(0)



Aquascape untuk Sudut Hunian yang Lebih Hidup
Info Terbaru | 14 Oktober 2021

Memelihara ikan dalam akuarium merupakan sebuah kegemaran yang dilakukan banyak orang. Akuarium juga bisa mempercantik sudut ruangan hunianmu. Tapi, kalau akuarium saja bisa mempercantik hunianmu, aquascape akan menambahkannya berkali-kali lipat. Lalu, apa itu aquascape?

Aquascape adalah akuarium yang dibuat sedemikian rupa sehingga mirip seperti habitat asli ikan. Kamu bisa menambahkan objek di dalamnya, seperti hewan yang hidup di air, batu, kayu dan tanaman hidup. Namun ada juga orang yang tidak memasukkan hewan di dalamnya. Aquascape akan membuatmu merasa lebih rileks dan jauh dari stres. Selain interiormu juga akan terasa lebih segar, kamu bisa mengasah kreativitasmu dalam menghiasnya.


Pembuatan dan Perawatan Aquascape


(pds.exblog.jp)

Pembuatan aquascape tidaklah rumit, hanya saja membutuhkan banyak bahan. Sebenarnya, bahan yang kamu perlukan mirip dengan pembuatan akuarium biasa. Perbedaannya hanya terletak pada pupuk, pasir dan tanaman yang dibutuhkan, mengingat tumbuhan yang dimasukkan bukan terbuat dari plastik. Asah kreativitasmu dalam menata objek-objek ini agar terlihat cantik dan estetik. 

Berbeda dengan pembuatannya, perawatan aquascape terbilang cukup rumit. kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala agar tanaman tidak mati. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui tingkat keasaman air. Kamu perlu menggantinya secara berkala. Selain itu, kamu  perlu menjaga tingkat kekerasan air terkait tingkat konsentrasi mineralnya. Semakin tinggi tingkatan kekerasan air, tanaman akan sulit tumbuh. Jangan lupa memberi nutrisi, pupuk dan cahaya yang cukup. 


Rekomendasi Tanaman untuk Aquascape


(www.aquascapinglove.com)

Ada beberapa tanaman yang kerap dimasukkan dalam aquascape, seperti Java Moss, Lilaepsis Brasiliensis dan Pakis Lidah. Java Moss merupakan lumut yang sangat cocok berada dalam kondisi lembab. Lumut ini cocok untuk menciptakan efek hijau yang merata dalam aquascape. Kalau kamu masih pemula, kamu bisa menggunakan tanaman Llilaepsis Brasiliensis, karena pemeliharaannya yang cukup mudah. Kamu bisa menggunakan pakis lidah sebagai aksen di titik-titik tertentu. Biasanya tanaman ini ditemukan di kolam air dangkal dan tumbuh menempel dari sebuah batang. Jangan lupa, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti kayu dan batu juga dalam aquascape. 


Ikan yang Cocok untuk Aquascape


(www.aquadiction.world)

Dari sekian banyak jenis hewan air tawar, ada beberapa yang direkomendasikan untuk membuat aquascape. Beberapa diantaranya adalah Cardinal Tetra, Guppy dan Udang Hias Blue Diamond. Ikan Cardinal Tetra merupakan ikan yang cukup populer karena memiliki warna neon terang yang transparan. Ikan ini dikenal memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan spesies Ikan Tetra jenis lainnya. Selain ikan Cardinal Tetra, Ikan Guppy juga populer karena warnanya. Karakter ikan yang tidak menyukai aliran tinggi ini sangat cocok untuk aquascape di hunianmu nanti. Kalau kamu bosan dengan spesies ikan, kamu bisa menambahkan Udang Hias Blue Diamond. Sesuai namanya, udang ini akan menambahkan aksen biru pada aquascapmilikmu. 



Referensi:

https://www.dekoruma.com/artikel/97447/cara-membuat-aquascape-mudah-dan-murah

https://www.dekoruma.com/artikel/117839/aneka-tanaman-aquascape

https://www.gramedia.com/best-seller/aquascape/


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Warna Interior yang Mengundang Hasrat untuk Mengembangkan Diri
Setiap orang tentu mendambakan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Rasa nyaman yang muncul merupakan salah satu efek psikologis yang terkait dengan emosi manusia, salah satunya melalui indera penglihatan. Salah satu aspek yang berpengaruh dalam kenyamanan di dalam rumah adalah warna interior hunian. Maka, kamu harus benar-benar memilikirkan warna apa yangBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Suasana Baru dalam Hunian Tanpa Harus Banyak Pengeluaran
Bentuk dan warna ruangan yang begitu-begitu saja sering membuat kamu merasa bosan. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak orang merasakan hal yang sama. Mungkin ketika kamu ingin merombak interior hunianmu, kamu merasa takut mengeluarkan cukup banyak uang. Jangan khawatir, berikut beberapa tips untuk tetap bisa membuat suasana baru dalam ruanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 19 Oktober 2021
Hunian Lebih Berkarakter dengan Atap Rumah Joglo
Setiap orang memiliki hunian idamannya masing-masing. Supaya hunian yang dimiliki memiliki ciri khas yang membedakannya dengan yang lain, diperlukan karakter yang kuat. Karakter yang diberikan pada sebuah desain hunian akan menambah keunikan sehingga lebih menarik. Salah satu caranya adalah kamu bisa memadukan konsep tradisional dan modern menjadi satu. Menerapkan konsep tradisionalBaca Selengkapnya