Spinner Icon

Balita Kerap Terluka Saat Bermain di Rumah? Cermati Hal-Hal Ini!

Author Image
Info Terbaru · 2 November 2017
Usia balita merupakan masa-masa penuh energi bagi buah hati Anda. Pasti si kecil jadi super aktif sekalipun sedang berada di rumah. Anak-anak gemar berlarian ke sana kemari dan bermain di berbagai sudut hunian. Hal ini membuat Anda mesti ekstra hati-hati menata ruangan di rumah.


Jika balita Anda kerap terluka saat bermain di rumah, berarti Anda patut mencermati dan memperbaiki hal-hal berikut ini:


Menutup Kamar Mandi yang Tidak Digunakan


Kamar mandi yang sedang tidak digunakan sebaiknya tetap ditutup rapat. Sehingga balita Anda tidak masuk dan bermain di dalamnya. Ubin kamar mandi yang licin akan memperbesar risiko kecelakaan pada balita. Pastikan kalau balita Anda tidak asyik bermain di kamar mandi tanpa pengawasan orang dewasa.


Melindungi Anak dari Ujung Meja dan Kursi


Ujung meja dan kursi yang bentuknya lancip juga kerap mengakibatkan balita terluka ketika bermain. Oleh sebab itu, segera pasangkan alat pelindung ujung meja dan kursi (table corner protective) yang bahannya aman bagi balita. Biasanya bahan pelindung ujung meja dan kursi terbuat dari silikon yang lembut dan tak mudah kotor. Anda pun tak perlu khawatir ketika buah hati Anda sedang bermain di sekitar meja atau kursi di rumah.


Memperbaiki Letak Stop Kontak


Letak stop kontak, saklar, kabel, dan peralatan listrik lainnya harus ditata secara rapi. Sebaiknya Anda memperbaiki letak peralatan listrik tersebut dengan ketinggian minimal 1,2 meter dari permukaan lantai. Dengan demikian, balita Anda tak akan mudah menjangkau peralatan listrik tersebut. Risiko kecelakaan akibat aliran listrik pun dapat diminimalkan. Selain itu, gunakan peralatan listrik berkualitas yang tahan lama dan tidak berisiko menimbulkan korsleting.


Memasang Pintu Pelindung di Tangga


Balita yang baru bisa merangkak dan berjalan akan bergerak aktif di dalam rumah. Bagian rumah yang sulit dijangkau seperti tangga dan pintu harus diberi perlindungan ekstra. Pasanglah pintu pelindung dengan tinggi minimal 60 cm pada bagian atas dan bawah tangga serta pintu keluar rumah. Cara sederhana ini ampuh meminimalkan risiko kecelakaan pada balita. Karena balita tidak leluasa menjangkau tempat-tempat yang berbahaya. Anda pun tak akan merasa terlalu kesulitan sewaktu mengawasi buah hati Anda.


Menempati rumah BTN murah berukuran mungil bukan berarti membuat Anda mengabaikan sisi keamanannya. Pastikan bahwa Anda sudah menata ruangan dengan baik. Agar risiko bayi terluka saat berada di rumah bisa ditekan seminim mungkin. 


Apakah Anda pernah punya pengalaman menghadapi bayi terluka saat bermain di rumah?

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua