(0)


Desain Apartemen untuk Para Pecinta Kucing
Info Terbaru | 25 November 2019

KOMPAS.com - Beragam hal, rela dilakukan oleh para pecinta kucing untuk hewan kesayangannya. Salah satunya, membuatkan pintu kucing sebagai akses keluar masuk hewan menggemaskan yang satu ini.

Seperti yang terlihat jelas di sebuah apartemen yang berada di Paris. Kali ini kita akan melihat uniknya renovasi apartemen minimalis Sacha yang berlokasi di 15th Arrondissement, Kota Paris yang dilakukan SABO, sebuah firm arsitek yang berbasis di New York dan Paris.

Tidak hanya mempertimbangkan aspek kenyamanan sang tuan rumah, namun juga hewan peliharaan mereka, lho.

1. Penggunaan Material-material Sederhana

Material sederhana berupa beton, resin putih, dan birch plywood yang mendominasi hunian Material sederhana berupa beton, resin putih, dan birch plywood yang mendominasi hunian (www.design-milk.com)Seluruh bagian apartemen memiliki satu tema yang sama. Yaitu penggunaan material sederhana untuk menghasilkan sebuah hunian yang bersih dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Material khusus berupa baltic birch plywood berwarna coklat susu, resin putih, dan beton menjadi material utama yang dapat ditemukan di seluruh bagian apartemen minimalis ini.

Ketiga material tersebut memberikan kesan ringan di seluruh hunian, sesuai dengan konsep minimalis yang ingin ditonjolkan.

2. Fitur Pendukung untuk Hewan Peliharaan

Pintu kucing dalam hunian Pintu kucing dalam hunian (www.design-milk.com)Dalam proses renovasi apartemen minimalis, arsitek SABO membangun beberapa fitur pendukung yang ditujukan khusus untuk kenyamanan kucing peliharaan.

Fitur diwujudkan dalam bentuk pintu kucing yang memungkinkan hewan menggemaskan ini keluar masuk dengan leluasa di lantai utama apartemen.

Pagar dan pintu penghalang pada tangga putar Pagar dan pintu penghalang pada tangga putar (www.design-milk.com)Selain itu, tersedia fitur unik berupa pagar disertai pintu penghalang pada tangga putar. Pintu pagar sengaja dipasang untuk memastikan agar kucing peliharaan tetap berada di lantai utama apartemen dan tidak berkeliaran di lantai bawah yang merupakan kamar tidur sang pemilik.

3. Konsep Open Space

Open living space di lantai utama apartemen Open living space di lantai utama apartemen (www.design-milk.com)Konsep open space diterapkan pada lantai utama apartemen. Lantai utama apartemen yang berada di level paling atas terdiri dari ruang makan, dapur, dan ruang keluarga.

Perubahan material yang digunakan menjadi penanda atau pembatas antara masing-masing ruangan.

Pada ruang makan, material berupa resin putih dipergunakan sebagai lantai dan langit-langit ruangan.

Sementara untuk ruang keluarga yang berada tepat di sampingnya menggunakan material birch plywood pada lantai. Kemudian, beton ekspos menghiasi langit-langit ruangan.

4. Area Penyimpanan Barang

Lemari penyimpanan di area dapur Lemari penyimpanan di area dapur (www.design-milk.com)Perencanaan renovasi apartemen minimalis pun secara detail mempertimbangkan kebutuhan akan area penyimpanan barang. Hal ini diwujudkan dengan dua cara.

Adalah dengan menggunakan lemari kabinet serta dinding pegboard. Lemari penyimpanan diletakkan di sekeliling ruangan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang kebutuhan pemilik apartemen.

Sebagai upaya untuk menghemat ruang, lemari penyimpanan dibangun hingga menyentuh langit-langit ruangan. Sehingga sekaligus berperan sebagai dinding.

Dinding pegboard untuk memajang pernak-pernik Dinding pegboard untuk memajang pernak-pernik (www.design-milk.com)Penggunaan dinding pegboard dapat ditemukan di area masuk, ruang keluarga, serta kamar tidur utama.

Dinding pegboard ini menjadi tempat untuk memajang ragam pernak-pernik seluruh anggota keluarga.

Dinding pegboard menggunakan material berupa birch plywood coklat susu, yang juga menjadi ciri khas apartemen minimalis ini.

Di area ini pula, pemilik rumah tidak lupa memberikan sentuhan warna ke dalam ruangan. Dengan cara memajang pernak-pernik beragam bentuk dan warna yang berbeda.

5. Jendela Kaca Besar untuk Akses Sinar Matahari

Akses sinar matahari dengan jendela kaca di ruang keluarga apartemen minimalis Akses sinar matahari dengan jendela kaca di ruang keluarga apartemen minimalis(www.design-milk.com) Apartemen minimalis ini juga memaksimalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan alami. Caranya adalah memasang jendela kaca besar pada kedua sisi apartemen.

Ruang keluarga ini misalnya, mendapat penerangan yang lebih dari cukup hanya dari penggunaan jendela kaca besar pada salah satu sisi ruangan.

Pemasangan kerai putih memberikan privasi sekaligus menyaring sinar matahari agar tidak menyilaukan mata.

Hal yang sama dapat ditemukan di ruangan lainnya, mulai dari ruang makan dan juga dapur.

Memelihara kucing membutuhkan desain rumah yang dapat mengakomodasi kebutuhan pemilik rumah beserta si kucing.

Apartemen ini menjawab tantangan menciptakan desain yang nyaman bagi pemilik untuk melakukan aktivitas rutin di dalam rumah, meski hidup berdampingan dengan kucing.

Terutama material yang sengaja dipilih bersifat tidak menampung bulu-bulu kucing serta mudah dibersihkan. Di sisi lain, si kucing pun diberikan sarana reksreasi di dalam hunian.

Dengan demikian, pemilik dan kucing peliharaan dapat hidup berdampingan dengan menyenangkan.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 29 Juni 2020
Inikah Rumah Impian Anda? Temukan Kejutan di Dalamnya
KOMPAS. com - Seperti inikah rumah impian Anda? Kesan mewah, rapi, dan elegan seketika terpancar begitu melihat rumah ini. Tak hanya fasad yang memikat, rumah modern minimalis ini ternyata menyimpan kejutan istimewa di bagian dalamnya. Terdapat sebuah kolam renang semi-outdoor di dalam rumah, lengkap dengan taman nan hijau! Benar-benar bukan sekadar kolamBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 29 Juni 2020
4 Pilihan Lantai untuk Kamar Mandi Mungil
KOMPAS.com - Memiliki kamar mandi berukuran kecil bukan berarti Anda tak bisa mendekorasi ruang tersebut sebaik mungkin. Salah satunya melalui pemilihan dan penggunaan lantai kamar mandi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui model lantai seperti apa yang menambah estetika kamar mandi. Melansir The Spruce, berikut ini empat pilihanBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 29 Juni 2020
Ini 4 Bahan Pembasmi Cicak
KOMPAS.com - Semua orang mengetahui bahwa cicak bukanlah hewan yang cocok dipelihara di rumah. Kehadiran cicak pun kerap membuat Anda geli dan jijik ketika hewan ini merayap di tembok rumah, terutama jika kotorannya jatuh ke kursi. Selain meninggalkan noda yang sulit dibersihkan, kotoran cicak juga menjadi sumber datangnya penyakit. Salah satu jenisBaca Selengkapnya