(0)


KOMPAS.com - Pernah membayangkan punya ruang kerja di dekat dapur? Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk memiliki ruang kerja dekat dengan dapur.

Beberapa alasannya antara lain keterbatasan ruang, efisiensi multitasking, mendekatkan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, ataupun karena imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Nah apapun alasannya, ruang kerja mungil di dekat dapur tetap dapat dibuat nyaman selayaknya ruang kerja pada umumnya.

Berikut ini inspirasi kitchenoffice bagi Anda yang ingin bekerja dekat dengan dapur.

1. DesainKitchen OfficeBoks Kaca

Ruang kerja dipisahkan dengan dapur menggunakan dinding kaca, karya Davidie Rozin Architects Ruang kerja dipisahkan dengan dapur menggunakan dinding kaca, karya Davidie Rozin Architects (www.decoist.com)
Inspirasi desain kitchen office yang pertama ini sungguh stylish! Ruang kerja dibuat bersebelahan dengan dapur, pemisahnya berupa dinding-dinding kaca.

Dinding kaca inilah yang membuat ruang kerja dan dapur seakan tak memiliki batas. Ruang kerja pun terhindar dari aroma masakan ataupun asap berkat dinding kaca yang tertutup rapat.

Keberadaan jendela menjadi kunci penting agar ruang kerja terpapar cahaya alami di siang hari. Sedangkan, dominasi warna putih membantu ruangan tampak lebih lapang dan terang.

Tertarik untuk punya ruang kerja seperti ini?


2. Rancangan Kitchen Office dari Rak Dinding Minimalis

Ruang kerja menyatu dengan dapur menggunakan rancangan lemari kabinet, karya Hesa Design Ruang kerja menyatu dengan dapur menggunakan rancangan lemari kabinet, karya Hesa Design (www.arsitag.com)
Meja kerja yang dipasang menempel di dinding hanya membutuhkan sedikit ruang saja. Karena itulah, sangat dimungkinkan menempatkan meja kerja di sudut dapur yang terbilang sempit.

Didesain tanpa kaki, meja kerja ini sebenarnya adalah rak dinding minimalis model melayang yang berukuran cukup lebar, sehingga cukup untuk meletakkan laptop atau untuk menulis.

Di bagian atasnya, ditambahkan beberapa rak dinding melayang untuk meletakkan dokumen kerja maupun perlengkapan dapur. Praktis ‘kan?


3. LemariDapurSerbaguna untuk Tempat Kerja

Lemari dapur besar menyediakan ruang kerja yang nyaman, karya Charles Vincent George Architects Lemari dapur besar menyediakan ruang kerja yang nyaman, karya Charles Vincent George Architects(www.porch.com)
Dapur pastinya tak bisa dilepaskan dari keberadaan lemari sebagai tempat penyimpanan beragam perlengkapan.

Nah, cobalah menggunakan desain lemari dapur yang memadukan model rak terbuka dan tertutup.

Di bagian bawahnya, tidak seluruhnya dibuat menjadi rak-rak tertutup. Bagian inilah yang kemudian dijadikan ruang tempat untuk bekerja.

Ruang kerja tampak menyatu dengan dapur berkat desain yang sengaja dibuat seragam.


4. Ruang Kerja di Sudut Meja Dapur

Ruang kerja mengambil area meja dapur, karya Paulina Arcklin Ruang kerja mengambil area meja dapur, karya Paulina Arcklin (www.home-designing.com)
Di tengah perkembangan gaya hidup saat ini, hunian mungil diharapkan mampu memenuhi kebutuhan penghuni yang juga kerap bekerja dari rumah.

Tak heran, meja dapur kini tak sekadar berfungsi untuk kegiatan-kegiatan menyiapkan hidangan.

Setiap ruang yang ada dimanfaatkan secara optimal. Seperti sudut meja dapur ini yang secara khusus diberi ruang untuk meletakkan seperangkat komputer.

Dan jadilah sebuah ruang kerja mini yang simpel! Desain seperti ini sangat cocok untuk menyiasati ruangan yang terbatas.


5. Desain Kitchen Office di Bawah Tangga

Ruang kerja mungil memanfaatkan kelebihan ruang di bawah tangga, karya Palmerston Design Consultants. Ruang kerja mungil memanfaatkan kelebihan ruang di bawah tangga, karya Palmerston Design Consultants.(www.decoist.com)
Inpirasi berikutnya menunjukkan bagaimana area bawah tangga difungsikan sebagai dapur mini.

