Spinner Icon

Kiat Membersihkan Lantai Kayu Laminasi

Author Image
Info Terbaru · 10 September 2018
KOMPAS.com - Lantai kayu laminasi merupakan inovasi dari beberapa lapis material yang direkatkan menjadi satu.

Umumnya lapisan pembentuk lantai ini terdiri dari lapisan pelindung, lapisan utama, material dekoratif, dan film transparan.

Lantai jenis ini dibuat dari serbuk kayu dan lem yang dipres. Kayu ini nantinya diberi laminasi dengan paper decor bermotif kayu.

Banyaknya lapisan yang membentuk permukaan, membuat lantai jenis ini memerlukan perawatan khusus.

Membersihkan lantai

Cara membersihkan lantai kayu laminasi sama dengan lantai pada umumnya. Namun ada satu hal yang harus menjadi perhatian adalah arah sapuannya.

Menyapu lantai laminasi harus searah dengan tempat dimana kotoran tersebut dikumpulkan.

Jika Anda menginginkan lantai yang lebih bersih, ada baiknya menggunakan vaccum cleaner. Jangan lupa untuk memindah mode vacuum menjadi soft brush.

Alat ini mampu mengangkat debu dan partikel halus lebih efektif dibandingkan sapu.

Dalam membersihkan lantai laminasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah penggunaan bahan-bahan kimia.

Memiliki lantai kayu membawa tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, beberapa hal sederhana pun bisa merusak lantai kayu tanpa disadari oleh pemiliknya.
Memiliki lantai kayu membawa tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, beberapa hal sederhana pun bisa merusak lantai kayu tanpa disadari oleh pemiliknya.(Huffington Post)
Tidak semua cairan pembersih bisa digunakan. Satu yang perlu diperhatikan adalah gunakan cairan khusus untuk membersihkan lantai laminasi.

Jika cairan pembersih ini susah ditemukan, Anda dapat menggantinya dengan campuran cuka dan air.

Jangan gunakan lilin, produk akrilik, atau pun pemutih agar tidak merusak lantai. Mengepel lantai juga perlu perhatian khusus.

Sebaiknya gunakan dua buah ember sebagai wadah air. Satu ember khusus untuk air kotor sisa pengepelan, sedangkan ember lain untuk air bersih.

Penggunaan dua buah ember berbeda ini bukan tanpa alasan. Ketika selesai mengepel satu bagian, bersihkan alat pel tersebut dalam wadah air kotor. Lalu celupkan kain pel ke dalam wadah air bersih.

Hal ini dilakukan agar kain pel tidak meninggalkan sisa kotoran pada permukaan lantai.

Setelah itu, gunakan kain microfiber yang memiliki serat lembut untuk mengeringkan lantai. Serat dalam kain ini mampu menyerap sisa air sehingga tidak meninggalkan jejak basah pada lantai.

Menghilangkan noda pada lantai laminasi

Rumah dengan permukaan lantai kayu.
Rumah dengan permukaan lantai kayu.(Good Housekeeping)
Noda merupakan masalah umum yang sering ditemukan. Untungnya, lantai jenis ini tidak mudah terkena noda.Untungnya, lantai jenis ini lebih aman terhadap noda yang menempel. 

Namun bukan berarti lantai laminasi tahan terhadap noda membandel. Untuk beberapa jenis kotoran, Anda bisa melakukan hal-hal ini:

Noda darah dan anggur: Hilangkan noda darah dengan alat pembersih jendela, lalu usap dengan kain yang sudah dibasahi. Kemudian keringkan lantai dengan kain kering.

Bekas lilin: Biarkan lilin mengeras sebelum dibersihkan. Lalu keruk lapisan lilin tersebut secara hati-hati dengan menggunakan pisau plastik.

Usahakan untuk tidak menggunakan bahan logam saat mengeruk sisa lilin karena dapat merusak lapisan laminasi lantai.

Permen karet: Sisa permen karet yang menempel merupakan noda membandel yang memerlukan penanganan khusus. Sebelum mengangkat sisa permen, bekukan noda dengan plastik yang sudah diisi es batu.

Kemudian angkat sisa permen karet menggunakan pisau plastik. Sekali lagi jangan menggunakan bahan logam agar lapisan lantai tetap aman.

Tinta, krayon, cat kuku, semir sepatu: Anda dapat menghilangkan noda ringan dengan alkohol. Cukup gosokkan kain beralkohol pada noda sampai menghilang.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua