Spinner Icon

Ikuti Trik Ini Agar Bisa Membayar Cicilan KPR dengan Lancar

Author Image
Info Terbaru · 2 November 2017
Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu solusi bagi masyarakat yang belum memiliki rumah pribadi. Apalagi kini pemerintah juga bekerja sama dengan bank dan pengembang properti untuk menghadirkan program rumah subsidi. Sehingga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tidak kesulitan memperoleh fasilitas kredit rumah murah.


Bila Anda berhasil mendapatkan KPR rumah subsidi, Anda juga harus cermat mengatur kondisi finansial. Beberapa trik ini akan membuat proses pembayaran cicilan KPR berlangsung lancar:


Memprioritaskan Cicilan KPR


Cicilan KPR adalah prioritas bulanan yang wajib Anda utamakan setelah kebutuhan rutin lainnya. Jadi, sisihkan pendapatan Anda untuk membayar cicilan KPR tersebut setiap bulan. Jangan sampai biaya cicilan KPR terpakai untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.


Membiasakan Diri untuk Membayar Secara Teratur


Sebenarnya tidak jadi masalah kalau Anda sering telat membayar cicilan KPR selama beberapa bulan. Namun hal ini tentu akan memberatkan kondisi finansial Anda karena jumlah cicilan yang wajib dibayar menjadi bertambah besar. Selain itu, keterlambatan pembayaran cicilan KPR akan menimbulkan denda. Anda pun harus membayar denda tersebut sehingga pengeluaran pun semakin boros.


Menyiapkan Dana Cadangan KPR


Anda tidak dapat memprediksi kebutuhan tak terduga yang muncul secara tiba-tiba. Kejadian yang berlangsung tiba-tiba seperti kecelakaan, sakit parah, atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pasti mempengaruhi kondisi finansial Anda. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik bila Anda menyiapkan dana cadangan untuk membayar cicilan KPR. Siapkan dana cadangan minimal 3 kali cicilan KPR. Maka kondisi finansial yang sedang terganggu tak akan terlalu mempengaruhi kelancaran proses KPR Anda.


Memilih Asuransi Jiwa yang Berkualitas


Antisipasi terhadap kejadian tak terduga memang harus dilakukan. Terutama bila Anda sedang menyelesaikan kewajiban finansial berupa cicilan KPR. Ada produk asuransi jiwa yang mampu melindungi keluarga Anda dari risiko gangguan finansial. Jika pemilik asuransi jiwa mengalami cacat permanen atau meninggal dunia, maka perusahaan asuransi akan memberikan proteksi berupa pelunasan cicilan KPR. Dengan demikian, kelangsungan cicilan KPR tak akan terganggu jika Anda mengalami hal-hal tak terduga.


Mulai sekarang, jangan ragu untuk segera mengajukan KPR. Miliki hunian pribadi sesuai kebutuhan Anda dan keluarga. Rumah tersebut akan menjadi tempat berlindung sekaligus aset investasi berharga di masa mendatang.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua