(0)

8 Cara Membuat Rumah Lebih Rapi
Info Terbaru | 20 Mei 2019

KOMPAS.com - Rumah yang tertata rapi akan membuat Anda betah. Selain itu, kerapian juga identik dengan kebersihan, sehingga rumah menjadi nyaman untuk dihuni.

Namun, bagi sebagian orang, menjaga rumah agar tetap terlihat rapi bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.

Rasa malas menjadi penyebab utama rumah terlihat berantakan dan tidak terurus. Dari rasa malas tersebut kemudian timbul sebuah kebiasaan untuk meletakkan sesuatu yang tidak pada tempatnya, seperti buku yang sudah dibaca tidak dikembalikan lagi pada tempatnya.

Alhasil, benda-benda kecil memenuhi seisi ruangan dan membuat rumah menjadi berantakan.

Untuk menghindari hal tersebut, mulailah mengubah kebiasaan dari sekarang. Biasakan untuk hidup dengan rapi dan terorganisasi.

Selain itu, ada beberapa cara mudah untuk membuat rumah tampak lebih rapi berikut ini:

1. Meminimalkan Penggunaan Perabot di Kamar Tidur

Kamar tidur minimalis di Mo House karya DFORM Kamar tidur minimalis di Mo House karya DFORM(www.arsitag.com)

Semakin sedikit perabot yang digunakan di dalam kamar, maka peluang kamar terlihat berantakan menjadi lebih sedikit.

Hal demikian sebenarnya merupakan gaya hidup minimalis yang belakangan populer di beberapa negara maju.

2. Memisahkan Peralatan Dapur Sesuai Jenisnya

Residential Kitchen di Bogor karya Leicht Kitchen Residential Kitchen di Bogor karya Leicht Kitchen (www.arsitag.com)Jumlah perkakas dapur dan alat memasak yang Anda miliki pasti tidak terhitung jumlahnya.

Daripada meletakkannya secara sembarangan dan membuat Anda bingung mencari, lebih baik semua benda tersebut ditempatkan menjadi satu, dan dikelompokkan sesuai jenisnya.

3. Jangan Membiarkan Meja Belajar Terlihat Berantakan

Rumah rapi SS Residence di Tangerang karya Irianto Purnomo Hadi Rumah rapi SS Residence di Tangerang karya Irianto Purnomo Hadi (Fernando Gomulya)Hal kecil yang mungkin Anda abaikan adalah kerapian meja belajar dan meja kerja. Kondisi meja belajar yang rapi akan memberikan kesan ruangan ikut terlihat rapi.

Selain itu, hasrat untuk belajar dan bekerja dapat semakin meningkat.

4. Memanfaatkan Tangga Sebagai Storage Tambahan

Rumah rapi Vivacia di Tangerang karya DNV Studio Rumah rapi Vivacia di Tangerang karya DNV Studio(www.arsitag.com)Anda mungkin kebingunan harus menempatkan benda-benda yang sudah tidak terpakai karena keterbatasan storage di rumah.

Namun, jangan biarkan hal tersebut membuat rumah terlihat tidak rapi. Anda bisa memanfaatkan bagian bawah tangga sebagai storage tambahan atau sudut dead space tangga sebagai ruang untuk meyimpan rak buku.

5. Menyusun Buku dalam Satu Lemari yang Sama

Rumah rapi terorganisir L+L House di Jakarta karya Studio TonTon Rumah rapi terorganisir L+L House di Jakarta karya Studio TonTon(www.arsitag.com)Untuk yang hobi membaca, salah satu untuk merapikan atau mengorganisir koleksi buku adalah dengan membuat perpustakaan pribadi di rumah.

Anda bisa memanfaatkan lemari di ruang keluarga sebagai rak untuk menyimpan semua buku.

6. Menyediakan Storage Khusus di Kamar Mandi

Kamar mandi rapi Sunset Villa di Bandung karya Erwin Kusuma Kamar mandi rapi Sunset Villa di Bandung karya Erwin Kusuma (www.arsitag.com)Kerapian kamar mandi juga menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Anda bisa menyediakan storage khusus untuk menyimpan peralatan mandi dan handuk bersih.

7. Menata Lemari Pakaian dan Koleksi Sepatu

Rumah rapi terorganisir Na Residence di Solo karya AlvinT Studio Rumah rapi terorganisir Na Residence di Solo karya AlvinT Studio (www.arsitag.com)Anda bisa menebak kerapian seseorang dari lemari pakaian mereka. Jika tidak ingin dianggap sebagai orang yang tidak rapi, segera rapikan semua pakaian di dalam lemari.

Selain itu, koleksi sepatu yang jarang dipakai sebaiknya dimasukkan ke kotak dan kemudian menumpuknya di atas lemari pakaian.

8. Mengubah Koleksi Mainan Menjadi Pajangan

Rumah rapi terorganisir Meruya Project di Jakarta karya A+Plan Architect & Interior Works Rumah rapi terorganisir Meruya Project di Jakarta karya A+Plan Architect & Interior Works(www.arsitag.com)Tidak hanya anak-anak, beberapa orang dewasa juga mengoleksi mainan hingga jumlahnya sangat banyak.

Jika koleksi tersebut dibiarkan, akan terlihat berantakan. Nah, salah satu cara untuk merapikannya adalah dengan memajang semua mainan tersebut di dalam lemari pajangan.

Beberapa cara di atas tentu akan membuat rumah tampak lebih rapi dan terorganisasi dengan baik.

Akan tetapi, semuanya kembali lagi kepada Anda apakah sifat rapi sudah melekat pada diri Anda? Jika sudah, rumah akan tampak rapi sepanjang waktu.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 24 Juni 2019
Pilihan Warna Kamar Tidur yang Mencerahkan Pagi Anda
KOMPAS.com - Memilih warna untuk kamar tidur tak boleh sembarangan karena masing-masing warna mempunyai efek psikologis. Warna kamar tidur dapat memengaruhi emosi, pikiran, tubuh, dan keseimbangan. Dengan memilih warna yang tepat, Anda akan lebih bersemangat. Berikut ini inspirasi warna-warna kamar tidur elegan yang dijamin akan membuat pagi Anda menjadi cerah. Warna Hijau Menenangkan www.arsitag.comBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 5 Hal Berikut
KOMPAS.com - Membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan alternatif untuk memiliki rumah. Anda dapat memilih lokasi rumah yang lebih strategis tanpa harus mengkhawatirkan ketersediaan lahan. Namun, proses pertimbangan yang dilakukan dalam membeli rumah bekas jelas berbeda dengan membeli rumah baru. Pasalnya, bangunan rumah bekas rentan mengalami kerusakan karena telah lebih dulu dipergunakan. PertimbanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Rumah Pertama Pengantin Baru, Beli atau Sewa?
KOMPAS,com - Banyak riset yang meramalkan milenial tak akan sanggup membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya Rumah123 yang memprediksi hanya ada 5 persen kalangan milenial yang bisa memiliki rumah pada tahun 2022. Ketidakselarasan antara kenaikan harga rumah (17 persen) dengan peningkatan pendapatan Upah Minimum Regional (UMR) 10 persen per tahunBaca Selengkapnya