(0)


8 Cara Membuat Rumah Lebih Rapi
Info Terbaru | 20 Mei 2019

KOMPAS.com - Rumah yang tertata rapi akan membuat Anda betah. Selain itu, kerapian juga identik dengan kebersihan, sehingga rumah menjadi nyaman untuk dihuni.

Namun, bagi sebagian orang, menjaga rumah agar tetap terlihat rapi bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.

Rasa malas menjadi penyebab utama rumah terlihat berantakan dan tidak terurus. Dari rasa malas tersebut kemudian timbul sebuah kebiasaan untuk meletakkan sesuatu yang tidak pada tempatnya, seperti buku yang sudah dibaca tidak dikembalikan lagi pada tempatnya.

Alhasil, benda-benda kecil memenuhi seisi ruangan dan membuat rumah menjadi berantakan.

Untuk menghindari hal tersebut, mulailah mengubah kebiasaan dari sekarang. Biasakan untuk hidup dengan rapi dan terorganisasi.

Selain itu, ada beberapa cara mudah untuk membuat rumah tampak lebih rapi berikut ini:

1. Meminimalkan Penggunaan Perabot di Kamar Tidur

Kamar tidur minimalis di Mo House karya DFORM Kamar tidur minimalis di Mo House karya DFORM(www.arsitag.com)

Semakin sedikit perabot yang digunakan di dalam kamar, maka peluang kamar terlihat berantakan menjadi lebih sedikit.

Hal demikian sebenarnya merupakan gaya hidup minimalis yang belakangan populer di beberapa negara maju.

2. Memisahkan Peralatan Dapur Sesuai Jenisnya

Residential Kitchen di Bogor karya Leicht Kitchen Residential Kitchen di Bogor karya Leicht Kitchen (www.arsitag.com)Jumlah perkakas dapur dan alat memasak yang Anda miliki pasti tidak terhitung jumlahnya.

Daripada meletakkannya secara sembarangan dan membuat Anda bingung mencari, lebih baik semua benda tersebut ditempatkan menjadi satu, dan dikelompokkan sesuai jenisnya.

3. Jangan Membiarkan Meja Belajar Terlihat Berantakan

Rumah rapi SS Residence di Tangerang karya Irianto Purnomo Hadi Rumah rapi SS Residence di Tangerang karya Irianto Purnomo Hadi (Fernando Gomulya)Hal kecil yang mungkin Anda abaikan adalah kerapian meja belajar dan meja kerja. Kondisi meja belajar yang rapi akan memberikan kesan ruangan ikut terlihat rapi.

Selain itu, hasrat untuk belajar dan bekerja dapat semakin meningkat.

4. Memanfaatkan Tangga Sebagai Storage Tambahan

Rumah rapi Vivacia di Tangerang karya DNV Studio Rumah rapi Vivacia di Tangerang karya DNV Studio(www.arsitag.com)Anda mungkin kebingunan harus menempatkan benda-benda yang sudah tidak terpakai karena keterbatasan storage di rumah.

Namun, jangan biarkan hal tersebut membuat rumah terlihat tidak rapi. Anda bisa memanfaatkan bagian bawah tangga sebagai storage tambahan atau sudut dead space tangga sebagai ruang untuk meyimpan rak buku.

5. Menyusun Buku dalam Satu Lemari yang Sama

Rumah rapi terorganisir L+L House di Jakarta karya Studio TonTon Rumah rapi terorganisir L+L House di Jakarta karya Studio TonTon(www.arsitag.com)Untuk yang hobi membaca, salah satu untuk merapikan atau mengorganisir koleksi buku adalah dengan membuat perpustakaan pribadi di rumah.

Anda bisa memanfaatkan lemari di ruang keluarga sebagai rak untuk menyimpan semua buku.

6. Menyediakan Storage Khusus di Kamar Mandi

Kamar mandi rapi Sunset Villa di Bandung karya Erwin Kusuma Kamar mandi rapi Sunset Villa di Bandung karya Erwin Kusuma (www.arsitag.com)Kerapian kamar mandi juga menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Anda bisa menyediakan storage khusus untuk menyimpan peralatan mandi dan handuk bersih.

7. Menata Lemari Pakaian dan Koleksi Sepatu

Rumah rapi terorganisir Na Residence di Solo karya AlvinT Studio Rumah rapi terorganisir Na Residence di Solo karya AlvinT Studio (www.arsitag.com)Anda bisa menebak kerapian seseorang dari lemari pakaian mereka. Jika tidak ingin dianggap sebagai orang yang tidak rapi, segera rapikan semua pakaian di dalam lemari.

Selain itu, koleksi sepatu yang jarang dipakai sebaiknya dimasukkan ke kotak dan kemudian menumpuknya di atas lemari pakaian.

8. Mengubah Koleksi Mainan Menjadi Pajangan

Rumah rapi terorganisir Meruya Project di Jakarta karya A+Plan Architect & Interior Works Rumah rapi terorganisir Meruya Project di Jakarta karya A+Plan Architect & Interior Works(www.arsitag.com)Tidak hanya anak-anak, beberapa orang dewasa juga mengoleksi mainan hingga jumlahnya sangat banyak.

Jika koleksi tersebut dibiarkan, akan terlihat berantakan. Nah, salah satu cara untuk merapikannya adalah dengan memajang semua mainan tersebut di dalam lemari pajangan.

Beberapa cara di atas tentu akan membuat rumah tampak lebih rapi dan terorganisasi dengan baik.

Akan tetapi, semuanya kembali lagi kepada Anda apakah sifat rapi sudah melekat pada diri Anda? Jika sudah, rumah akan tampak rapi sepanjang waktu.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 16 September 2019
4 Prioritas Sebelum Mendesain Ruang Kerja di Rumah
KOMPAS.com - Dapat melakukan pekerjaan kantor di rumah tentu menjadi impian para pekerja kantoran. Ada berbagai alasan mengapa hal tersebut dapat menyenangkan. Pertama, Anda tidak perlu harus menghabiskan waktu 15-20 menit untuk bersiap-siap dan berpakaian rapi. Sebab, dengan menggunakan celana pendek atau piyama sekali pun, Anda tetap dapat mengerjakan setiap pekerjaan yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 16 September 2019
5 Bahaya yang Mengintai Rumah Bertingkat
KOMPAS.com - Untuk sebagian besar orang, punya rumah bertingkat adalah perpanjangan tangan dan pengaruh keinginan dari kebutuhan tempat tinggal. Saat punya dana yang memadai, rumah bertingkat kerap jadi pilihan. Ukurannya yang luas membuat ketersediaan ruang lebih banyak. Dengan begitu, rumah bertingkat bisa ditinggali lebih dari tiga anggota keluarga. Dalam keadaan yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 16 September 2019
5 Langkah Menciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah
KOMPAS.com - Untuk Anda para profesional yang masih harus mengurus pekerjaan kantor di rumah, punya ruang kerja sendiri akan lebih memudahkan dalam meningkatkan produktivitas. Daripada bekerja di ruangan lain yang membuat tidak fokus, membuat ruang kerja khusus bisa menjadi pilihan. Di ruang kerja pribadi, Anda bisa menyimpan segala berkas yang berhubungan denganBaca Selengkapnya