(0)


Pernahkah kamu berpikir bahwa selain ruang tamu atau kamar, keberadaan dapur pada sebuah rumah sangatlah penting. Keberadaan dapur sendiri memiliki peran untuk mendukung segala aktivitas seperti memasak. Jangan salah lho, keberadaan dapur tidak hanya sebagai pelengkap ruang di rumahmu atau sekedar tempat memasak saja. Akan tetapi, sebagai tempat menyimpan segala peralatan masak, mencuci peralatan makan serta menyimpan makanan. Itulah kenapa dapur berperan sangat penting karena ruang tersebut bisa memberikan berbagai manfaat untuk penghuni rumah.

Sekarang ini, dapur bukan hanya tempat memasak saja. Kini banyak ide-ide desain dapur yang keren dan kekinian. Bagi kamu yang memiliki hobi memasak, tatanan dapur yang rapi dan menarik akan membuatmu merasa semangat untuk meracik bumbu. Memiliki desain dapur yang bagus tentunya akan memberi kesan tersendiri apalagi jika sedang masak bersama keluarga, rasanya pasti lebih nyaman kalau berbincang sambal memasak di dapur yang memiliki desain cantik, rapi, dan nyaman. Nah, berikut ini ide-ide desain cantik untuk dapur. Kira-kira, desain dapur seperti apa ya yang cocok untuk kamu? Yuk baca lebih lanjut.


Desain Dapur ala Mini Bar


Ukuran ruang dapur merupakan hal utama yang harus dipikirkan terlebih dahulu jika kamu ingin mencoba desain dapur mini bar. Hal ini dilakukan agar dapat mengatur tata letak barang yang akan disusun nantinya. Contoh desain dapur mini bar seperti gambar di atas dapat ditiru untuk mewujudkan kesan friendly dan elegan. Dengan meja berbentuk persegi panjang dan dua kursi berjenis bar stool akan memberikan nilai estetika dan instagramable banget di dalam rumah kamu.


Dapur dengan Meja Makan Keluarga


Konsep desain dapur seperti ini telah diterapkan di berbagai belahan dunia. Dengan menyatukan dapur dan meja makan membuat kegiatan masak semakin praktis. Desain dapur seperti ini merupakan ide sempurna untuk kamu yang memiliki beberapa anggota keluarga di rumah. Kamu bisa memberi sentuhan warna oranye dan putih di dapur guna memancarkan kesan hangat dan nyaman. Tentunya rasa hidangan yang disantap bersama keluarga akan terasa lebih nikmat jika kamu memiliki desain dapur seperti ini.


Pastikan Sirkulasi Udara di Dapur Dalam Kondisi Baik


Pada zaman dahulu, masyarakat melakukan hal tradisional untuk mengeluarkan asap ketika memasak. Mereka biasanya memanfaatkan cerobong asap atau jendela untuk mengeluarkan asap tadi agar dapur tidak menyimpan udara yang panas. Perlu kamu ketahui, selain desain dapur yang cantik, sirkulasi udara perlu diperhatikan juga. Bisa dibayangkan jika sirkulasi udara di dapur kamu buruk? Ditambah lagi dengan dapur yang berukuran kecil dan terkesan sempit. Jangan khawatir! Sekarang kamu bisa memasang exhaust fan pada dapurmu. Exhaust fan ini berfungsi untuk membuang asap masakan serta udara panas di atas area kompor.


Tata Alat Masak Sebaik Mungkin


Merapikan kembali alat masak setelah digunakan merupakan hal yang sangat penting. Pasti di antara kalian ada yang memiliki kebiasaan meletakan alat masak begitu saja setelah digunakan. Kalau hal tersebut dibiarkan, dapurmu akan menjadi tidak rapi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggantung peralatan masakmu pada dinding dapur. Caranya mudah, yaitu buatlah paku pada dinding dapur atau gunakan gantungan khusus untuk menggantung peralatan masak tadi. Voila! Dapurmu akan semakin rapi dan bersih.


Tidak Suka dengan Udara Panas Saat Memasak? Dapur di Luar Rumah Solusinya!


(images from: 7ftseo)

Ingin menghirup udara segar setiap akhir pekannya? Atau merencanakan acara keluarga bernuansa outdoor? Cobalah salah satu ide dapur berikut ini. Kamu tidak perlu repot-repot berpergian demi mewujudkan keinginanmu itu. Dengan memanfaatkan halaman belakang rumahmu, kamu bisa memiliki dapur di ruangan terbuka. Kamu hanya perlu meletakkan rak dapur meliputi pemanggang serta wastafel. Dengan nuansa bebatuan seperti ini akan mewujudkan kesan klasik. Dapur ini dapat dijadikan tempat yang asyik berkumpul bersama keluarga dan membuat suasana makanmu menjadi lebih segar dan menyenangkan.

Akan tetapi, kamu juga harus memperhatikan cuaca di luar. Sebagai contoh, angin yang terlalu besar atau hujan yang tiba-tiba turun bisa saja merusak acaramu. Bahkan yang lebih buruk adalah alat masakmu bisa rusak karena hal tersebut. Untuk itu, hal ini perlu dipertimbangkan secara matang agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak menimpa dirimu nantinya.

Dari beberapa desain dapur di atas, kira-kira desain seperti apa yang cocok untuk kamu? Sebelum melakukan penataan ulang ruang memasakmu, perhatikan dulu baik-baik mulai dari ukuran ruang, ventilasi, dan hal lain yang sekiranya penting agar kamu tidak akan kecewa dengan hasilnya nanti. Pastikan satu hal terpenting yang harus kamu dapatkan yaitu kenyamanan. Kenapa? Karena akan terasa percuma memiliki dapur yang bagus namun kamu tidak nyaman menggunakannya. Iya bukan?



Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 19 Agustus 2019
4 Ruangan Bisa Dicat Dengan Warna Ini...
KOMPAS.com - Mengecat ulang dinding ruangan bukan perkara mudah. Ini karena pemilihan warna yang tepat mampu meningkatkan kesehatan mental penghuninya. Selain itu, ilmu psikologi warna modern juga mengungkapkan, bahwa pemilihan warna yang sesuai mampu memengaruhi pandangan hingga selera makan. Dengan demikian, warna yang tepat harus disesuaikan pula dengan fungsi ruangan. Lalu bagaimana,Baca Selengkapnya
Info Terbaru | 5 Agustus 2019
Outdoor Dining Room: Makan Sederhana Terasa Luar Biasa
Memiliki ruang makan dengan desain yang menampilkan kesan nyaman tentunya bisa membuat santapan terasa semakin lezat. Apalagi jika menyantap hidangan bersama keluarga tercinta, tentu saja rasanya akan tambah nikmat iya bukan? Namun jangan biarkan momen makan bersama keluarga hanya biasa-biasa saja. Cobalah ubah ruang makanmu dengan desain yang tidak biasaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 5 Agustus 2019
Pancarkan Pesona Kamar dengan Lampu Tumblr!
Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, banyak faktor yang perlu diperhatikan. Faktor tersebut mulai dari kenyamanan kamar tidur, kebersihan ruangan, serta pencahayaan yang nyaman. Khususnya untuk pencahayaan, diperlukan pencahayaan yang tidak terlalu terang agar tidak mengganggu tidurmu. Akan tetapi, tidak semua orang bisa tidur dengan kondisi kamar yang gelap gulita. KalauBaca Selengkapnya