Spinner Icon

Cara Mudah Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo

Author Image
Info Terbaru · 6 April 2020

Bagi Anda yang mengikuti tren dan tips merapikan isi rumah, tentu nama Marie Kondo pernah terdengar. Perempuan asal Jepang ini semakin dikenal karena acaranya yang sangat populer di Netflix, Tidying Up With Marie Kondo. Metode merapikan rumah yang ia miliki mengundang pembicaraan banyak orang, namun keberhasilannya tidak terbantahkan.


Marie Kondo dikenal dengan pendekatannya yang mudah dan sekali Anda terapkan maka Anda tidak perlu mengulanginya lagi.  Berikut cara mudah ala Marie Kondo yang bisa Anda lakukan.



1. Pastikan Semuanya Ada Di Tempat Yang Tepat


Rutinitas merapikan tempat ala Marie Kondo sangat teratur. Semua hal yang ia miliki memiliki tempatnya masing-masing. Meskipun Anda mungkin tidak pernah berpikir kalau Anda harus meletakkan satu benda di tempat yang sama terus menerus. Merapikan area yang paling sering digunakan seperti pintu masuk akan jadi lebih mudah setelah dilakukan rutin setiap malam. Rak bertingkat dan keranjang yang diberi label akan membantu semua orang mengetahui dimana harus meletakkan tempat makan dan helm sepeda. 



2. Singkirkan Kertas 


Ingatkah dengan kertas-kertas dari tiket karcis dan struk yang Anda kumpulkan di dalam laci? Masih banyak lagi hal serupa yang sebenarnya tidak Anda yang butuhkan. Marie Kondo berkata bahwa tumpukan kertas ini akan berakhir dengan terlupakan. Karena kebanyakan dokumen kertas seperti ini saat ini sudah tersedia secara online, menyimpannya hanya akan berakhir percuma.



3. Gunakan Ruang Vertikal


Menurut Marie Kondo , menyusun secara vertikal akan menghemat tempat dan membuat Anda menemukan banyak barang dengan mudah. Cobalah menyimpan pakaian yang sudah Anda lipat dengan cara menumpuknya menjadi menara. Hal ini akan membuat Anda menemukan pakaian yang dicari dengan lebih mudah. 



4. Ingatlah, Cukup Simpan Pakaian Yang Membuat Anda Bahagia



Sumber: ApartmentTheraphy


Bayangkan, sederet pakaian yang sudah Anda lupakan dan tergantung di dalam lemari serta tumpukan sepatu di dekat pintu masuk. Sudah terbayang? Metode Marie Kondo mengatakan, Anda harus mendekap setiap benda dengan tangan Anda dan bertanya: "Apakah benda ini membuatku bahagia?" Ia ingin Anda untuk menjawabnya dengan cepat. 


5. Simpan Uang Kembalian Di Dalam Dompet



Sumber: Asset

Menyimpan uang receh atau kembalian secara sembarangan di dalam rumah adalah hal yang tidak dipahami oleh Marie Kondo.  Karena hal tersebut akan membuat nilai uang menjadi berkurang. Ia menyarankan agar segera memasukkan uang tersebut ke dalam dompet. Maka Anda akan benar-benar menggunakan uang tersebut dibandingkan menyimpannya hingga waktu yang lama.



Sumber: Chatelaine

Sumber Thumbnail: Shopee

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua