Spinner Icon

Cara Cepat Bersihkan Rumah

Author Image
Info Terbaru · 10 Juli 2017
KompasProperti - Tidak peduli seberapa besar atau kecil rumah Anda, jika Anda bukan orang yang rapi maka menjaganya tetap bersih bisa menjadi tantangan.


Di ruang kecil, menambahkan barang lebih banyak bisa membuat ruang berujung berantakan.


Membersihkannya sebagian-sebagian dapat menjadi salah satu strategi menjadikan ruangan lebih rapi.


Memecah hal menjadi potongan-potongan kecil yang mudah dilakukan terdengar sederhana. Tapi entah mengapa, mungkin tidak banyak orang mengikutinya.


Kebanyakan, ketika orang-orang, atau mungkin juga Anda, saat akan mencoba dan mengatasi seluruh rumah seringkali gagal.


Bahkan ketika Anda telah berniat untuk melakukan pembersihan sepanjang hari, karena Anda akan merasa terlalu terbebani, terganggu, dan akhirnya kelelahan.


Begini cara kerjanya:


Bagilah rumah Anda menjadi tujuh bagian, berdasarkan seberapa kotornya tipikal mereka.


Idenya di sini adalah untuk mendapatkan tujuh area untuk membersihkan ruangan yang seharusnya memakan waktu satu jam atau kurang.


Jadi, jika kamar tidur Anda adalah mimpi buruk, mungkin itu harus dibagi menjadi dua, sementara kamar tamu dan ruang yang tidak terpakai bisa digabungkan menjadi satu.


Pikirkan Apa yang bisa Anda bersihkan secara realistis dalam satu jam. Jangan memiliki "bagian" yang akan memakan waktu lebih lama dari itu.


Tetapkan setiap bagian sehari dalam seminggu. Misalnya, Jumat adalah hari "mandi". Itu berarti setiap Jumat Anda bisa menyemprotkan beberapa pembersih toilet ke dalam mangkuk, menyeka meja-meja, mengepel lantai, dan membersihkan pancuran.


Pertama kali melakukannya, cara ini memang membutuhkan waktu lama. Namun setelah terbiasa, Anda mungkin bisa menyelesaikannya dalam 15 menit.


Setelah Anda menyelesaikan semuanya, buat satu poin setidaknya seminggu untuk mencocokkan jadwal Anda dan dapatkan bagian-bagiannya secara berurutan.


Jelas, ini sedikit lebih mudah bagi Anda yang memiliki rumah kecil. Jika Anda memiliki rumah yang lebih besar, mungkin Anda perlu memperluas pembersihan awal selama beberapa minggu.


Jadikan daftar ini mudah diatur untuk Anda dan jadwal Anda. Jika tidak, maka kemungkinan Anda akan meninggalkannya.


Setelah pembersihan awal, selanjutnya Anda memiliki jadwal perawatan.


Misalnya, Anda membersihkan ruang tamu pada Rabu malam, yang kebetulan bersamaan dengan saat Anda mengikuti acara televisi favorit.


Anda bisa menonton TV dan membereskan diri selama iklan.


Biarkan dapur selama seminggu, kecuali untuk membersihkan piring kotor dan tumpukan sampah yang tentu tidak bisa ditinggalkan lebih dari sehari.


Kemudian, Anda bisa menjadwalkan pembersihan dapur secara menyeluruh pada Sabtu, karena Anda akan memiliki lebih banyak waktu.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua