Spinner Icon

Kementerian PUPR Minta Bangunan Rusun Harus Dihuni dan Dirawat

Author Image
Berita Terkini · 13 Januari 2017
Bisnis.com, PARE-PARE—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Penyediaan Perumahan meminta para penerima bantuan rumah susun dari pemerintah agar dapat segera memanfaatkan dan merawat bangunan vertikal tersebut dengan baik. 


"Para penerima bantuan rusun harus  memanfaatkan bangunan dengan cara segera menghuni dan merawat bangunan itu dengan baik. Sebab anggaran rusun juga berasal dari APBN," ujar Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin dalam keterangan resmi, Kamis (12/1/2017).

 
Hal tersebut disampaikannya saat melakukan peresmian Rusunawa Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Amsir dan Rusun Ponpes Rahmatul Asri Enrekang yang dipusatkan di Kota Pare-pare, Sulawesi Selatan, Rabu (11/1/2017).


Syarif menjelaskan, arahan untuk memelihara dan segera menghuni Rusun tersebut juga merupakan pesan dari Presiden Joko Widodo yang tertulis dalam prasasti peresmian.


Selain untuk menghindari kerusakan bangunan apabila tidak dihuni, dengan pengelolaan rusun yang baik diharapkan bangunan tersebut dapat bertahan lama dan dimanfaatkan hingga generasi yang akan datang.


Lebih lanjut, Syarif menegaskan bahwa untuk memelihara bangunan yang ada lebih sulit ketimbang harus membangunnya. Tantangannya adalah bagaimana bangunan vertikal yang menggunakan dana APBN yang berasal dari uang rakyat harus dapat dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkan hunian yang latak huni.


"Dalam prasasti tersebut ditulis Presiden Joko Widodo berpesan ‘Agar Bangunan Ini Dapat Dimanfaatkan serta di rawat dan dipelihara dengan sebaik-baiknya’. Hal ini merupakan amanat yang harus dilaksanakan dengan baik sebab ke depan lahan terbuka dan untuk perumahan semakin minim dan Rusun adalah alternatif huniannya," terangnya.


Kementerian PUPR, imbuh Syarif, juga telah melangkapi fasilitas pendukung agar masyarakat, mahasiswa dan santri maupun abdi negara dan anggota TNI/Polri lebih nyaman tinggal di Rusun.


Jaringan listrik, air bersih, prasarana umum serta furnitur seperti mrja kursi, lemari pakaian dan tempat tidur pun telah tersedia di setiap unit Rusun yang dibangun pemerintah.


"Sekarang jangan pusing-pusing lagi jika ingin tinggal di Rusun. Fasilitasnya mulai dari listrik, air dan PSU sekarang lengkap dan tersedia di setiap rusun," terangnya.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua