Spinner Icon

BMW Rilis Desain Rumah Mungil

Author Image
Info Terbaru · 22 Oktober 2018
KOMPAS.com - Kota-kota di seluruh dunia mengalami kekurangan lahan untuk hunian. Untuk itu, para arsitek di seluruh dunia berlomba-lomba menciptakan desain rumah mungil yang nyaman dan sesuai untuk ditinggali.

Kali ini, produsen mobil mewah, BMW, mengeluarkan rancangan rumah mungil. Rumah ini cocok dibangun di lingkungan yang mengalami krisis kekurangan lahan.

Rumah mungil BMW
Rumah mungil BMW(MINI Living)
Rumah mungil atau kabin ala BMW ini didesain dengan ukuran yang lebih kecil dibanding desain hunian kebanyakan.

Melansir Business Insider, rumah ini dibangun seluas 15 meter persegi, dan merupakan kolaborasi dengan arsitek Dayong Sun.

Bangunan ini didesain dengan dua lantai. Setiap rumah dilengkapi dengan rung bersantai sekaligus kamar tidur. Tak lupa, BMW juga menempatkan dapur dan kamar mandi di sisi lainnya.

Uniknya, bagian tengah rumah dirancang dengan memadukan konsep pekarangan di rumah tradisional China, yang disebut hutong. Perpaduan ini menciptakan campuran area pribadi dan umum.

bagian tengah rumah dirancang dengan memadukan konsep pekarangan di rumah tradisional China, yang disebut hutong.
bagian tengah rumah dirancang dengan memadukan konsep pekarangan di rumah tradisional China, yang disebut hutong.(MINI Living)
Konsep hutong memang sudah sulit untuk didapatkan. Ini karena area rumah berdekatan dengan area umum, dimana konsep ini kurang cocok untuk kehidupan masyarakat milenial.

Namun rumah yang didesain oleh Sun ini mampu memadukan konsep Hutong dengan rumah minimalis modern, sehingga penghuni masih bisa merasa nyaman tinggal di dalam rumah.

Rumah ini juga dilengkapi dengan area penyimpanan. Area ini didesain layaknya puzzle khas China, yang dikenal dengan nama Tangram.

Dinding ruangan ini dibuat dari bahan pegboard, sehingga penghuni dapat menggunakannya sebagai ruang kerja sementara.

tempat tidur yang dapat dikeluarkan. Dinding rumah juga bisa menjadi ruang kerja sementara
tempat tidur yang dapat dikeluarkan. Dinding rumah juga bisa menjadi ruang kerja sementara(MINI Living)
Sun juga menambahkan cermin emas pada bagian eksteriornya. Cermin ini merefleksikan pemandangan sekitar rumah dengan sangat baik. 

Penghuni juga bisa menatap langit-langit reflektif dari dalam rumah. Sedangkan tempat tidur di dalamnya dapat dikelaurkan dari dalam.

Hal ini memungkinkan penghuni untuk bersantai sambil menatap langit malam. 

Meski masih berupa purwarupa, namun konsep hunian ini sudah dikenalkan di berbagai kota, seperti London, New York, dan Los Angeles.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua