(0)

KOMPAS.com - Musim hujan seperti sekarang identik dengan musim sakit. Demam dan flu dapat dengan mudah menyerang Anda, bila kondisi tubuh tidak fit.

Selain itu, kondisi lingkungan sekitar seperti lingkungan kerja yang dipadati dengan rekan yang sakit berpotensi melemahkan daya tahan tubuh Anda.

Sebelum kondisi tubuh Anda jadi jauh lebih drop, ada baiknya Anda melakukan beberapa antisipasi. Dan, antisipasi tersebut dapat dimulai dari lingkunan terdekat, yaitu rumah.

Anda bisa melakukan beberapa perubahan kecil pada dimulai dari rumah untuk memastikan bahwa lingkungan terdekat Anda tidak menjadi sumber penyakit.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Biasakan mencuci tangan

Kebiasaan mudah ini barang kali sering Anda sepelekan. Padahal, mencuci tangan merupakan salah satu cara efektif untuk menekan penyebaran kuman penyakit.

Agar kegiatan mencuci tangan lebih menyenangkan, Anda bisa melakukan beberapa cara. Misalnya, meletakkan sambut lembut dan wangi, lilin beraroma, hingga pelembab. Sebab, meski musim hujan tak berarti tangan Anda tidak bisa kering.

Pada dasarnya, meletakkan beberapa hal tersebut adalah untuk memberikan pengalaman menyenangkan saat mencuci tangan, sehingga tidak seorang pun yang mengunjungi rumah Anda akan berpikir untuk melewatkannya.

2. Jangan malas untuk bersih-bersih

Jangan biasakan bermalas-malasan saat musim hujan. Justru, ini adalah waktu yang tepat untuk membuat perabotan di rumah Anda tetap bersih.

Mulailah dengan memebrsihkan meja kerja, meja ruang tamu, kenop pintu, sakelar lampu, hingga gagang lemari atau laci penyimpanan.

Selain itu, rajin-rajinlah untuk mencuci pakaian Anda. Jangan biarkan mesin cuci Anda berleha-leha karena Anda malas untuk menjemur lantaran khawatir hujan.

Membersihkan beberapa perkakas rumah secara rutin akan membuat barang-barang tersebut terjaga kebersihannya.

3. Buatlah tempat tidur Anda senyaman mungkin

Tidur adalah salah satu senjata paling ampuh untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Karena, dengan istirahat yang cukup Anda akan memiliki cukup energi untuk menjalani setiap aktivitas.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya Anda rajin-rajin merapihkan tempat tidur Anda. Sehingga, Anda dapat tidur dengan pulas tanpa gangguan pada malam hari.

4. Pastikan stok makanan sehat selalu terpenuhi

Mengisi kulkas dan dapur dengan bahan makanan bergizi lengkap adalah salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan Anda. Apalagi, bila Anda cukup rajin dalam memastikan ketersediaan buah-buahan.

Makanan yang kaya antioksidan sangat penting dikonsumsi pada musim flu dan demam seperti sekarang.

Anda juga bisa menambahkan stok infuse water ke dalam kulkas untuk mempercepat proses detoksifikasi racun di dalam tubuh.

Sumber : properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 20 Mei 2019
8 Cara Membuat Rumah Lebih Rapi
KOMPAS.com - Rumah yang tertata rapi akan membuat Anda betah. Selain itu, kerapian juga identik dengan kebersihan, sehingga rumah menjadi nyaman untuk dihuni. Namun, bagi sebagian orang, menjaga rumah agar tetap terlihat rapi bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Rasa malas menjadi penyebab utama rumah terlihat berantakan dan tidak terurus. Dari rasa malasBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 20 Mei 2019
Inspirasi Desain Ruang Makan yang Menggugah Selera
KOMPAS.com - Mendengar kata desain minimalis akan memunculkan gambaran ruangan yang bersih, rapi, dan menawan dengan garis dan sudut yang tegas serta minim akan pernak-pernik. Desain minimalis dapat diterapkan dalam semua ruangan di rumah Anda termasuk ruang makan. Ruang makan minimalis membawa keuntungan tersendiri, bukan hanya dari segi kenyamanan, namun juga sebagaiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 13 Mei 2019
8 Inspirasi Menata Taman Cantik di Rumah Mungil
KOMPAS.com - Luas tanah yang terbatas jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan area hijau atau taman di rumah. Karena taman tidak hanya dapat memberikan keindahan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan diri dan menjaga keseimbangan lingkungan. Ketika Anda merasa lelah setelah berkutat dengan komputer atau gawai selama berjam-jam, pemandangan hijau dari taman rumahBaca Selengkapnya