(0)


5 Cara Mudah Ciptakan Ilusi Rumah Lebih Luas
Info Terbaru | 20 Januari 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua ruangan di dalam rumah memiliki luas yang sama, terutama ruangan yang biasanya tak menjadi prioritas para pemilik rumah.

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap ruangan di dalam rumah pastinya akan diletakkan beberapa perabotan atau barang di ruang tertentu.

Namun, sebagian dari Anda merasa bingung dengan banyaknya barang atau perabotan membuat rumah Anda terasa sangat sempit sehingga menciptakan ilusi jika rumah terasa lebih kecil.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan ruang di dalam rumah tampak luas.

Melansir dari Nimvo, simak kelima cara berikut ini. 

1. Gunakan warna monokrom

Warna monokrom merupakan ide yang tepat untuk membuat ruangan secara instan mendapatkan rekaman persegi visual karena skema warna yang mulus dan memberikan efek tanpa jeda di dalamnya.

Ketika Anda mengaplikasikan warna monokrom di rumah dan menggunakannya untuk mengisi ruangan, hal tersebut akan membuat ruangan terasa lebih terbuka dan luas.

Untuk lantai hingga langit-langit, gunakan rona yang sedikit berbeda dengan warna yang sama.

Anda juga perlu menambahkan sedikit pengalihan dari tampilan monokromatik dengan menambah beberapa warna lain yang tak mencolok maupun hiasan seperti lukisan sehingga tak hanya luas namun tetap menarik.

2. Gunakanfurniturberskala kecil

Jika Anda memiliki kamar kecil, jangan meletakkan furnitur dengan ukuran besar sehingga memberikan efek ruangan terlihat penuh dan sesak.

Sebaiknya, Anda memilih sofa atau tempat tidur yang sesuai dengan ukuran kamar.

Selain itu, hindari bentuk furnitur berbentuk bundar karena akan membuat ruangan terasa sempit. Anda bisa memilih furnitur dengan bentuk persegi di ruangan Anda.

3. Gunakan furnitur tambahan kaca

Secara visual, furnitur dengan aksen kaca dapat menambahkan efek visual persegi yang mana sebenarnya tak ada.

Dibanding dengan furnitur rumah tangga berbentuk kayu yang terkesan berat, kaca justru membuat ruang terasa lebih ringan sehingga memunculkan efek luas.

Secara tidak langsung, kaca dapat memperbesar ruangan kecil jadi lebih besar.

4. Berikan sentuhan lapisan pencahayaan

Pencahayaan dapat memainkan peran besar dalam sebuah ruangan sehingga dapat memunculkan efek luas.

Misalnya saja jika Anda memiliki kamar kecil, Anda bisa memberikan pencahayaan dengan menggunakanoverhead lighting yang bisa terang sehingga dapat dengan mudah melemparkan bayangan ke seluruh ruangan, baik dinding, langit-langit, maupun lantai.

Anda juga bisa menggunakan lampu meja sebagai tambahan pencahayaan bagus pada ruangan Anda.

5. Bukagordendi siang hari

Gorden memang membuat ruangan terasa nyaman sekaligus dapat menambah dekorasi di setiap ruangan di rumah Anda.

Namun, bagi Anda yang memiliki kamar kecil, sebaiknya Anda jangan sering menutup gorden karena akan membuat efek ruangan gelap sehingga tampak lebih kecil.

Trik mudah satu ini dapat membuat jendela dan seluruh dinding terasa lebih besar karena ruangan mendapatkan cahaya luar lebih banyak.

Gorden yang terbuka dapat menambahkan efek dramatis nyata dari jendela ke ruangan Anda.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 17 Februari 2020
4 Ide Dekorasi Percantik Dinding Rumah
KOMPAS.com - Salah satu elemen dalam interior rumah yang paling mendapat perhatian adalah dinding. Dinding menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai sekat tiap sudut rumah serta pembatas antara rumah Anda dan rumah tetangga. Tak sekadar jadi pembatas, dinding juga memiliki fungsi estetika yang tinggi, dan memungkinkan Anda dapatBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Februari 2020
3 Jurus Ciptakan Interior Rumah Wabi-Sabi
KOMPAS.com - Sebagian orang pasti memiliki ide unik untuk menciptakan dekorasi rumah yang tak biasa. Ada beberapa pilihan dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan seperti Japandi, Skandinavia, dan terbaru ada " Wabi-sabi". "Wabi-sabi" merupakan istilah Jepang yang pada dasarnya memiliki arti "menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan". "Wabi" mengacu pada hidup dengan kerendahan hatiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 13 Februari 2020
9 Cara Mudah Untuk Membawa Keberuntungan Ke Rumah Anda
(sumber: https://unsplash.com/photos/QtQVSWvsUBw )1. Warna Pembawa KeberuntunganHijau, ungu dan merah adalah warna-warna yang baik untuk digunakan dalam desain rumah Anda. Hijau adalah warna kemakmuran dan akan menambah pertumbuhan dan kesehatan. Ungu adalah warna yang mewah dan megah, menambah percaya diri, menambah percaya diri, energi, dan gairah dalam hidup Anda. Sementara merahBaca Selengkapnya