Spinner Icon

9 Cara Mudah Dekorasi Ruang Keluarga

Author Image
Info Terbaru · 17 Maret 2020

Setiap pemilik rumah pasti menginginkan tata letak rumah yang indah dan menyenangkan. Ketika menentukan tata letak yang baru, pemilik rumah tentunya ingin memberikan kesan yang baik pada tamu mereka. Dengan memperhatikan cara yang baik untuk mengubah dekorasi rumah maka banyak hal manfaat yang bisa didapatkan. Bagi Anda yang tak sabar untuk memberikan sentuhan baru di ruang keluarga, yuk baca 9 tips berikut.

Sumber: Unsplash/Kara Eads

  1. Rapikan Ruangan 

Merapikan ruangan yang paling sering digunakan akan memudahkan Anda menentukan elemen dekorasi mana yang perlu dikurangi. Sebuah ruang yang nampak sesak akan mengurangi keindahan di dalamnya. Sehingga keindahan desain yang ada menjadi tidak terlihat. Misalnya sebuah meja yang terlalu berantakan justru menghalangi pemilik rumah untuk menggunakan perabotan yang ada sehingga mengurangi nilai fungsinya.


  1. Berikan Satu Warna Berbeda Pada Salah Satu Area Dinding




Sumber: Unsplash/Stefen Tan


Memberikan aksen warna pada salah satu dinding akan mencerahkan suasana dari suatu ruangan. Pilihlah warna yang cerah dan terang tanpa harus mendominasi nuansa. Dinding bisa jadi titik fokus sebuah ruangan dan menonjolkan kepribadian sang pemilik. Aksen warna pada satu area dinding tertentu bisa Anda percantik dengan memberikan sentuhan dekorasi agar keseluruhan desain menjadi lebih terasa. 


Hal ini juga bisa Anda lakukan agar ruangan nampak lebih luas dan membuatnya lebih cerah. Mewarnai area dinding lainnya dengan warna netral pun akan mengubah suasana ruangan menjadi lebih berisi. Memilih perpaduan warna yang tepat juga akan membuat pemilik ruangan lebih nyaman. 


  1. Mengubah Karya Seni Yang Ada



Sumber: Pexels

Mengganti karya seni yang ada di dalam ruangan akan menciptakan ruang baru agar pemilik rumah bisa melakukan sesuatu yang berbeda. Cobalah gantung karya seni yang selama ini Anda simpan. Namun jika dirasa karya seni tersebut justru membuat kesan sesak, maka Anda bisa mengubahnya kembali. Menambahkan karya seni yang baru akan menghidupakan kembali suatu ruangan. Pilihlah karya seni yang menginspirasi bagi Anda. Selain itu, pilihlah karya yang bisa memperbaiki suasana hati ketika sedang dinikmati. Letakkan karya seni di posisi yang selalu terlihat oleh pandangan agar memberikan kesan seimbang. 


  1. Berikan Sentuhan Dekorasi Di Sudut Tertentu


Untuk melengkapi sebuah ruangan, berilah sentuhan dekorasi sesuai dengan suasana hati. Seringkali pemilik rumah hanya fokus pada bagian paling dalam di sebuah rumah, sehingga melewatkan area sudut. Area sudut yang tidak tersentuh dekorasi akan menciptakan ruang negatif sehingga ruangan tampak tidak seimbang dan tidak lengkap. Lukisan dinding, meja kecil, dan lampu yang elegan sudah cukup untuk mengisi suatu ruang kosong dan memperindah area tersebut.


  1. Gunakan Tirai Dengan Bahan Kain


Tirai berbahan kain akan menambahkan aksen pada ruang keluarga sehingga menjadi lebih menarik. Ketimbang menggunakan tirai yang hanya menghalangi cahaya masuk, gunakan tirai dengan kain bermotif tanaman yang akan memperindah ruangan. Tirai yang biasa hanya akan memenuhi fungsinya, namun akan terasa kurang elegan. Jendela akan nampak lebih indah dengan penggunaan pola dan corak yang sesuai.


  1. Tambahkan Selimut Benang Yang Berukuran Besar


Menambahkan selimut berukuran besar akan memberikan kesan kekinian ke dalam ruangan. Anda dapat memilih dari sekian banyak warna agar sesuai dengan skema warna di dalam ruangan. Selain itu, selimut tersebut dapat digunakan bersama keluarga. Anda pun dapat memilih ukuran yang sesuai dengan sofa atau tempat duduk yang ada di dalam ruangan. Untuk menyimpannya, Anda cukup melipat dan meletakkannya di balik perabotan yang ada. 


  1. Mengubah Penataan Karangan Bunga




Sumber: Unsplash/Flaunter.com


Pilihlah vas yang sesuai dan elegan, serta gunakan bunga-bunga yang menghidupkan suasana ruangan. Bunga yang layu lebih baik segera digantikan. Memilih kombinasi bunga yang sesuai akan memberikan kesan klasik dan modern ke dalam ruangan. Vas bunga berbahan kaca dengan bunga-bunga musiman adalah pilihan tepat bagi ruang keluarga dan akan membuat ruangan menjadi lebih menarik.


  1. Ubah Tata Letak Ruangan


Mengubah posisi barang-barang di dalam ruangan akan membuat pemilik rumah mendapat tampilan yang baru dan berbeda. Selain akan nampak lebih rapi, anda akan mendapat lebih banyak ruang gerak setelah perubahan tata letak. Ketika mempertimbangkan untuk mengubah tata letak ruangan, kurangi barang-barang yang membuat ruangan menjadi kurang enak dipandang. Hal ini akan membantu pemilik rumah membuang perabotan yang tidak lagi berguna atau bernilai bagi sebuah ruangan. 


  1. Meletakkan Bantal Baru


Mengganti atau menambahkan bantal baru ke dalam ruangan juga bisa memperbarui tampilan suatu ruangan. Bantal yang lama atau kusam akan mengurangi nilai kenyamanan sebuah ruangan. Akan lebih baik jika hal ini Anda lakukan bersamaan dengan momen ketika Anda memutuskan untuk mengganti skema warna di suatu ruangan.  Setiap perubahan kecil akan menambah nilai keindahan suatu ruangan bahkan menjadikannya lebih baik. 


 Jika Anda ingin menyesuaikan bantal dengan tema atau pola yang ada di suatu ruangan, gunakan lah bantal yang berukuran kecil. Bantal dengan ukuran ini sangat pas dengan tempat duduk atau sofa. Untuk menciptakan kesan seimbang, anda dapat menggunakan beberapa bantal dengan ukuran yang berbeda-beda. Usahakan untuk memilih bantal dengan bahan yang lembut dan nyaman.


Cobalah terapkan tips di atas sambil menentukan gaya tata letak yang sesuai atau sedang tren saat ini. Perubahan sekecil apapun akan berpengaruh, pastikan perubahan itu sesuai dan tetap elegan. 


Via: Futuristic Architecture

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua