Spinner Icon

4 Prioritas Sebelum Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Author Image
Info Terbaru · 16 September 2019

KOMPAS.com - Dapat melakukan pekerjaan kantor di rumah tentu menjadi impian para pekerja kantoran. Ada berbagai alasan mengapa hal tersebut dapat menyenangkan.

Pertama, Anda tidak perlu harus menghabiskan waktu 15-20 menit untuk bersiap-siap dan berpakaian rapi.

Sebab, dengan menggunakan celana pendek atau piyama sekali pun, Anda tetap dapat mengerjakan setiap pekerjaan yang diberikan bos dengan santai.

Kedua, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di jalan untuk menembus kemacetan ibu kota.

Seharusnya, hal ini dapat menambah waktu konsentrasi Anda dalam bekerja, atau paling tidak Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari target.

Ketiga, pada saat yang bersamaan, Anda bisa mengerjakan pekerjaan rumah seperti mengepel, menyapu, mencuci pakaian dan menyetrikanya, sembari bekerja. Di samping, Anda bisa mengakses seluruh cemilan yang ada di dalam kulkas Anda. 

Namun, bekerja di rumah acapkali bisa membosankan. Sebab, Anda tidak dapat bertemu rekan sejawat yang mungkin bersedia mendengar keluh kesah Anda sembari makan di kantin.

Hal lainnya, suasana rumah yang monotonlah yang akan membuat Anda bosan.

Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dikutip Kompas.com dari Apartmenttherapy:

1. Letakkan 'kantor rumah' Anda di dekat jendela

Ruang kerja di rumah
Ruang kerja di rumah(Apartmenttherapy.com)
Ini perlu Anda lakukan agar pandangan mata Anda tidak terbatas. Paling tidak, menjaga Anda untuk tetap bisa menghirup udara segar yang berseliweran di luar rumah. 

Bahkan, bila Anda memiliki rumah yang ada balkon dengan pemandangan indah seperti rawa, sungai atau gunung, tempatkan kantor rumah Anda di sana. 

Namun, bila tidak ada keduanya, Anda dapat meletakkan lukisan, karya seni, atau mungkin akuarium agar mata Anda yang lelah dapat sedikit beristirahat menikmatinya.

2. Berikan privasi

Rak buku atau layar komputer dapat menjadi pembatas bahwa ruang tersebut merupakan kantor rumah Anda.

Namun, di saat yang sama keberadaan keduanya dapat memberikan privasi tanpa perlu merusak tatanan yang ada. 

3. Atur sendiri kebutuhan ruang

Mungkin, Anda sudah merasa cukup dengan sebuah ruang di bawah tangga yang disulap dengan meja ditambah tumpukan berkas yang tersusun rapi serta layar komputer. 

Tapi sebagian dari Anda mungkin memerlukan ruangan yang lebih besar dengan tujuan dapat menaruh seluruh barang kebutuhan, sekaligus memberikan pandangan yang lebih puas. 

Besar kecilnya ruangan dapat Anda tentukan sendiri menyesuaikan setiap kebutuhan Anda. 

4. Letakkan benda-benda yang benar-benar penting

Menjaga meja kerja Anda tetap teratur adalah kunci memaksimalkan kinerja Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menatanya sebaik mungkin agar tidak terlalu sesak.

Anda berhak meletakkan segala benda yang memang menjadi kebutuhan. Tetapi, mengatur benda-benda yang memang dibutuhkan seperti kalender, post-it dan notebook, tentu sudah cukup untuk menunjang kinerja.


Sumber : properti.kompas.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua