Lima Ide Ini Bisa Digunakan untuk Hadirkan Kantor Rumahan Kece

21 May 2018 10:30:00
KOMPAS.com – Setiap orang memiliki kebutuhan berbeda-beda dalam merancang ruang kerja yang ideal bagi mereka.

Karena itu, meski ada banyak sekali desain ruang kerja yang menurut pakar ideal, namun bukan berarti desain tersebut sesuai dengan kebutuhan kita.

Bila Anda cukup kewalahan mencari ide untuk merancang sebuah ruang kerja, terutama bila bekerja di rumah, beberapa gagasan yang dirangkum Kompas.com dari Fresh Home ini bisa menjadi pilihan Anda:

Buat fokus area

Ketika merancang sebuah desain ruang kerja, pastikan Anda mempertimbangkan semua kegiatan yang dilakukan selesai di ruangan tersebut.

Tentunya, Anda membutuhkan meja untuk menangani setiap dokumen kerja. Namun, Anda juga bisa membuat beberapa fokus area untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan lain.

Selain area ruang kerja utama, pikirkan juga tentang area lain yang bisa anda taruh beberapa tempat duduk untuk berdiskusi atau bertemu dengan klien.

Sebagai alternatif, bila ada anggota keluarga yang juga membutuhkan ruangan, aturlah sedemikian rupa untuk memberikan batasan yang jelas mana ruang kerja dan mana yang bukan.

Ilustrasi kantor rumah Ilustrasi kantor rumah(Fresh Home)

Gabungkan banyak penyimpanan

Menjaga sebuah kantor tetap terorganisir, bisa jadi merupakan sebuah tantangan bagi sebagian orang. Terutama, bila Anda adalah seseorang yang terbiasa bekerja di ruangan yang berantakkan.

Bila Anda memiliki ruangan yang cukup luas, memiliki lemari penyimpanan yang built-in merupakan gagasan yang ideal dalam menyimpan barang kebutuhan kantor Anda. Selain itu, menggunakan rak terbuka adalah cara termudah untuk mencampur beberapa item fungsional.

Gunakan warna netral

Salah satu pengetahuan dasar yang wajib diketaui dalam mendekorasi ruangan adalah pemilihan warna. Karena Anda ingin mengecat sebuah ruangan kantor, tentu ada baiknya bila Anda memilih warna-warna yang bisa membuat Anda tetap fokus.

Menggunakan warna-warna yang netral bisa menjadi pilihan tepat. Sebab, warna ini sangat membantu untuk menjaga Anda tetap fokus mengerjakan tugas.

Ilustrasi kantor rumah Ilustrasi kantor rumah(Fresh Home)

Tambahkan aksen sesuai selera

Salah satu tujuan utama dalam mendekorasi sebuah ruangan kerja yaitu menjaga Anda tetap fokus dalam bekerja. Namun tujuan lain yang tidak kalah penting yaitu bagaimana membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menambah elemen dekorasi dengan menggunakan berbagai benda atau potongan seni yang sesuai dengan selera Anda.

Misalnya, Anda bisa memajang barang-barang yang ada di rumah ke dalam ruangan kantor. Cara lainnya, pajang barang-barang pribadi milik Anda dengan menggabungkan dengan barang yang ada untuk menghemat ruang.

Biarkan cahaya masuk

Hasil penelitian menunjukkan, cahaya yang masuk ke dalam ruang kerja dapat mendorong produktivitas dan juga mood karyawan. Karena itu, cukup masuk akal bila membiarkan hal serupa juga terjadi pada kantor rumahan Anda.

Kapan pun pada saat yang memungkinkan, jadikan jendela sebagai bagian yang tak terlupakan dari dekorasi desain kantor rumah Anda. Pikirkan, bagaimana Anda menyeleraskan antara meja dengan ambang bawah jendela.

Serta pilihlah tirai yang non-intrusif. Selain itu, jangan ragu untuk memasukkan elemen alami lainnya ke dalam ruangan. Seperti warna hijau segar yang diyakini akan menambah mood Anda.

Sumber : properti.kompas.com
Tags

Artikel Terkait

Lima Ide Ini Bisa Digunakan untuk Hadirkan Kantor Rumahan Kece

KOMPAS.com – Setiap orang memiliki kebutuhan berbeda-beda dalam merancang ruang kerja yang ideal bagi mereka. Karena itu, meski ada banyak sekali desain ruang kerja yang menurut pakar ideal, namun bukan berarti desain tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Bila Anda cukup kewalahan mencari ide untuk merancang sebuah ruang kerja, terutama bila bekerja di rumah, beberapa gagasan yang dirangkum Kompas.com dari Fresh Home ini bisa menjadi pilihan Anda: Buat fokus area Ketika merancang sebuah desain ruang kerja, pastikan Anda mempertimbangkan semua kegiatan yang dilakukan selesai di ruangan tersebut. Tentunya, Anda membutuhkan meja untuk menangani setiap dokumen kerja. Namun, Anda juga bisa membuat beberapa fokus area untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan lain. Selain area ruang kerja utama, pikirkan juga tentang area lain yang bisa anda taruh beberapa tempat duduk untuk berdiskusi atau bertemu dengan klien. Sebagai alternatif, bila ada anggota keluarga yang juga membutuhkan ruangan, aturlah sedemikian rupa untuk memberikan batasan yang jelas mana ruang kerja dan mana yang bukan. Ilustrasi