Spinner Icon

Lantai Indah dengan Perawatan Mudah

Author Image
Info Terbaru · 23 September 2021
Table of Contents:

Lantai merupakan bagian penting dalam sebuah hunian. Lantai akan memperkuat konsep hunian yang diusung, sehingga perlu dipertimbangkan dalam pemilihannya. Terdapat berbagai macam bahan dan motif yang bisa kamu pilih dengan harga yang beragam. Berikut adalah lantai dengan harga yang tidak terlalu mahal namun tetap ciamik dan mudah perawatannya.


Teraso, Lantai dengan Paduan Semen dan Batu Alam


(www.integritystones.com)

Terrazzo atau biasa dikenal dengan teraso merupakan lantai yang dikombinasikan dengan semen sebagai bahan dasar yang dipadukan dengan batuan alam, seperti mamer atau granit. Terdapat dua jenis teraso, polos dan kasar. Teraso polos cenderung digunakan untuk lantai di dalam ruangan. Sedangkan yang kasar cocok untuk digunakan di luar ruangan. Selain untuk mencegah resiko tergelincir di musim hujan, pecahan batu alam dalam campurannya akan berkilau jika terkena cahaya matahari. 

Lantai teraso memiliki karakteristik yang anti gores. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika menggeser furnitur untuk mengubah posisi ruangan. Kekuatan dalam menopang beban yang cukup berat juga menjadi kelebihan menggunakan lantai dengan jenis ini. Pemilihan teraso dalam hunian membuat rumahmu terlihat lebih elegan, namun dengan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan menggunakan marmer atau granit. 

Pemasangan lantai teraso terbilang cukup rumit. Supaya permukaan lantai dapat mengkilap, perlu digunakan alat khusus untuk memolesnya. Tapi, itu dapat terbayar dengan perawatan lantai teraso juga tergolong mudah. Kamu cukup mencampurkan sabun dengan air hangat untuk membersihkannya. Jadi, kamu cukup kerepotan di tahapan awal pemasangannya saja.


Tegel, Lantai Bermotif yang Digemari Sejak Dulu Kala


(www.pinterest.com)

Kepopuleran terrazzo atau teraso kembali meningkat akhir-akhir ini. Kalau dilihat sekilas, penampakan tegel mirip dengan teraso. Perbedaannya terletak pada motifnya. Motif teraso berasal dari pecahan batu alam yang dicampurkan dengan semen. Sedangkan motif pada tegel memang dibuat dengan pemberian warna tertentu ketika pembuatannya. Motifnya cenderung menggunakan motif klasik, sehingga memiliki kesan vintage. Meskipun demikian, tidak semua tegel memiliki motif. Kamu bisa memilih dengan warna polos sesuai favoritmu.

Lantai tegel banyak dipadukan dengan rumah bergaya klasik. Jenis lantai ini banyak ditemukan pada bangunan-bangunan tua. Dulu, lantai jenis ini digunakan oleh kaum bangsawan karena kualitasnya yang baik dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Kondisi tegel yang masih baik pada bangunan-bangunan tua disebabkan karena lantai ini memiliki ketahanan yang baik sehingga lebih tahan lama.

Tegel memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Kamu perlu mengeluarkan ongkos lebih jika menginginkan tegel dengan motif. Selain alasan harga, lantai jenis ini juga diminati karena pemasangannya yang mudah. Perawatannya juga sangat mudah, kamu cukup rutin membersihkannya dengan cairan pembersih lantai.




Referensi:

https://www.dekoruma.com/artikel/87967/kelebihan-dan-kekurangan-lantai-teraso

https://www.dekoruma.com/artikel/70655/pilihan-jenis-ubin-lantai

https://www.dekoruma.com/artikel/69052/uniknya-lantai-tegel-tren-para-bangsawan-untuk-gaya-masa-kini

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua