Spinner Icon

Alternatif Olahraga Tak Terduga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 21 September 2021
Table of Contents:

Olahraga membuat badan terasa lebih ringan dan sehat, terlebih kalau dilakukan secara teratur. Banyak alternatif aktivitas untuk berolahraga, seperti bulutangkis, tenis, berenang dan berlari. Pada faktanya, kebanyakan orang malas melakukannya dengan alasan sudah lelah atau tidak memiliki waktu. Olahraga bertujuan untuk membakar kalori. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga berpengaruh bagi kesehatan mental. 

Banyak manfaat secara spesifik yang dapat kamu peroleh jika melakukan olahraga rutin, seperti energi yang bertambah, otot dan tulang yang lebih sehat, tidur yang lebih nyenyak, hingga penyakit kronis berkurang. Jadi, mulailah dari sekarang. Kalau kamu malas untuk melakukan olahraga yang berat, kamu bisa memulainya dengan alternatif berikut.


Olahraga dengan Membersihkan Rumah


(Volha Flaxeco dari Unsplash)

Terkadang kamu merasa bosan jika berada di rumah saja. Siapa sangka, dengan membersihkan rumah, secara tidak langsung kamu sudah berolahraga. Ibarat pepatah “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”, kamu bisa menyelesaikan dua aktivitas dalam satu kali waktu. Supaya membersihkan rumah menjadi lebih asyik dan tidak melelahkan, kamu bisa memutar musik melalui pengeras suara. 

Jika kamu mager untuk membersihkan rumah secara keseluruhan, kamu bisa melakukannya secara bertahap. Kamu bisa mulai membersihkan kamar tidur, karena kamu mungkin banyak beraktivitas di sana. Apalagi, saat ini kamu masih berkerja dari rumah karena efek pandemi. Jangan lupa untuk mengganti sprei dan selimut setiap minggunya supaya istirahatmu lebih nyenyak dan berkualitas. Setelah bagian sekitar lemari dan kasur selesai, berpindahlah ke bagian kamar mandi. Bersihkan kamar mandi secara rutin untuk menghindari bau yang tidak sedap. 

Tidak kamu sadari, ketika kamu membersihkan kamar, kamu akan terus bergerak sehingga mengeluarkan keringat. Pastikan keringatmu sudah kering ketika kamu hendak mandi, supaya kamu tidak terkena masuk angin. Jika lelah, kamu bisa beristirahat. Kamar yang bersih akan membuatmu lebih betah dan nyaman ketika bekerja maupun beristirahat.


Olahraga dengan Iringan Musik Favoritmu


(Gabin Vallet dari Unsplash)

Berjoget hingga berkeringat berarti kamu juga berolahraga. Kamu bisa memilih menggunakan irama senam yang memiliki gerakan atau musik upbeat yang memiliki koreografi. Lakukan olahraga ini bersama teman atau keluarga sehingga terasa lebih menyenangkan.

Kalau kamu berolahraga bersama keluarga kamu bisa memilih lagu upbeat lawas, supaya orang tuamu bisa ikut bernyanyi. Misalnya kamu bisa memilih ‘Wannabe’ dari Spice Girls yang dihafal oleh ibumu yang membuat olahraga akan semakin ‘hidup’. Kalau kamu ingin melakukannya dengan temanmu, kamu bisa memilih ‘Permission to Dance’ dari BTS untuk membakar kalori bersama.

Selain kalori yang terbakar, berjoget bersama dengan iringan lagu upbeat bisa memberikan kebahagiaan dan keceriaan untukmu, sekaligus membuat hubungan dengan orang terdekat menjadi lebih akrab. 



Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/18/085126665/ini-10-manfaat-melakukan-olahraga-teratur?page=all

https://informa.co.id/inspirations/7-aktivitas-bersih-bersih-rumah

https://health.detik.com/kebugaran/d-5248885/4-pilihan-olahraga-di-rumah-untuk-jaga-kebugaran-tubuh 


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua