(0)

Manfaat Tidur dengan Pintu Kamar Tertutup
Info Terbaru | 26 Desember 2018
KOMPAS.com - Terbiasa untuk tidur dalam kondisi pintu kamar terbuka? Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk menutupnya mulai hari ini.

Hasil penelitian dari UL Firefighter Safety Research Institute (FSRI) seperti dilansir dari Apartementtherappy, menyebutkan, ada beberapa keuntungan menutup pintu pada malam hari.

Terutama, dalam mencegah karbon monoksida, asap dan api masuk ke dalam kamar saat kebarakan terjadi.

Direktur UL FSRI Steve Kalber mengatakan, pintu yang ditutup dapat menjadi penghalang efektif untuk mempercepat proses api masuk ke dalam kamar.

Dengan demikian hal tersebut akan memberikan Anda waktu yang cukup untuk melarikan diri dari kobaran api.

Berikut beberapa manfaat dari menutup pintu:

1. Api semakin cepat merambat

Kelber mengatakan, 40 tahun lalu dirinya masih memiliki waktu 17 menit bila kebaran terjadi di rumah.

"Kini kami hanya memiliki waktu tiga menit bahkan kurang untuk menyelamatkan diri, karena material rumah dan furnitur kebanyakan terbuat dari bahan sintetis," kata dia.

2. Beri banyak waktu

Menutup pintu pada malam hari akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi, mengambil tindakan serta mengambil keputusan penting dalam kondisi mendesak.

Sehingga, Anda akan memiliki berbagai gagasan tentang cara menyelamatkan diri dari kobaran api.

3. Pintu terutup bisa jadi penghalang

Kelber mengungkapkan, pintu yang tertutup bisa memperlambat penyebaran api, mengurangi tingap asap beracun, meningkatkan kadar oksigen serta menurunkan suhu secara dramatis.

"Dan itu merupakan perbedaan untuk menyelamatkan jiwa Anda," ungkap dia.

4. Mengubah cara petugas pemadam kebakaran ketika menyelematkan Anda

Kelber menuturkan, sebagai peneliti dan profesional, dirinya selalu mendorong agar pemadam kebakaran dapat memiliki beberapa langkah pencegahan dan rencana evakuasi.

Menutup pintu pada malam hari adalah salah satu rutinitas sederhana dan cepat yang dapat diadopsi siapa pun dengan mudah.

"Ini adalah perubahan perilaku yang sangat sederhana yang dapat membantu menyelamatkan hidup Anda dan orang yang Anda cintai," tutur dia.

Sumber: properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 24 Juni 2019
Pilihan Warna Kamar Tidur yang Mencerahkan Pagi Anda
KOMPAS.com - Memilih warna untuk kamar tidur tak boleh sembarangan karena masing-masing warna mempunyai efek psikologis. Warna kamar tidur dapat memengaruhi emosi, pikiran, tubuh, dan keseimbangan. Dengan memilih warna yang tepat, Anda akan lebih bersemangat. Berikut ini inspirasi warna-warna kamar tidur elegan yang dijamin akan membuat pagi Anda menjadi cerah. Warna Hijau Menenangkan www.arsitag.comBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 5 Hal Berikut
KOMPAS.com - Membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan alternatif untuk memiliki rumah. Anda dapat memilih lokasi rumah yang lebih strategis tanpa harus mengkhawatirkan ketersediaan lahan. Namun, proses pertimbangan yang dilakukan dalam membeli rumah bekas jelas berbeda dengan membeli rumah baru. Pasalnya, bangunan rumah bekas rentan mengalami kerusakan karena telah lebih dulu dipergunakan. PertimbanganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 17 Juni 2019
Rumah Pertama Pengantin Baru, Beli atau Sewa?
KOMPAS,com - Banyak riset yang meramalkan milenial tak akan sanggup membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya Rumah123 yang memprediksi hanya ada 5 persen kalangan milenial yang bisa memiliki rumah pada tahun 2022. Ketidakselarasan antara kenaikan harga rumah (17 persen) dengan peningkatan pendapatan Upah Minimum Regional (UMR) 10 persen per tahunBaca Selengkapnya