Spinner Icon

4 Cara Jitu Punya Rumah Meskipun Gaji UMR!

Author Image
Info Terbaru · 18 Juli 2019

btnproperti.co.id - Siapa sih yang nggak mau punya rumah sendiri? Apalagi dengan hasil usaha dan kerja keras dari diri sendiri. Jika berhasil tentunya akan menimbulkan rasa bangga terhadap diri sendiri karena kerja keras yang selama ini dilakukan tidak sia-sia. Namun, ada satu hal yang membuat seseorang menjadi risau saat ingin membeli rumah, hal tersebut adalah gaji.

Lantas, apakah gaji yang hanya sebatas UMR bisa diandalkan untuk memiliki sebuah rumah? Apalagi pengeluaran kerap membengkak karena komoditas lain yang harganya ikut merangkak naik. Namun tenang, if there is a will there is away, right? Jika ingin memiliki rumah meskipun gaji hanya UMR ada 4 hal yang bisa kamu coba. Yuk scroll down!


#1 Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Mengenai Rumah yang Dijual




Tidak ada salahnya mencari terlebih dahulu rumah yang nantinya akan kamu beli. Pastikan secara detail mengenai harga, lokasi, fasilitas, dan hal lain yang sekiranya dibutuhkan. Tentukan rumah yang akan kamu beli dan perbanyak informasi mengenai rumah idamanmu. Dengan begitu targetmu akan menjadi jelas dan kamu akan terpicu untuk berusaha lebih keras lagi demi mendapatkan rumah impian.


#2 Gaji Kecil Bukan Berarti Ambisimu untuk Menabung Menjadi Surut



Nah untuk yang satu ini dibutuhkan konsistensi yang tinggi. Beberapa dari kamu pasti kesulitan untuk menabung dan nggak jarang nantinya kamu akan tergoda untuk mengambil sebagian tabunganmu untuk membeli keperluan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyiasatinya dengan cara membuka tabungan khusus yang diperuntukan untuk menyimpan uang.

Jika konsisten, dalam 1 tahun uang untuk DP rumah bisa terkumpul. Selain menabung ada satu opsi lain yang bisa kamu lakukan terutama kamu generasi milenial.  Opsi tersebut adalah dengan mencari pekerjaan tambahan. Selagi muda, tidak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan lain guna membeli rumah nantinya.

Selain itu, memiliki pekerjaan sampingan juga bisa menambah pengalaman kerjamu dan akan bagus nantinya untuk CV kamu. Jika CV milikmu dihiasi banyak pengalaman kerja di usia yang masih muda, dijamin nantinya kamu bisa mendapat pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi dari sebelumnya. Selagi muda jangan pernah malas melakukan apapun, giatlah bekerja guna menambah pengalamanmu.


#3 Rumah Bekas



Salah satu yang dapat kamu lakukan agar dapat memiliki rumah yaitu dengan membeli rumah bekas.
Tidak ada salahnya membeli rumah bekas. Akan tetapi pastikan kondisi bangunan rumah tersebut
masih layak untuk dihuni agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk merenovasi
rumah tersebut.


#4 Cari Rumah di Luar Ibu Kota dengan Akses Jalan yang Baik dan Tidak Menyulitkan



Bagi kamu yang tinggal di wilayah Jakarta pastinya sudah tahu kalau harga rumah di ibu kota sangat tinggi. Bisa dibilang agak mustahil memiliki rumah jika hanya mengandalkan gaji yang sebatas UMR. Untuk mengakalinya, cobalah cari rumah di luar Jakarta yang memiliki akses jalan mudah seperti Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor. Dengan begitu, besar kemungkinan kamu bisa memiliki rumah sendiri.

Setelah membaca beberapa tips di atas, hal lain yang harus dilakukan adalah tetap konsisten agar impianmu untuk memiliki rumah impian bisa terealisasi. Memiliki rumah dengan gaji UMR memang agak tricky namun dengan konsistensi dan hati yang teguh dengan niat, kamu pasti bisa memiliki rumah sendiri. Jangan putus harapan dan tetap semangat gapai impian.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua