Spinner Icon

Jenuh Dengan Minimalisme? Coba 15 Tips Desain Maksimalisme Ini!

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 27 Februari 2020

Sebelum memulai, mungkin Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu desain interior maksimalisme secara singkat. Gaya desain maksimalisme (Maximalism) memiliki ciri khas perpaduan warna-warna, pola, dan tekstur yang berani. Penekanan dalam gaya desain ini adalah pilihan perpaduan, pelapisan, dan cenderung berkesan eksentrik. Berseberangan dengan motto minimalistik, maksimalisme muncul dengan motto “More is More.”


Meskipun terkesan serupa dengan gaya desain eklektik yang lebih dikenal, maksimalisme adalah tentang bagaimana Anda membuat perpaduan dekorasi. Sementara gaya desain eklektik cenderung menekankan pada perpaduan gaya desain yang berbeda-beda.


Maka dari itu, bagi Anda yang menyukai dinding berwarna putih dan dekorasi yang seimbang, saatnya untuk mengalihkan pandangan. Maksimalisme didorong oleh mereka menyukai eksperimen warna, pola-pola yang berani, dan tekstur-tekstur yang tak terduga. 


Sudah siap untuk sesuatu yang berbeda? Simak tips tentang tren yang baru saja akan dimulai ini.


Sumber: hips.hearstapps.com


1.  Bermain Dengan Perpaduan Desain Dari Berbagai Era


Di dunia maksimalisme, semua gaya dapat diterapkan. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mencampurkan berbagai macam perabotan dan gaya desain dari era yang berbeda-beda. Cobalah untuk menerapkan minimal 3 periode di satu ruangan untuk mendapatkan hasil yang menarik.


2.  Mainkan Pola, Warna & Tekstur




Sumber: Pinterest


Bosan dengan keteraturan? Bebaskan diri Anda karena desain maksimalisme tidak membutuhkan aturan-aturan. Campurkan apa saja yang menurut Anda serasi. Gunakan berbagai macam bahan, perpaduan warna yang tidak umum, hingga gunakan perabotan yang tidak biasa.


3.  Temukan Perpaduan Yang Pas


Meskipun desain maksimalisme terkesan penuh kebebasan, tidak berarti ruangan Anda justru menjadi berantakan atau malah kurang nyaman dipandang. Dengan banyaknya kemungkinan perpaduan yang tercipta, temukan cara untuk menghubungkan satu elemen dengan elemen lainnya yang ada di dalam rumah Anda. Cobalah untuk membuat sebuah tema tertentu dalam suatu ruangan dengan cara, misalnya, memadukan kertas dinding yang ramai dengan pola sarung bantal. Meskipun Anda menggunakan beragam gaya, benda, atau pola, temukan perpaduan yang bercerita.  


4.  Gunakan Warna Yang Anda Sukai


Seperti halnya elemen lain dalam dekorasi maksimalis, tidak ada aturan untuk cat warna apa yang harus digunakan atau dihindari. Gunakan warna yang benar-benar Anda sukai agar tetap mendapatkan kepuasan dari eksperimen Anda.


5.  Beranikan Bereksperimen Dimana Saja


Desain maksimalisme tidak hanya untuk area kamar tidur dan ruang keluarga. Hilangkan persepsi tersebut karena Anda dapat menerapkannya di semua ruangan.


6.  Belajar Melakukan Layering


Temukan sesuatu di dalam ruangan sebagai fondasi untuk melakukan layering. Hal ini akan membantu Anda agar tetap menemukan keserasian di dalam pencampuran warna dan gaya desain yang Anda lakukan. Mulailah dari hal yang anda sukai dari sebuah ruangan. Tetap pertimbangkan unsur lain dari layering yang Anda lakukan seperti perabotan, pencahayaan, arsitektur, pergerakan, warna atau tekstur.


7.  Cobalah Kertas Dinding Yang Lebih Ekspresif




Sumber: hips.hearstapps.com


Sebuah ruang maksimalis bisa lebih terasa hidup dengan penggunaan kertas dinding yang menarik. Jangan ragu ketika menggunakan kertas dinding, bahkan jika berani, lapisi semua ruangan tanpa tersisa. Namun jika masih ragu, Anda bisa mencoba melapisi langit-langit atau sisipan rak untuk membuat kesan yang kuat.


8.  Gunakan Warna Cat Dengan Maksimal


Cobalah berpikir diluar dari kebiasaan Anda, bereksperimen dengan cat pun dapat Anda lakukan. Gunakan cat dengan warna pigmen yang tinggi, atau cat area yang tidak biasanya seperti langit-langit, kemudian gunakan sentuhan akhir yang berbeda atau unik.


9.  Pamerkan Area Galeri Dinding Yang Ramai


Merasa memiliki selera seni yang luas? Pamerkan semuanya pada dunia. Di dunia maksimalis, dinding galeri seni Anda harus menunjukkan keberagaman. Jangan hanya memilih 1 atau 2 karya, ekspresikan sepenuhnya. Pilih beragam aliran seni dengan bingkai serta ukuran yang berbeda-beda. 


10.  Fokus Pada 3 Warna Utama


Dalam hal perpaduan warna, cukup memilih 3 warna utama yang akan digunakan. Dalam desain maksimalisme, unsur warna sangat penting, bahkan menjadi sajian utama. Gunakan 3 warna utama yang Anda pilih sebagai fondasi dari ruang serta sebagai unsur pendukung dalam memilih aksesoris agar tetap terlihat menarik dan memiliki kedalaman.


11.  Keluar Dari Zona Nyaman Anda


Kesempurnaan bukanlah faktor utama dalam menerapkan gaya desain maksimalisme. Namun yang lebih penting lagi adalah menonjolkan kepribadian dan keunikan Anda. Karena rumah Anda adalah siapa Anda, maka tidak perlu ragu untuk menampilkan pada semua orang tentang siapa Anda sebenarnya melalui gaya desain maksimalisme. 


12.  Selami Warna Yang Lebih Dalam 


Warna dinding sebaiknya tidak lagi terlihat sebagai pemanis dalam ruangan Anda. Cobalah sesuatu yang benar-benar berbeda dan berani ketika memilih warna dinding, seperti warna yang gelap atau hitam, atau hijau permata. Agar mendapat kesan lebih “berani,” gunakan sentuhan akhir yang berbeda pada cat dinding Anda.  


13.  Sudah Cukup Dengan Perabotan Yang Selalu Sama




Sumber: Pinterest


Untuk mendapat kesan maksimalis yang sesungguhnya, hindari padu padan perabotan yang “aman.” Menyeragamkan sofa dengan kursi di ruang tamu atau membeli meja ruang tamu yang seragam sudah sebaiknya ditinggalkan. Ruang keluarga yang “nyeleneh” dengan perpaduan berbagai gaya desain, warna, dan perabotan akan menciptakan suasana estetik yang berbeda.


14.  Jangan Khawatir Tentang “Berlebihan”

 

Jika Anda memiliki banyak benda koleksi, maka jangan berhenti, dan tunjukkan bahwa Anda adalah seorang kolektor melalui desain interior maksimalisme. Koleksi seperti piringan hitam, benda-benda antik, souvenir atau ornamen, semuanya bisa diterapkan dalam desain maksimalisme. Tidak perlu terlalu banyak berpikir tentang “mana yang lebih cocok,” karena lebih rame, lebih seru!


15.  Bermain Dekorasi & Komposisi Yang Menarik 




Sumber: Pinterest


Menampilkan koleksi pribadi di seluruh ruangan adalah hal yang wajib Anda lakukan. Letakkan benda-benda yang Anda suka, karena hal ini merupakan bagian dari layering. Gunakan tempat-tempat seperti meja kopi dan bufet.


Namun selalu ingat untuk mengingat 3 hal, temukan keseimbangan, warna, dan kontras. Mulai tempatkan buku-buku, pot bunga, tempat lilin dan sebagainya untuk elemen dekorasi yang Anda suka. 


Sumber: MyDomaine.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua