(0)


JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain interior memang cukup sulit, terutama bagi Anda yang baru pertama kali memiliki rumah.

Tak hanya kesulitan menentukan konsep desain yang cocok, tapi juga terkendala soal biaya yang terbatas.

Karena hal itulah membuat beberapa dari Anda akhirnya tak puas dengan desain interior yang Anda ciptakan sendiri.

Melansir dari Home Addict, berikut 5 kesalahan yang biasa dilakukan dalam mendesain interior rumah.

1. Memilih warna cat dibandingkan hal lain

Dalam mendesain interior rumah, banyak orang telah membuat kesalahan dengan hanya memikirkan warna cat apa yang seharusnya dipakai.

Padahal, ada hal yang lebih penting ketimbang memikirkan cat yang cocok di rumah, misalnya model interior yang sesuai untuk rumah.

Jika Anda salah ambil langkah dalam pemilihan warna cat yang sesuai untuk interior rumah,  gunakan warna netral seperti warna hitam atau putih.

2. Tidak mengukur furnitur yang pas

Sebelum membeli segala keperluan furnitur yang pas di rumah, ada baiknya Anda mengukur area di rumah.

Hal ini sangatlah penting, karena dengan mengukur area rumah, Anda bisa tahu ukuran furnitur apa yang dibutuhkan.

Terutama jika memiliki rumah kecil, Anda harus jeli untuk mengukur area rumah agar dapat disesuaikan dengan ukuran furnitur yang akan dibeli.

3. Tidak membuat rencana beli barang

Hal yang paling biasa dibuat para pemilik rumah baru adalah dengan mendatangi toko perabotan rumah tangga tanpa rencana mau membeli apa yang dibutuhkan.

Kebanyakan orang hanya akan mengambil hal-hal yang menurut mereka menarik tanpa memikirkan sisi fungsionalitas dari barang tersebut. 

Hingga akhirnya Anda sendiri menyesal telah membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda gunakan.

Sebelum membeli barang, ada baiknya Anda mendaftar keperluan apa saja yang dibutuhkan untuk desain interior rumah.

4. Lupa akan fungsi suatu ruangan

Anda pastinya sering mendatangi rumah salah seorang kerabat dekat dan melihat dekorasi yang menarik.

Hal tersebut kemudian Anda terapkan di salah satu ruang di rumah, hingga akhirnya Anda baru menyadari hal tersebut sangatlah tidak sesuai dengan fungsi sebenarnya ruangan di rumah.

Cobalah untuk mendesain suatu ruangan yang benar-benar Anda butuhkan. Misalnya ruang kerja, buatlah seminimalis mungkin ketimbang mendekorasi ruangan tersebut secara berlebihan.

5. Membeli cermin terlalu kecil 

Saat Anda pergi ke toko perabotan rumah tangga, Anda akan menemukan cermin dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Jika hanya mempertimbangkan fungsionalitas memandang cermin, Anda mungkin berpikir bahwa memiliki cermin yang kecil dirasa sudah cukup.

Tapi ketika Anda pulang dan menggantung cermin tersebut, Anda baru menyadari bahwa cermin tersebut terlalu kecil sehingga tidak cukup untuk diletakkan di suatu ruangan yang besar.

Sebelum membeli cermin, pastikan Anda mengetahui ukuran dinding di rumah, kemudian Anda baru bisa menggunakan cermin yang sesuai ukuran.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 17 Februari 2020
4 Ide Dekorasi Percantik Dinding Rumah
KOMPAS.com - Salah satu elemen dalam interior rumah yang paling mendapat perhatian adalah dinding. Dinding menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai sekat tiap sudut rumah serta pembatas antara rumah Anda dan rumah tetangga. Tak sekadar jadi pembatas, dinding juga memiliki fungsi estetika yang tinggi, dan memungkinkan Anda dapatBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Februari 2020
3 Jurus Ciptakan Interior Rumah Wabi-Sabi
KOMPAS.com - Sebagian orang pasti memiliki ide unik untuk menciptakan dekorasi rumah yang tak biasa. Ada beberapa pilihan dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan seperti Japandi, Skandinavia, dan terbaru ada " Wabi-sabi". "Wabi-sabi" merupakan istilah Jepang yang pada dasarnya memiliki arti "menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan". "Wabi" mengacu pada hidup dengan kerendahan hatiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 13 Februari 2020
9 Cara Mudah Untuk Membawa Keberuntungan Ke Rumah Anda
(sumber: https://unsplash.com/photos/QtQVSWvsUBw )1. Warna Pembawa KeberuntunganHijau, ungu dan merah adalah warna-warna yang baik untuk digunakan dalam desain rumah Anda. Hijau adalah warna kemakmuran dan akan menambah pertumbuhan dan kesehatan. Ungu adalah warna yang mewah dan megah, menambah percaya diri, menambah percaya diri, energi, dan gairah dalam hidup Anda. Sementara merahBaca Selengkapnya