(0)

Harga Rumah Naik 0,49 Persen
Berita Terkini | 13 Mei 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) merilis hasil survei Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada kuartal I-2019.

Pada kuartal ini, kenaikan IHPR sebesar 0,49 persen. Kenaikan ini lebih tinggi dibanding kuartal IV tahun 2018 yang sebesar 0,35 persen.

Dalam hasil survei tersebut, kenaikan harga properti residensial secara triwulanan menguat pada periode ini.

"Meningkatnya harga properti residensial terjadi pada rumah tipe kecil dan menengah. Pada periode ini, harga rumah tipe kecil naik dari 0,39 persen menjadi 0,72 persen," tulis BI.

Kemudian harga rumah tipe menengah naik 0,60 persen dari sebelumnya 0,28 persen. Sementara harga rumah tipe besar mengalami perlambatan dari 0,39 persen dari menjadi 0,20 persen. 

Berdasarkan wilayah, kenaikan harga properti residensial tertinggi terjadi di Kota Batam sebesar 2,67 persen.

Sedangkan pertumbuhan harga properti residensial terendah terjadi di Kota Pekanbaru sebesar -0,02 persen. 

Berdasarkan tipe, kenaikan harga rumah tipe kecil tertinggi terjadi di Kota Batam dengan angka 3,95 persen, sedangkan kenaikan terendah berlangsung di Yogyakarta, Medan, Pontianak, Pekanbaru, dan Samarinda.

Masing-masing mencatatkan pertumbuhan sebesar 0,00 persen.

Kota Batam juga mencatat kenaikan harga rumah tipe menengah tertinggi dengan angka 2,65 persen.

Sementara pertumbuhan harga rumah terendah berlangsung di Balikpapan dengan -0,30 persen.

Selanjutnya untuk rumah tipe besar, Kota Batam menempati posisi tertinggi dengan kenaikan sebesar 1,4 persen. Sedangkan pertumbuhan harga rumah terendah terjadi di Pekanbaru sebesar -0,05 persen.

Laporan BI juga mengatakan, persentase jumlah konsumen yang menggunakan fasilitas KPR dalam pembelian properti residensial seebsar 74,16 persen.

Sedangkan penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) pada periode ini juga meningkat menjadi 4,02 persen dari  sebelumnya 1,14 persen.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Berita Terkini | 27 Mei 2019
Setelah Pemilu, REI Optimistis Pasar Properti 2019 Tumbuh
Bisnis.com, JAKARTA – Real Estat Indonesia mempperkirakan nilai secara tahunan pada 2019 ini bakal meningkat meski sempat melewati Pemilu yang tidak berlangsung mulus sepenuhnya.Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata mengungkapkan pada 2017 pertumbuhan bisnis properti mendatar, tetapi mulai akhir 2018 realisasi penjualan dan investasi properti meningkat.Dia memprediksi secara year onBaca Selengkapnya
Berita Terkini | 27 Mei 2019
BP Tapera Jadi Stimulus Positif Skema Pembiayaan Perumahan
Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan menjadi stimulus bagi industri pembiayaan perumahan untuk tumbuh positif. Potensi peserta Tapera diperkirakan sekitar 139 juta orang pada 2024.Deputi Komisioner BP Tapera Bidang Pemanfaatan Ariev Baginda Siregar mengatakan kehadiran BP Tapera ditujukan agar kebutuhan kalangan MBR akan perumahanBaca Selengkapnya
Berita Terkini | 27 Mei 2019
PUPR Targetkan Penyaluran 10.400 BSPS di Jatim pada 2019
Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini Kementerian PUPR melalui Ditjen Penyediaan Perumahan menargetkan untuk menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS. Bantuan ditujukan untuk 10.400 unit rumah tidak layak huni di Provinsi Jawa Timur.Angka tersebut untuk membantu PUPR mencapai total penyaluran BSPS di Jawa Timur. sebanyak 32.625 unit dalam kurun 2016Baca Selengkapnya