(0)

KOMPAS.com - Musim hujan seperti sekarang identik dengan musim sakit. Demam dan flu dapat dengan mudah menyerang Anda, bila kondisi tubuh tidak fit.

Selain itu, kondisi lingkungan sekitar seperti lingkungan kerja yang dipadati dengan rekan yang sakit berpotensi melemahkan daya tahan tubuh Anda.

Sebelum kondisi tubuh Anda jadi jauh lebih drop, ada baiknya Anda melakukan beberapa antisipasi. Dan, antisipasi tersebut dapat dimulai dari lingkunan terdekat, yaitu rumah.

Anda bisa melakukan beberapa perubahan kecil pada dimulai dari rumah untuk memastikan bahwa lingkungan terdekat Anda tidak menjadi sumber penyakit.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Biasakan mencuci tangan

Kebiasaan mudah ini barang kali sering Anda sepelekan. Padahal, mencuci tangan merupakan salah satu cara efektif untuk menekan penyebaran kuman penyakit.

Agar kegiatan mencuci tangan lebih menyenangkan, Anda bisa melakukan beberapa cara. Misalnya, meletakkan sambut lembut dan wangi, lilin beraroma, hingga pelembab. Sebab, meski musim hujan tak berarti tangan Anda tidak bisa kering.

Pada dasarnya, meletakkan beberapa hal tersebut adalah untuk memberikan pengalaman menyenangkan saat mencuci tangan, sehingga tidak seorang pun yang mengunjungi rumah Anda akan berpikir untuk melewatkannya.

2. Jangan malas untuk bersih-bersih

Jangan biasakan bermalas-malasan saat musim hujan. Justru, ini adalah waktu yang tepat untuk membuat perabotan di rumah Anda tetap bersih.

Mulailah dengan memebrsihkan meja kerja, meja ruang tamu, kenop pintu, sakelar lampu, hingga gagang lemari atau laci penyimpanan.

Selain itu, rajin-rajinlah untuk mencuci pakaian Anda. Jangan biarkan mesin cuci Anda berleha-leha karena Anda malas untuk menjemur lantaran khawatir hujan.

Membersihkan beberapa perkakas rumah secara rutin akan membuat barang-barang tersebut terjaga kebersihannya.

3. Buatlah tempat tidur Anda senyaman mungkin

Tidur adalah salah satu senjata paling ampuh untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Karena, dengan istirahat yang cukup Anda akan memiliki cukup energi untuk menjalani setiap aktivitas.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya Anda rajin-rajin merapihkan tempat tidur Anda. Sehingga, Anda dapat tidur dengan pulas tanpa gangguan pada malam hari.

4. Pastikan stok makanan sehat selalu terpenuhi

Mengisi kulkas dan dapur dengan bahan makanan bergizi lengkap adalah salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan Anda. Apalagi, bila Anda cukup rajin dalam memastikan ketersediaan buah-buahan.

Makanan yang kaya antioksidan sangat penting dikonsumsi pada musim flu dan demam seperti sekarang.

Anda juga bisa menambahkan stok infuse water ke dalam kulkas untuk mempercepat proses detoksifikasi racun di dalam tubuh.

Sumber : properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Tips Praktis Memulai Bisnis Sewa Apartemen
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat urban perkotaan, tinggal disebuah apartemen menjadi pilihan utama. Lokasi yang strategis serta didukung dengan kelengkapan fasilitas, membuat tinggal di hunian vertikal merupakan keputusan yang logis.    Kondisi ini pun akhirnya dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan oleh para investor properti. Mereka berlomba membeli unit apartemen untuk kemudian disewakan kembali demiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Kenali Tanda Tanaman Hias Anda Harus Diganti
KOMPAS.com - Tanaman hias yang kini populer perlu ditanam kembali setiap satu atau dua tahun agar tetap kuat dan sehat. Banyak dari tanaman ini tumbuh secara alami di hutan hujan. Setelah diletakkan di dalam pot, ruang yang ada semakin lama akan membatasi gerak akar tanaman. Untuk itu beberapa tanaman mungkin perluBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Maret 2019
Tips Mengecat Dinding Berpola
JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat bukan sekadar perkara mewarnai dinding. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapatkan dinding berpola. Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/3/2019), AkzoNobel memberikan tips mengecat dinding rumah dengan pola dan beragam warna yang berbeda. Salah satu pola yang paling mudah adalah pola sarang lebah. Pola ini dapat disesuaikanBaca Selengkapnya