Spinner Icon

Haruskah Kontrak Rumah?

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 1 Agustus 2019

(image from: moneycrashers)


Pernahkah kamu menyadari bahwa sebenarnya menyewa rumah jauh lebih mahal dan merugikan dibanding membeli rumah sendiri? Apalagi untuk pasangan muda yang baru saja menikah atau anak muda yang sedang meniti karir. Memang tidak dapat dipungkiri, memiliki rumah adalah kebutuhan primer yang diperlukan oleh setiap individu.

Khususnya di ibu kota, sulitnya mendapatkan rumah dengan harga yang sesuai menjadi alasan masyarakat untuk menyewa rumah. Bayangkan saja, rumah dengan ukuran minimalis di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan sudah mencapai miliaran rupiah. Sedangkan kisaran harga kontrak rumah bisa mencapai Rp 30-50 juta per tahun.

Tapi tenang saja, ada beberapa kawasan yang menawarkan rumah dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti di daerah Depok dan sekitarnya, banyak rumah KPR/Subsidi yang ditawarkan di bawah Rp 500 juta dengan biaya cicilan rendah serta mendapatkan keuntungannya. 

Percayalah bahwa segala sesuatunya memang memiliki nilai untung dan rugi. Tetapi dengan memiliki rumah sendiri akan membawamu pada keamanan serta kenyamanan di masa tua serta menguntungkan dalam berinvestasi jangka panjang. Sedangkan ketika menyewa rumah, memang biaya yang dikeluarkan tidak sebesar memiliki rumah sendiri. Tetapi, bisa kamu bayangkan biaya sewa rumah akan terus naik seiring berjalannya waktu. Belum lagi kamu harus kerepotan memindahkan barang-barangmu setiap pindahan. Tentunya memiliki rumah sendiri merupakan pilihan terbaik. Nah, daripada berlama-lama menyewa rumah, berikut ini telah kami rangkum beberapa tips agar kamu segera memiliki rumah impian.


#1 Miliki Siasat yang Matang 


(image from: moneysense)

Untuk kamu yang memiliki penghasilan UMR (Upah Minimum Regional) disarankan untuk memiliki perencanaan keuangan setiap bulannya. Sebagai contoh, sisihkan 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari dan jangan lupa sisihkan keperluan untuk anggota keluarga, sisanya bisa kamu tabung untuk rencana pembelian rumah. Sedikit demi sedikit, nantinya akan menjadi bukit.


#2 Menabung


(image from: i.pinimg.com)


Di dunia ini, jika ingin memiliki sebuah rumah salah satu jalan terbaik adalah menabung. Meskipun memakan waktu, tapi hal ini bisa memberikan dampak positif untukmu nantinya. Jika tabunganmu sudah cukup banyak, kamu bisa menyicil rumah menggunakan metode KPR. Setidaknya uang tabunganmu tersebut bisa berguna untuk DP-nya terlebih dahulu. Dari pada harus menyewa rumah dengan biaya yang dapat memberatkanmu, lebih baik menyicil rumah. 

Ketika kamu benar-benar bertekad untuk menabung, maka kamu harus menjalankannya ya! Jangan menunda-nunda lagi agar kamu bisa mewujudkan membeli rumah impian sesegera mungkin. Sisihkanlah penghasilanmu, berapapun jumlahnya tidak masalah karena jika kamu konsisten, tabunganmu akan semakin banyak nantinya.


#3 Investasi



Banyak macam investasi yang dapat kamu lakukan, salah satunya dengan investasi berupa emas. Tak jarang orang mengetahui investasi emas untuk kepentingan masa depan. Padahal nilai jual emas setiap tahunnya terus meningkat dan sangat menguntungkan. Ketika kamu memutuskan untuk investasi emas, sebaiknya kamu juga memikirkan bentuk investasi emas tersebut. Kamu bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan dan bisa pula membeli emas dalam bentuk batangan. Jika kamu ingin berinvestasi, sebaiknya pilihlah emas dalam bentuk batangan karena emas batangan memiliki kandungan emas murni tanpa adanya campuran logam yang lainnya. Otomatis, harga emas batangan tersebut sudah pasti jauh lebih mahal.


#4 Cari Pekerjaan Tambahan 



(image from: moneycrasher)

Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Akibat Menyewa Rumah?

Sampai kapan harus menyewa rumah? Kapan ya bisa punya rumah sendiri? Itu merupakan pertanyaan yang selalu terbayang dalam benak orang yang tinggal dalam sebuah rumah sewa atau kontrakan. Tentunya siapapun tidak ada yang ingin berlama-lama menyewa rumah dan ingin memiliki rumah sendiri.

Memutuskan untuk menyewa rumah sebenarnya sah-sah saja tapi kamu harus mempertimbangkannya. Ada beberapa keuntungan menyewa rumah, seperti biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar jadi bisa berhemat untuk sementara waktu.

Jika dipikirkan secara saksama, menyewa rumah tidak selalu menguntungkan. Mengapa? Karena biaya sewa akan selalu naik setiap waktu tergantung keinginan si pemilik rumah. Jadi, mau tidak mau kamu harus menyisihkan dana lebih untuk biaya sewa rumahmu.

Belum lagi sewa rumah tidak dapat menjadi asset dan investasimu, sewaktu-waktu kamu akan pindah atau bahkan si pemilik rumah sudah tidak mau menyewakan rumahnya lagi. 

Untuk itu, segeralah mengambil keputusan untuk membeli rumah pribadi dan tentukan target yang kamu sanggup. Jangan lupa memikirkan lokasi rumah yang akan dibeli, pastikan lokasinya strategis dan akses jalannya mudah untuk menuju fasilitas umum seperti kantor, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya.

Jadi kamu lebih pilih mana? Sewa rumah atau memiliki rumah sendiri? Jika ingin punya rumah sendiri, yuk semangat untuk menabung dan bekerja lebih giat lagi agar mimpi untuk memiliki rumah idaman bisa kamu gapai.




 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua