Spinner Icon

Mau Sehat? Pastikan Kebersihan 5 Ruang Ini

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 21 April 2017
Housing-Estate.com, Jakarta - Banyak yang menyepelekan kebersihan dan kerapian rumah karena dianggap melelahkan dan menyita waktu. Padahal rumah yang bersih dan tertata rapi bisa membuat istirahat kita lebih maksimal selain bisa merangsang mood baru yang lebih baik. Yang lebih penting lagi rumah bersih akan lebih menyehatkan  seluruh penghuninya.


Menyambut Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada bulan April ini, ada baiknya kita lebih memerhatikan mengenai kebersihan di rumah. Berdasarkan siaran pers yang diterima housing-estate.com dari situs online Livaza, paling tidak ada 5 ruang di rumah yang harus diperhatikan dan dipastikan kebersihannya untuk menjamin rumah dan lingkungan kita yang lebih sehat.


1. Kamar Mandi


Simpan dengan rapi seluruh perlengkapan mandi di dalam keranjang atau rak multifungsi yang saat ini banyak dijual dengan cara pasang yang relatif mudah. Segera bersihkan dan keringkan lantai kamar mandi, bak mandi atau bathtub, wastafel, dudukan toilet, cermin, dan lainnya. Kamar mandi yang kering mengurangi pertumbuhan bakteri selain akan lebih nyaman ketika kita gunakan. Pastikan ventilasi dan pencahayaan kamar mandi cukup agar sirkulasi udaranya baik dan kamar mandi tidak lembab. Jangan lupa kosongkan tempat sampah di kamar mandi setiap hari.


2. Dapur


Dapur merupakan pabrik untuk memproses aneka pangan yang akan dikomsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Dapur yang selalu bersih tentu akan lebih menjamin kelayakan pangan yang diolahnya. Pastikan selalu menjaga kebersihan meja maupun kitchen sink segera setelah memasak. Gunakan lap dengan larutan pembersih untuk mengangkat minyak dan kotoran dengan lebih mudah. Segera cuci semua piring dan peralatan memasak setelah selesai digunakan. Sama seperti kamar mandi, tempat sampah di dapur harus dikosongkan setiap hari.


3. Ruang Tamu


Bersihkan debu di seluruh permukaan meja maupun perabot dan aksesori lainnya di ruang tamu. Gunakan lap microfiber yang bisa membersihkan dan mengangkat debu di permukaan dengan lebih cepat dan mudah. Jangan lupa bersihkan juga kaca jendela. Keset adalah sumber debu terbesar di rumah dan ini jarang diperhatikan. Bersihkan keset atau ganti secara berkala untuk mengurangi suplai debu di dalam rumah.


4. Ruang Keluarga


Ruang ini umumnya tempat bercengkerama seluruh keluarga. Bersihkan ruang ini dengan minimal menyapunya setiap hari. Bila menggunakan karpet, sekurangnya bersihkan seminggu sekali. Salah satu tantangan terbesar membersihkan ruang keluarga adalah banyaknya aneka perabot maupun mainan anak yang terserak. Manfaatkan kontainer penyimpanan sehingga ruangan tampak lebih rapi dan bersih.


5. Kamar Tidur


Tepuk-tepuk kasur, bantal, guling, maupun selimut untuk membersiihkan debu yang melekat dan lakukan dua kali pada pagi dan malam hari. Sapu lantai kamar setiap hari dan pastikan juga sirkulasi udaranya baik sehingga tidur kita pun bisa lebih berkualitas.


Kamar bahkan keseluruhan ruang di rumah yang tidak rapi bisa membuat kualitas kesehatan kita terus menurun dan hal ini tidak kita sadari. Kuncinya, jangan tunggu rumah sampai berantakan. Lakukan secara bertahap dan disiplin untuk melakukan langkah kecil bersih-bersih ruangan secara rutin.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua