(0)


KOMPAS.com -Luas tanah yang terbatas jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan area hijau atau taman di rumah.

Karena taman tidak hanya dapat memberikan keindahan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan diri dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Ketika Anda merasa lelah setelah berkutat dengan komputer atau gawai selama berjam-jam, pemandangan hijau dari taman rumah dapat menyegarkan mata.

Selain itu, proses fotosintesis dari tumbuhan dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen sehingga kadar udara di rumah menjadi lebih segar.

Ada beragam jenis taman di rumah seperti taman minimalis, taman kering, taman mediterania, taman Jepang, taman vertikal, atau taman Eropa.

Meskipun memiliki rumah berukuran kecil, Anda tetap bisa membangun semua jenis taman tersebut, tetapi tentu saja dengan ukuran mungil.

Contohnya taman minimalis mungil yang terlihat cantik dan cocok dengan rumah-rumah bergaya minimalis.

Taman minimalis identik dengan penggunaan jenis tanaman dan ornamen yang tidak terlalu banyak.

Tanaman besar biasanya hanya diletakan pada sudut atau pinggiran taman saja.Sedangkan bagian lainnya hanya ditanami rumput atau dipasangi beberapa batu pijakan.

Berikut ini beberapa ide menata taman minimalis mungil yang dapat dijadikan inspirasi:

Teras Depan untuk Menyimpan Pot

Taman Rumah Minimalis Rumah Tropis Hook di Jawa Timur karya Satuvista Architect Taman Rumah Minimalis Rumah Tropis Hook di Jawa Timur karya Satuvista Architect (www.arsitag.com)Anda dapat menyulap halaman depan rumah sebagai lahan hijau. Jika ukurannya dirasa kurang besar, tidak ada salahnya mengambil sedikit ruang dari teras untuk menempatkan beberapa pot tanaman.

Kombinasi Hardscape dan Rumput

Taman Rumah Minimalis A+A House di Bandung Karya LUWIST Spatial Taman Rumah Minimalis A+A House di Bandung Karya LUWIST Spatial (www.arsitag.com)Jika tidak menginginkan seluruh bagian taman ditanami oleh rumput, Anda bisa mengombinasikannya dengan plat semen.

Selain itu, alternatif lainnya bisa juga menggunakan grass block dengan motif yang beragam.

Tanaman Kecil pada Bagian Pinggir

Taman Rumah Minimalis Extrude House di Bandung Karya RQT8 Taman Rumah Minimalis Extrude House di Bandung Karya RQT8 (www.arsitag.com)Halaman belakang rumah terkadang dijadikan sebagai area untuk menjemur pakaian. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak menaman tanaman pada taman minimalis di belakang rumah.

Sebaiknya, kosongkan bagian tengah taman, dan perbanyak menanam tanaman kecil pada bagian pinggir.

Satu Pohon Saja Cukup

Taman Rumah Minimalis SIXPAX HQ di Bandung Karya RDMA Taman Rumah Minimalis SIXPAX HQ di Bandung Karya RDMA(www.arsitag.com)Salah satu fungsi dari taman dalam rumah adalah untuk menambah pencahayaan. Jadi, jangan membuat taman minimalis dalam rumah terlihat seperti hutan.

Menanam satu pohon pun sudah cukup.

Lampu Taman di Bagian Tengah Taman

Taman Rumah Minimalis Extrude House di Bandung Karya RQT8 Taman Rumah Minimalis Extrude House di Bandung Karya RQT8(www.arsitag.com)Meskipun memilki rumah mungil, jangan gunakan semua lahan sebagai bangunan. Sisakan sedikit ruang pada bagian depan untuk area hijau.

Jangan lupa menambahkan lampu taman untuk penerangan tambahan pada malam hari.

Percantik dengan Dinding Bata Putih

Taman Rumah Minimalis DJ House di Bengkulu Karya Sontang M Siregar Taman Rumah Minimalis DJ House di Bengkulu Karya Sontang M Siregar(www.arsitag.com)Nilai estetika dari taman rumah minimalis mungil juga bisa Anda tingkatkan dengan permainan pola dan warna pada dinding di sekitar taman.

Salah satu contohnya adalah dinding bata putih yang dapat memberikan kesan gaya skandinavia.

Menanam Secara Vertikal

Taman Rumah Minimalis Budisari Residence di Bandung Karya ARCHID Design & Build Taman Rumah Minimalis Budisari Residence di Bandung Karya ARCHID Design & Build (www.arsitag.com)Karena ukurannya sangat mungil, Anda bisa menanam tanaman secara vertikal ke atas atau menempelkannya pada dinding taman minimalis.

Menggunakan Konsep Kering

Taman Rumah Minimalis Rumah Cempaka Putih di Jakarta Karya PSA Studio Taman Rumah Minimalis Rumah Cempaka Putih di Jakarta Karya PSA Studio (www.arsitag.com)Mengingat ukuran taman minimalis yang Anda miliki tidak terlalu luas, konsep taman kering dengan batu kerikil dan tanaman dalam pot sangat cocok.

Konsep taman kering tidak akan membuat rumah menjadi kotor akibat percikan lumpur saat hujan.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Tiga Pilihan Warna Meriahkan Hari Raya
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cat Dulux, AkzoNobel Indonesia meluncurkan Dulux Visualizer untuk menemukan inspirasi warna cat dinding yang tepat pada perayaan Idul Fitri 2020. President Director PT ICI Paints Indonesia Indra Laban mengatakan, perusahaan merilis aplikasi tersebut guna memberikan pilihan warna yang cocok untuk diterapkan pada dinding rumah. DenganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
10 Pilihan Tanaman Interior, Cocok Bagi Pemula
KOMPAS.com - Karakternya yang menyegarkan menjadikan tanaman kerap dipilih sebagai  elemen dekorasi. Apalagi, tanaman juga mempunyai beragam bentuk, ukuran, dan warna yang mampu memberi nuansa yang berbeda-beda. Namun bagi pemula, memilih tanaman sebagai elemen dekorasi interior tentunya menjadi tantangan tersendiri. Selain karena tidak semua tanaman dapat tumbuh baik dalam ruang, beberapa tanaman indoorBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Intip 4 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Buat Tamu
KOMPAS.com - Semua pemilik rumah tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang menginap di rumah mereka, salah satunya menyediakan kamar tidur nyaman. Dengan menyajikan kamar tidur yang nyaman, tamu tentu merasa dihargai oleh pemilik rumah. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mendesain kamar tidur khususBaca Selengkapnya