Spinner Icon

6 Alasan Mengapa Kayu Sangat Cocok Menjadi Elemen Interior

Author Image
Info Terbaru · 6 Maret 2020

Menggunakan sentuhan kayu sebagai bagian dari keindahan interior Anda ternyata bisa menjadi pilihan tepat. Unsur kayu telah menjadi pilihan dari bagian dalam rumah sejak dulu, dan merupakan elemen interior yang tak lekang zaman.  


Sumber: Unsplash/Fran Hogan


Kayu pun dapat memberikan kesan hangat kedalam rumah. Selain itu, kayu sangat mudah dipadukan dengan beragam gaya desain.


Jadi jangan ragu untuk memberikan sentuhan kayu ke dalam gaya desain interior rumah Anda. Sudah tidak sabar untuk menjadikan kayu sebagai elemen interior rumah Anda? Mari ketahui lebih banyak alasannya.


  1. Daya Tahan

Kayu adalah salah satu bahan baku dengan daya tahan terbaik yang pernah ada. Menggunakan kayu dapat menghemat waktu, uang dan tenaga. Bayangkan penghematan yang bisa dilakukan, seperti untuk renovasi, perbaikan, atau penggantian gaya interior. Jika dirawat dengan baik, maka kayu dapat bertahan hingga bertahun-tahun. 


  1. Ramah Lingkungan

Penggunaan elemen kayu dalam interior sebuah rumah ternyata juga memiliki potensi baik untuk kesehatan. Kayu melepas emisi karbon secara minimal sehingga lebih aman untuk kesehatan. Ditambah lagi, kayu juga memiliki kemampuan menyerap panas. Jadi menggunakan kayu itu lebih sehat, sejuk dan juga nyaman karena kayu dapat menyerap suara bising dengan baik.


  1. Bisa Menjadi Sumber Inspirasi




Banyak hal yang bisa dilakukan dengan kayu. Anda dapat memoles bahan kayu sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa melakukan modifikasi untuk memenuhi hasrat estetika. Ada banyak cara untuk melakukan modifikasi, tapi kayu sebagai sebuah elemen interior pun juga sudah cukup baik tanpa banyak polesan. Bulir, tekstur dan jenis kayu secara alami bisa memperindah dekorasi interior Anda. Keunikan kayu sangat mudah dipasangkan dengan berbagai gaya , dekorasi, dan nada warna. 


  1. Mudah Dipadukan Secara Estetis

Sebagai elemen visual, kayu cukup mudah digunakan untuk banyak gaya desain. Ada berbagai cara agar kayu mencapai tingkat keindahan tertentu. Teknik lukis, pahat atau memberikan sentuhan corak dapat Anda lakukan untuk memperindah elemen kayu sebagai bahan dari dekorasi. Banyak perancang interior yang menganggap kayu sebagai bahan terbaik. Jika digunakan dengan tepat maka kayu dapat merubah total suasana sebuah tempat.


  1. Kayu Mudah Dimodifikasi



Sumber: Unsplash/Micheile Henderson


Jenis kayu sangat banyak, mulai dari warna, pola, hingga tipe. Hal ini memungkinkan Anda untuk memenuhi gaya desain yang Anda inginkan. Jenis dekorasi yang bisa Anda wujudkan pun sangat beragam. Kayu dapat dikaryakan ke dalam banyak hal mulai dari perabotan hingga aksesoris. 


  1. Harga Terjangkau



Sumber: Unsplash/Im3rd Media


Kayu merupakan salah satu unsur interior dengan biaya paling memadai. Jika Anda membayangkan manfaat yang didapat dibandingkan dengan biaya yang Anda keluarkan, maka Anda mungkin akan terperangah. Meskipun ada banyak pilihan bahan baku terjangkau di luar sana, tapi kayu adalah pilihan terbaik sebagai unsur keindahan. Desain interior berbahan dasar kayu dapat menonjolkan sisi keindahan suatu tempat dengan maksimal.


Bagaimana? Sudah semakin yakin untuk menggunakan kayu sebagai elemen interior Anda selanjutnya? Semoga informasi kali ini dapat menghilangkan keraguan Anda, karena kayu adalah bahan baku paling dikenal, dan akan terus digunakan di masa depan. 



Sumber: Decorpot  


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua