(0)

8 Kiat Memilih Sofa yang Tepat
Info Terbaru | 27 Mei 2019

KOMPAS.com - Memilih sofa ruang tamu atau ruang keluarga modern yang pas adalah hal yang mudah, bukan? Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara tepat dalam memilih sofa.

Ada begitu banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan, contohnya warna, bentuk, ukuran, tingkat kenyamanan, dan masih banyak lagi.

Tidak heran bila sebagian besar orang merasa kewalahan dalam memilih sofa yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk membantu Anda dalam memilih sofa ruang tamu yang pas dan sesuai dengan kebutuhan:

Memilih UkuranSofa Ruang Tamu yang Pas

Sofa ruang tamu dengan ukuran yang tepat Sofa ruang tamu dengan ukuran yang tepat (www.urbanconcepts.ph)Salah satu kesalahan yang umum dilakukan dalam memilih sofa ruang tamu adalah memilih sofa dengan ukuran yang tidak proporsional, entah terlalu besar atau terlalu kecil.

Pastikan untuk mengukur luas ruang tamu, dan sisakan ruang agar Anda dapat bergerak  dengan bebas.

Untuk ruang tamu berukuran cukup luas, tentukan terlebih dahulu luas area yang akan ditempati oleh sofa.

Pilih Rangka Sofa yang Kuat dan Berkualitas

Sofa dengan frame kayu Sofa dengan frame kayu (www.createandbarrel.com)Pilih rangka sofa ruang tamu yang kuat dan berkualitas, untuk memastikan bahwa sofa tersebut akan bertahan di tahun-tahun yang akan datang.

Rangka sofa yang terbuat dari kayu solid merupakan pilihan yang cukup baik karena material ini dikenal kokoh dan tahan lama.

Hindari material seperti plywood standar, papan kayu partikel, dan medium density fiberboard.

Cek Busa Dudukan

Pemilihan sofa dengan busa atau cushion terbaik Pemilihan sofa dengan busa atau cushion terbaik (www.uk.businessinsider.com)Sebaiknya pilih sofa dengan busa yang berkualitas. Penggunaan busa yang berkualitas akan menjamin kenyamanan sofa ruang tamu dalam jangka waktu lama.

Hindari memilih sofa dengan busa yang terlalu empuk ataupun terlalu keras karena akan cepat berubah bentuk dan pastinya tidak akan terasa nyaman.

Pilih Bahan Pelapis Sofa Terbaik

Bahan pelapis sova dari material velvet yang mewah Bahan pelapis sova dari material velvet yang mewah (www.hgtv.com)Dalam memilih bahan pelapis sofa, Anda perlu memperhatikan aspek estetika dan fungsionalitas.

Material pelapis berbahan suede memang terlihat sangat cantik, namun tidak cocok digunakan dalam rumah yang memiliki anak kecil ataupun hewan peliharaan karena mudah rusak.

Ada berbagai jenis material atau bahan pelapis yang tersedia di pasaran mulai dari bahan  katun, linen, rayon, velvet, polyester, dan kulit.

Pilihlah bahan pelapis yang sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Pilih Sofa dengan Gaya yang Sesuai dengan Desain Rumah Anda

MANTEL CAT2005 COP MANTEL CAT2005 COP(Krause & Johansen)Untuk tampilan yang cantik, Anda perlu menyesuaikan model dan gaya dari sofa ruang tamu dengan desain rumah Anda secara keseluruhan.

Jika desain rumah Anda lebih condong pada gaya minimalis, gunakan sofa dengan desain yang melibatkan garis-garis yang tegas dan warna netral.

Jika Anda lebih menyukai gaya tradisional, sebuah sofa ruang tamu dengan model klasik dan warna-warna kalem merupakan pilihan terbaik.

Warna Sofa yang Sesuai

Sofa dengan warna dan motif sebagai focal point dalam ruangan Sofa dengan warna dan motif sebagai focal point dalam ruangan(www.onekingslane.com)Sofa ruang tamu berwarna putih tidak akan cocok dipergunakan dalam rumah dengan anak kecil dan hewan peliharaan.

Untuk membantu memilih warna sofa yang sesuai, perhatikan warna lantai serta warna furnitur lain yang ada di ruang tamu.

Anda bisa memilih warna terang, bermotif, atau untuk lebi amannya, gunakan warna netral. Sofa dengan warna terang akan menjadi focal point dalam ruang tamu.

Tentukan Bentuk Sofa yang Cocok untuk Ruang Tamu

Sofa ruang tamu dengan bentuk setengah lingkaran Sofa ruang tamu dengan bentuk setengah lingkaran (www.pinterest.com)Tentukan bentuk sofa yang sesuai dengan ruang tamu Anda. L-Shaped atau sofa berbentuk L merupakan bentuk yang paling umum ditemukan.

Anda bisa memilih bentuk ini untuk sebuah ruang tamu dengan konsep terbuka yang menyatu dengan ruangan lain dalam rumah Anda.

Untuk kesan yang lebih unik, Anda bisa memilih sofa dengan bentuk setengah lingkaran.

Coba Dulu Sebelum Membeli

Memilih sofa yang nyaman untuk semua orang Memilih sofa yang nyaman untuk semua orang(www.hgtv.com)Hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan sebelum membeli sofa ruang tamu adalah mencobanya terlebih dahulu.

Ukuran kenyamanan sofa sangatlah bervariasi sehingga sangatlah penting bagi Anda untuk mencobanya terlebih dahulu agar bisa menemukan sofa yang tepat.

Apakah Anda bisa bersandar dengan nyaman? Apakah kaki Anda dapat menapak lantai dengan nyaman?

Pilihlah sofa yang membuat Anda dan tamu Anda dapat merasa nyaman.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 24 Juni 2019
Pilihan Warna Kamar Tidur yang Mencerahkan Pagi Anda
KOMPAS.com - Memilih warna untuk kamar tidur tak boleh sembarangan karena masing-masing warna mempunyai efek psikologis. Warna kamar tidur dapat memengaruhi emosi, pikiran, tubuh, dan keseimbangan. Dengan memilih warna yang tepat, Anda akan lebih bersemangat. Berikut ini inspirasi warna-warna kamar tidur elegan yang dijamin akan membuat pagi Anda menjadi cerah. Warna Hijau Menenangkan www.arsitag.comBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 5 Hal Berikut
KOMPAS.com - Membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan alternatif untuk memiliki rumah. Anda dapat memilih lokasi rumah yang lebih strategis tanpa harus mengkhawatirkan ketersediaan lahan. Namun, proses pertimbangan yang dilakukan dalam membeli rumah bekas jelas berbeda dengan membeli rumah baru. Pasalnya, bangunan rumah bekas rentan mengalami kerusakan karena telah lebih dulu dipergunakan. PertimbanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Rumah Pertama Pengantin Baru, Beli atau Sewa?
KOMPAS,com - Banyak riset yang meramalkan milenial tak akan sanggup membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya Rumah123 yang memprediksi hanya ada 5 persen kalangan milenial yang bisa memiliki rumah pada tahun 2022. Ketidakselarasan antara kenaikan harga rumah (17 persen) dengan peningkatan pendapatan Upah Minimum Regional (UMR) 10 persen per tahunBaca Selengkapnya