(0)

KompasProperti - Sulit dipungkiri bila harga properti dari waktu ke waktu terus merangkak naik. Bagi generasi milenial dengan penghasilan pas-pasan, tentu harus berpikir ekstra keras saat hendak membeli rumah pertama.

Ada beberap tips yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Seperti yang dirangkum KompasProperti dari Appartmenttherapy berikut:

1. Gambarkan di mana Anda ingin tinggal

Lara Shuqom dari Compass Real Estate menyarankan, agar sebaiknya Anda menjelajahi lingkungan rumah yang hendak dibeli terlebih dahulu.

"Kunjungi komunitas yang menarik perhatian Anda, makan di restoran setempat, habiskan waktu untuk berkeliling di pusat kota. Berlakulah selayaknya Anda adalah penduduk setempat," kata Lara.

Hal lain yang juga layak untuk dipertimbangkan, menurut pengacara real estat, Felicia B Watson, yaitu kualitas dari rumah yang hendak dibeli.

Apakah Anda cenderung ingin rumah kecil yang indah di tengah kota dengan harga yang relatif mahal, atau rumah besar di pedesaan yang tentram.

Selain itu yang tidak kalah penting yakni akses transportasi umum, hingga jarak tempuh dari lokasi hunian ke tempat kerja.

2. Tanya diri sendiri: sudahkah anda siap beli rumah?

Matt Murphy, CMO dari Chime Technologies menilai, pembeli cerdas tentu akan sangat memahami kondisi finansial keuangan mereka. Pasalnya, hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kemampuan untuk mencicil biaya kredit rumah.

"Pembeli cerdas juga akan melakukan penelitian untuk mengetahui arah terbaik mendapatkan perwakilan agen dan mendapatkan pilihan pembiayaan terbaik," kata Murphy.

3. Persiapkan diri

Bila Anda berencana membeli rumah di tahun depan, tentu berlibur pada akhir tahun ini atau membeli kendaraan tentu bukanlah sebuah pilihan bijak.

"Jangan membuat hutang baru," kata Sarah Maguire dari Compass Real Estate.

Saat memutuskan membeli rumah, maka calon pembeli perlu memiliki tabungan yang cukup untuk membayar uang muka. Hal ini diperlukan guna menekan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

"Semakin besar uang muka, berarti semakin sedikit Anda meminjam, dam semakin sedikit Anda meminjam, membuat penawaran Anda berkurang resikonya," kata dia.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 5 Hal Berikut
KOMPAS.com - Membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan alternatif untuk memiliki rumah. Anda dapat memilih lokasi rumah yang lebih strategis tanpa harus mengkhawatirkan ketersediaan lahan. Namun, proses pertimbangan yang dilakukan dalam membeli rumah bekas jelas berbeda dengan membeli rumah baru. Pasalnya, bangunan rumah bekas rentan mengalami kerusakan karena telah lebih dulu dipergunakan. PertimbanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Rumah Pertama Pengantin Baru, Beli atau Sewa?
KOMPAS,com - Banyak riset yang meramalkan milenial tak akan sanggup membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya Rumah123 yang memprediksi hanya ada 5 persen kalangan milenial yang bisa memiliki rumah pada tahun 2022. Ketidakselarasan antara kenaikan harga rumah (17 persen) dengan peningkatan pendapatan Upah Minimum Regional (UMR) 10 persen per tahunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sedikit Kreativitas, Halaman Rumah Bisa Jadi Bioskop Outdoor
KOMPAS.com - Halaman belakang Anda cukup membosankan? Ubah jadi bioskop outdoor. Alternatif ini bisa Anda pilih jika ingin bersantai dan mengisi waktu bersama keluarga atau teman di rumah. Selain menyenangkan, cara ini juga dianggap dapat mengakrabkan suasana. Tak hanya itu, peralatan yang digunakan pun dapat dengan mudah diangkut ke dalam ruangan saatBaca Selengkapnya