Spinner Icon

3 Manfaat Lemon Untuk Kebersihan

Author Image
Info Terbaru · 20 Maret 2020

Lemon tentunya sudah cukup dikenal, baik sebagai bahan makanan maupun penyedap ketika menghidangkan minuman. Namun ternyata ada fungsi tersembunyi yang bisa Anda gunakan. Fungsi apakah itu?


Lemon dapat Anda gunakan sebagai alat pembersih yang ramah lingkungan. Lemon, baik hasil perasan maupun jus nya memiliki fungsi yang cukup beragam untuk membantu Anda membersihkan perabotan. 


Sumber: Unsplash/Mae Mu


Berikut 3 cara mudah membersihkan perabotan dengan sedikit bantuan dari lemon. 



Membersihkan Kerak Ketel Dengan Jus Lemon





Sumber: Unsplash/Heather Gill


Apabila Anda kurang menyukai penggunaan bahan kimia untuk membersihkan perabotan memasak Anda, maka jus lemon bisa menjadi pilihan. 


Tuangkan setengah botol jus lemon yang bisa Anda beli di supermarket atau toko kelontong ke dalam ketel, isi lagi dengan air, tinggalkan selama 15-20 menit, kemudian panaskan. Untuk sentuhan terakhir, bersihkan ketel sampai bersih.


Anda juga bisa menggunakan baby oil yang dituang ke kain berbahan mikrofiber untuk mengembalikan kilau ketel. 


Membersihkan Oven Microwave Dengan Lemon


Potong empat buah lemon ke dalam semangkuk kecil berisi air, letakkan di dalam microwave selama 5 menit, nyalakan dengan mode pengaturan maksimal. Setelah selesai, lap sisanya dengan kain. Hal ini akan membantu Anda membersihkan minyak dan kotoran dengan mudah tanpa harus menggosok.


Membersihkan Talenan Dengan Garam & Lemon





Sumber: Unsplash/Louis Hansel


Untuk membersihkan talenan yang kotor, taburkan garam, kemudian ambil lemon yang sudah dibelah dua. Peras, kemudian gosokkan ke atas permukaan talenan.


Metode tanpa bahan kimia ini akan menampilkan tekstur kayu dan menghilangkan kotoran. Selain itu akan meninggalkan aroma yang sedap pula. 


Sumber: Idealhome

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua