka dekorasi dinding adalah persamaannya ketika berbicara tentang desain interior. Diantara banyak permukaan rata di dalam rumah, hanya dinding yang selalu terlihat oleh mata. 


Dengan kata lain, dinding Anda adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain ketika memasuki ruang tertentu. Desain dinding digunakan untuk mengatur nada, memberi penekanan pada karakter rumah, juga sebagai gambaran dari karakter sang pemilik rumah. 


Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda menyesuaikan dinding dengan kepribadian Anda ketika menciptakan rumah impian.


( Sumber: Pexel.com/Paula Schmidt )


1. Variasi Warna


Keragaman warna, terkadang tercipta melalui cat dinding yang digunakan, merupakan cara yang paling sering digunakan dalam hal menghias dinding. Sebuah cara yang efektif dalam menciptakan ilusi dengan dampak langsung pada keseluruhan mood ruangan. Kertas dan plester dinding juga bisa memberikan ragam pilihan warna yang bisa digunakan. Anda bisa memulai dengan memilih warna dominan untuk memberikan nada dasar dari dinding Anda, sesuaikan dengan warna-warna yang lebih kaya sebagai penekanan.


2. Bentuk




(sumber: Freshome.com)


Bentuk dapat dengan sederhana diartikan sebagai rupa keseluruhan dari sebuah objek, yang terdiri dari banyak bentuk dan pola yang bisa dimainkan oleh Anda. Bentuk-bentuk geometri biasanya dihubungkan dengan desain kontemporer, sementara bentuk organik berhubungan dengan sesuatu yang lebih baru atau futuristik. 


3. Garis


Seiring dengan semakin dikenalnya desain kontemporer di kalangan para pemilik rumah, garis juga makin banyak digunakan dalam desain dinding. Terlepas dari kegunaannya untuk memberi tampilan yang manis, garis biasanya digunakan untuk memperjelas arahan visual atau menandai batasan dari desain tertentu. Garis merupakan elemen yang penting dalam desain modern kekinian, terutama ketika berbicara tentang dekorasi ruang terbuka.


4. Manipulasi Ruang




(Sumber: Pexel.com/Emre Can)


Dinding Anda terkadang juga bisa diubah menjadi ruang penyimpanan yang akan membantu menambah kedalaman dalam desain dan memastikan bahwa ruang Anda tetap fungsional untuk mengakomodasi kebutuhan Anda sehari-hari. Desainer interior dikenal cenderung menggunakan kabinet dengan sistem yang terintegrasi dengan dinding untuk membantu pemilik rumah mendapatkan estetika yang juga fungsional.


5. Tekstur




(Sumber: Pexels.com/Magda Ehlers)


Tekstur juga berperan penting sebagai pelengkap indera perasa dalam desain untuk membantu 'menyentuh' impresi visual. Pada saat yang bersamaan, permainan tekstur juga memperkaya visual dinding yang lebih dinamis. Menyumbang kesan ilusi sebagai detail dari desain yang menggunakan berbagai macam bahan pada dinding.


6. Proporsi & Skala


Bermain dengan skala untuk desain dinding agar cocok dengan proporsi ruangan Anda adalah hal yang penting. Ingatlah bahwa dalam pemilihan karya seni atau furnitur, sangat penting untuk memastikan bahwa keduanya saling berinteraksi.     


7. Kesatuan & Harmoni


Kesatuan dan harmoni dalam desain menandakan bahwa elemen-elemen yang ada telah melebur satu sama lain, sehingga menghasilkan sesuatu yang utuh secara keseluruhan. Hal ini teramat sangat penting terutama ketika Anda memadukan berbagai elemen dari pengaruh desain yang berbeda di dalam satu ruang, seperti desain klasik modern, kolonial modern, tropis modern atau gaya kosmopolitan.


8. Kontras


Ada kalanya pemilik rumah seperti Anda mencari sesuatu yang lebih menarik atau tidak biasa, baik untuk membuat tamu Anda terkesan atau hanya sekedar ingin memamerkan sisi artistik dari kepribadian Anda. Pada saat-saat seperti itu, penggunaan elemen-elemen yang kontras mulai dari warna, tekstur dan pola akan menciptakan suasana 'menyimpang' yang mencuri perhatian.


9. Menciptakan Titik Fokus




(Sumber: TheSpruce.com)


Apakah Anda pernah mengikuti tes di mana Anda diberikan selembar kertas kosong dan diminta untuk fokus pada salah satu titik, kemudian diberikan kertas yang sama, namun kali ini pandangan Anda langsung menuju bagian tengah kertas karena bagian tersebut ditandai dengan sebuah titik? Hal inilah yang dimaksud pada bagian ini. 


Memang titik fokus tidak harus sesuatu luar biasa, sebuah poin visual yang sederhana yang dapat menarik mata agar desain terlihat lebih bermakna dan utuh.


10. Keragaman


Salah satu kelebihan hidup di abad 21 adalah jumlah pilihan yang tersedia untuk kita sebagai pengguna. Sebagai pemilik rumah, Anda dapat memilih untuk mempercantik interior Anda dengan menggabungkan atau mencocokkan berbagai macam warna, tekstur, dan haluan desain untuk menciptakan ruang yang istimewa di dalam rumah.



 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua