Spinner Icon

7 Ide Taman Vertikal Untuk Anda

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 18 Maret 2020

Saat ini penggunaan dinding sebagai area taman hijau semakin populer. Tidak hanya digunakan sebagai bagian dari rumah namun juga mulai marak ditemui di area perkantoran. 


Sumber: Pexels/Magda Ehlers


Hal ini pun didorong oleh semakin minimnya ruang yang dimiliki sehingga muncul ide-ide inovatif seperti dinding hijau. Selain memiliki fungsi keindahan, dinding hijau/ taman vertikal juga berfungsi sebagai penyaring udara alami dan membantu agar lingkungan menjadi lebih sehat.


Berikut adalah 7 ide yang bisa kami bagikan sebagai inspirasi Anda untuk memiliki taman vertikal Anda sendiri. 



1. Taman Vertikal Tidak Harus Berukuran Besar


Ukuran besar tidak selalu berarti lebih baik. Anda bisa memiliki area taman vertikal dengan sisa ruang yang sedikit namun tetap menjaga keindahan dan nyaman ditempati sebagai tempat untuk menikmati waktu santai.


 

2. Tapi Jika Anda Memiliki Ruang Yang Cukup, Mengapa Tidak?



Sumber: Unsplash/Paul Hanaoka


   

Namun pastikan anda memiliki ruang yang benar-benar leluasa. Pastinya Anda pernah melihat taman vertikal di ruang publik bukan? Dengan ukuran yang besar, dinding hijau bisa memberikan impresi megah dan juga inspiratif. 


3. Taman Vertikal Yang Bisa Anda Panen

Taman vertikal tidak semata tentang keindahan, tapi juga dapat Anda fungsikan utnuk menanam tumbuhan dan sayuran. Ide bagus bukan? Anda kini bisa berkebun, dengan sentuhan estetika kekinian. 


4. Tidak Harus Serba Rumit 


Dinding hijau yang kamu butuhkan tidak harus menjadi sesuatu yang menyulitkan atau harus tampil sedemikian rupa. Sebagai hobi, seharusnya menjadi aktivitas yang ringan dan menyenangkan. Pilihlah material yang mudah dibongkar pasang sebagai bagian dari dinding hijau Anda. Tanam berbagai macam bunga dan tanaman yang Anda sukai dan nikmati prosesnya.


5. Buat Sendiri Dinding Hijau Di Dalam Rumah



Sumber: images.abeautifulmess.com


Membuat dinding hijau sederhana dapat Anda lakukan dengan mudah. Carilah bentuk dan material yang sederhana, kemudian pastikan bahwa tidak perlu terlalu banyak perawatan yang dibutuhkan. 


6.  Hidupkan Sudut-Sudut Kecil


Dinding hijau sederhana juga dapat ditempatkan di area tempat Anda bekerja atau bahkan area kantor. Selain memberikan kesan berbeda, juga baik untuk kesehatan lho.


7. Dinding Hijau Tiruan Yang Trendi


Jika Anda hanya ingin mengapresiasi keindahannya, namun dirasa tidak ingin terlibat terlalu banyak untuk merawatnya, hal ini pun mungkin. anda bisa membeli dinding hijau atau taman vertikal tiruan sebagai bagian dekorasi ruangan. Selain tetap terlihat natural, anda dapat menata sendiri komposisi dan tumbuhan yang Anda inginkan.


Via: Essential Home & Garden


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua