(0)

Manfaat Tidur dengan Pintu Kamar Tertutup
Info Terbaru | 26 Desember 2018
KOMPAS.com - Terbiasa untuk tidur dalam kondisi pintu kamar terbuka? Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk menutupnya mulai hari ini.

Hasil penelitian dari UL Firefighter Safety Research Institute (FSRI) seperti dilansir dari Apartementtherappy, menyebutkan, ada beberapa keuntungan menutup pintu pada malam hari.

Terutama, dalam mencegah karbon monoksida, asap dan api masuk ke dalam kamar saat kebarakan terjadi.

Direktur UL FSRI Steve Kalber mengatakan, pintu yang ditutup dapat menjadi penghalang efektif untuk mempercepat proses api masuk ke dalam kamar.

Dengan demikian hal tersebut akan memberikan Anda waktu yang cukup untuk melarikan diri dari kobaran api.

Berikut beberapa manfaat dari menutup pintu:

1. Api semakin cepat merambat

Kelber mengatakan, 40 tahun lalu dirinya masih memiliki waktu 17 menit bila kebaran terjadi di rumah.

"Kini kami hanya memiliki waktu tiga menit bahkan kurang untuk menyelamatkan diri, karena material rumah dan furnitur kebanyakan terbuat dari bahan sintetis," kata dia.

2. Beri banyak waktu

Menutup pintu pada malam hari akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi, mengambil tindakan serta mengambil keputusan penting dalam kondisi mendesak.

Sehingga, Anda akan memiliki berbagai gagasan tentang cara menyelamatkan diri dari kobaran api.

3. Pintu terutup bisa jadi penghalang

Kelber mengungkapkan, pintu yang tertutup bisa memperlambat penyebaran api, mengurangi tingap asap beracun, meningkatkan kadar oksigen serta menurunkan suhu secara dramatis.

"Dan itu merupakan perbedaan untuk menyelamatkan jiwa Anda," ungkap dia.

4. Mengubah cara petugas pemadam kebakaran ketika menyelematkan Anda

Kelber menuturkan, sebagai peneliti dan profesional, dirinya selalu mendorong agar pemadam kebakaran dapat memiliki beberapa langkah pencegahan dan rencana evakuasi.

Menutup pintu pada malam hari adalah salah satu rutinitas sederhana dan cepat yang dapat diadopsi siapa pun dengan mudah.

"Ini adalah perubahan perilaku yang sangat sederhana yang dapat membantu menyelamatkan hidup Anda dan orang yang Anda cintai," tutur dia.

Sumber: properti.kompas.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Tips Praktis Memulai Bisnis Sewa Apartemen
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat urban perkotaan, tinggal disebuah apartemen menjadi pilihan utama. Lokasi yang strategis serta didukung dengan kelengkapan fasilitas, membuat tinggal di hunian vertikal merupakan keputusan yang logis.    Kondisi ini pun akhirnya dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan oleh para investor properti. Mereka berlomba membeli unit apartemen untuk kemudian disewakan kembali demiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Kenali Tanda Tanaman Hias Anda Harus Diganti
KOMPAS.com - Tanaman hias yang kini populer perlu ditanam kembali setiap satu atau dua tahun agar tetap kuat dan sehat. Banyak dari tanaman ini tumbuh secara alami di hutan hujan. Setelah diletakkan di dalam pot, ruang yang ada semakin lama akan membatasi gerak akar tanaman. Untuk itu beberapa tanaman mungkin perluBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Maret 2019
Tips Mengecat Dinding Berpola
JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat bukan sekadar perkara mewarnai dinding. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapatkan dinding berpola. Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/3/2019), AkzoNobel memberikan tips mengecat dinding rumah dengan pola dan beragam warna yang berbeda. Salah satu pola yang paling mudah adalah pola sarang lebah. Pola ini dapat disesuaikanBaca Selengkapnya