Tepat di bawah tangga, terdapat tempat penyimpanan perlengkapan dapur dengan membangun rak-rak model tertutup dan terbuka.

Tak semua dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Sebagian ruang bawah tangga digunakan sebagai ruang kerja.

Terbilang simpel, ruang kerja ini dibuat dengan memasang rak-rak melayang sepanjang ruang yang tersedia.

Dinding dan rak melayang seluruhnya dicat putih untuk menciptakan kesan bersih, terang, dan lapang.

Meskipun mungil, ruang kerja ini terlihat sangat nyaman, ya?!


6. Desain Kitchen Office di Sudut Dapur

Ruang kerja memanfaatkan sudut sisa di dapur, karya Sarah Barnard Ruang kerja memanfaatkan sudut sisa di dapur, karya Sarah Barnard (www.hgtv.com)
Sudut dapur biasanya dibiarkan kosong atau diisi dengan tanaman hias. Namun di dapur yang memadukan style tradisional dan modern ini, sudut dapur dimanfaatkan sebagai kantor mungil.

Sebuah meja berlaci tanpa kaki-kaki ditempelkan pada dinding di sudut yang berdampingan dengan lemari dapur.

Meja berlaci ini dicat warna biru terang seperti halnya kabinet-kabinet dapur lainnya. Sebagai sentuhan akhir, sebuah kursi motif garis multiwarna sengaja dipilih untuk menghidupkan suasana di sudut ruang kerja.


7. Meja Makan Multifungsi

Ruang makan dapat bermanfaat juga sebagai ruang kerja, karya Tamara Wibowo Ruang makan dapat bermanfaat juga sebagai ruang kerja, karya Tamara Wibowo (www.arsitag.com)
Tak masalah jika tak ingin menciptakan ruang khusus di dekat dapur yang berfungsi sebagai ruang kerja.

Meja makan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bekerja, kok. Seperti di hunian yang mengusup konsep open plan.

Ruang makan yang menyatu dengan dapur bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja.

Ruang makan yang terdiri atas sebuah meja besar dilengkapi beberapa kursi ini, sudah cukup menjadi tempat bekerja yang nyaman atau bahkan tempat diskusi bersama tim.

Dinding kaca dan bukaan-bukaan besar di sisi kanan dan kiri ruang makan, membuat udara serta cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa.

Mengakibatkan meja makan ini menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bekerja.

Selain itu, sudut kerja di area dapur sebenarnya tak hanya dapat berfungsi sebagai tempat bekerja saja, lho.

Sudut ini pun bermanfaat sebagai tempat untuk membaca resep masakan atau sebagai tempat untuk menyusun dan menghitung daftar belanja.

Yang tak kalah penting, pastikan ruang kerja Anda aman, atau jauh dari peralatan masak yang mengeluarkan panas sepeti kompor atau microwave.

Dari berbagai inspirasi ini, desain kitchen office seperti apa yang Anda inginkan?


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Tiga Pilihan Warna Meriahkan Hari Raya
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cat Dulux, AkzoNobel Indonesia meluncurkan Dulux Visualizer untuk menemukan inspirasi warna cat dinding yang tepat pada perayaan Idul Fitri 2020. President Director PT ICI Paints Indonesia Indra Laban mengatakan, perusahaan merilis aplikasi tersebut guna memberikan pilihan warna yang cocok untuk diterapkan pada dinding rumah. DenganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
10 Pilihan Tanaman Interior, Cocok Bagi Pemula
KOMPAS.com - Karakternya yang menyegarkan menjadikan tanaman kerap dipilih sebagai  elemen dekorasi. Apalagi, tanaman juga mempunyai beragam bentuk, ukuran, dan warna yang mampu memberi nuansa yang berbeda-beda. Namun bagi pemula, memilih tanaman sebagai elemen dekorasi interior tentunya menjadi tantangan tersendiri. Selain karena tidak semua tanaman dapat tumbuh baik dalam ruang, beberapa tanaman indoorBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Intip 4 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Buat Tamu
KOMPAS.com - Semua pemilik rumah tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang menginap di rumah mereka, salah satunya menyediakan kamar tidur nyaman. Dengan menyajikan kamar tidur yang nyaman, tamu tentu merasa dihargai oleh pemilik rumah. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mendesain kamar tidur khususBaca Selengkapnya