(0)


KOMPAS.com - Bila dibandingkan dengan rumah tapak, mayoritas ukuran dan luas apartemen sedikit lebih kecil, bahkan untuk ukuran paling standar sekalipun.

Rumah tapak paling standar memiliki ukuran 21 meter persegi hingga 36 meter persegi. Sementara apartemen tipe studio di kota-kota besar Indonesia, berdimensi 18 meter persegi hingga 30 meter persegi.

Perbedaan lainnya adalah, rumah tapak yang paling kecil sekalipun masih memiliki halaman, sedangkan apartemen tidak memiliki halaman (tanah) karena konsepnya rumah bersusun.

Untuk mengakali keterbatasan ruangan di apartemen, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan.

Bukan cuma pemilihan furnitur fungsional dan penataan barang-barang yang teratur, palet warna juga berpengaruh besar dalam membuat apartemen terasa lebih luas.

Ditambah dengan pencahayaan yang melimpah, warna-warna terang ini akan memberikan kesan lapang, terang, dan tidak membuat penghuni apartemen terasa terkurung di dalamnya.

Berikut inspirasi yang bisa dilakukan di apartemen tipe studio:

1. Catdindingterang

Cat dinding terang Cat dinding terang(Dekoruma)Menjadi salah satu bagian yang paling mendominasi di dalam sebuah ruangan, efek apartemen berukuran kompak dengan kesan luas, dimulai dari pemilihan cat dinding yang tepat dan berwarna terang.

Umumnya penghuni apartemen menggunakan warna-warna monokromatik, netral, atau earthy sebagai pilihan yang paling aman dan hampir tidak pernah salah.

Putih, abu-abu muda, dan coklat muda adalah tiga warna terang yang paling populer dan sering digunakan sebagai warna dasar dari tembok-tembok apartemen. Ketiganya membuat apartemen tampak lebih luas, bersih, dan terbuka.

2. Tidak harus warna netral atau earthy

Tidak harus warna earthy Tidak harus warna earthy(Dekoruma)Warna-warna netral dan earthy memang dikenal sebagai warna-warna terang pilihan saat mendekorasi apartemen.

Namun, untuk menambah aksen yang lebih menarik dan mencegah ruangan menjadi monoton, Anda bisa menggunakan warna-warna terang yang lebih cerah dan berani di beberapa bagian ruangan apartemen.

Biru muda, hijau muda, kuning, atau merah muda adalah sebagian pilihan warna cerah yang memberikan sentuhan berwarna ke dalam apartemen Anda.

3. Perhatikan elemen lain di luar dinding

Perhatikan elemen lain di luar dinding Perhatikan elemen lain di luar dinding(Dekoruma) Dinding memang menjadi salah satu bagian yang mendominasi. Namun, selain dinding, elemen-elemen desain lain seperti lantai, pintu, jendela, dan furnitur-furnitur besar juga menjadi penting.

Anda bukan cuma bisa menggunakan warna-warna terang pada benda-benda yang disebutkan di atas, tetapi juga bisa mengimplementasikan material atau motif lain supaya tidak tampak terlalu polos.

Seperti penggunaan kayu berwarna terang yang memiliki motif guratan-guratan alami untuk pintu, lantai, kusen jendela, dan alas meja.

Kemudian, Anda juga bisa memasang keramik-keramik berwarna terang untuk lantai atau backsplash dapur.

4. Maksimalkan dengan cermin besar

Maksimalkan dengan cermin besar Maksimalkan dengan cermin besar(Dekoruma)Bertindak sebagai pelengkap dari ruangan yang sudah didominasi oleh warna terang, Anda bisa memasang cermin besar untuk hasil yang lebih maksimal.

Cermin adalah andalan yang digunakan pemilik hunian untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas.

Bukan cuma sebagai alat bantu untuk mendukung penggunaan warna-warna terang di apartemen, Anda juga bisa menggunakannya untuk bercermin sekaligus.

Dengan begini, ruangan apartemen Anda yang tidak terlalu luas bisa terasa tetap nyaman, lapang, dan tidak sumpek.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 30 September 2020
Lidah Mertua untuk Rumah Bebas Polusi
Lidah Mertua atau tanaman dengan nama lain Sansevieria ini merupakan tanaman hias yang cukup populer sebagai tanaman penghias untuk interior rumah. Di Indonesia sudah sering kita temukan tanaman ini berada pada sebuah hunian. Tidak hanya bentuknya yang unik, Lidah Mertua memberikan kesan manis untuk ruangan tertentu. Selain itu, Lidah Mertua mudah dirawat karena dapat tumbuhBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 29 September 2020
Meja Kayu Tampilkan Kesan Elegan untuk Hunian
Meja Kayu menjadi furniture yang paling dicari untuk pendukung sebuah penerapan desain interior sebuah hunian. Tentunya Meja Kayu menonjolkan tampilan mewah dan elegan serta cocok untuk konsep interior rumah gaya apa pun. Memilih Meja Kayu tidaklah mudah karena kamu harus teliti dalam memilih model serta jenis kayu yang terbaik untuk furnitur rumah.Kamu harusBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 29 September 2020
Renovasi Rumah Murah? Ikuti Tips Berikut ini
Renovasi Rumah Murah bisa diwujudkan jika kamu memperhatikan hal-hal penting sebelum melakukan renovasi. Renovasi rumah dilakukan karena rumah sudah mulai mengalami kerusakan di beberapa sudut tertentu seperti tembok rumah kusam atau karena faktor cuaca dan usia yang mengharuskan kamu untuk memperbaikinya segera mungkin. Pastinya merencakan untuk merenovasi rumah memerlukan budget dan kesiapan yang matang. Lalu bagaimana mewujudkanBaca Selengkapnya