(0)

Membangun Rumah Tahan Api
Info Terbaru | 18 Maret 2019

KOMPAS.com - Kebakaran hutan besar yang terjadi di California pada Agustus 2018 silam menghancurkan banyak rumah dan bangunan.

Hal ini kemudian membuat banyak orang memikirkan untuk membuat rumah tahan api.

Insurance Institute for Business and Home Safety mencoba memecahkan masalah ini dengan membangun dua rumah uji coba di Richburg, South Carolina.

Riciannya, satu bangunan biasa dan satu rumah dibangun menggunakan bahan tahan api.

CEO of the Insurance Institute for Business and Home Safety Roy Wright mengatakan, setelah dibangun, rumah tersebut kemudian diuji dengan menggunakan kipas besar dan generator batu bara.

- -(Insurance Institute for Business and Home Safety)Dalam eksperimen ini, dengan jumlah bara dan kekuatan angin yang sama, rumah biasa lebih cepat dilahap api dibanding dengan rumah tahan api.

"Tahan api artinya Anda memasukkan bahan bangunan dan fitur desain yang menolak eksposur bara dan api," ujar peneliti Insurance Institute for Business and Home Safety, Daniel Gorham.

Papan yang digunakan dalam rumah tahan api adalam semen komposit. Material ini memiliki beberapa warna dan didesain mirip dengan tekstur kayu.

Selain itu, lanskap rumah tinggal biasa dilapisi mulsa, sedangkan rumah tahan api menggunakan bebatuan.

Struktur hunian tahan api juga dilengkapi dengan tanaman dengan jarak 1,5 meter serta dinding yang berjarak 15 sentimeter dari tanah.

- -(Insurance Institute for Business and Home Safety)"Kami memiliki lanskap yang tidak mudah terbakar. Dalam hal ini, kami memiliki lapisan bebatuan yang berjarak 0 hingga 1,5 meter dari bangunan. Kami juga memiliki tumbuhan di luar rumah yang berjarak 15 sentimeter, dan ditempatkan secara strategis," ujar Gorham.

Jendela dan pintu juga perlu dibentengi dari api. Gorham menyebutkan, rumah tahan api yang dirancang memiliki kaca dengan dua lapisan serta pintu yang terbuat dari bahan fiberglass.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 22 Juli 2019
Ini Solusinya Jika Ingin Membeli Rumah Murah!
(images from : MoneyChraser)Rumah adalah aset impian yang semua orang ingin memilikinya. Bisa dibilang hidup lebih terjamin jika sudah memiliki rumah sendiri. Kenapa bisa seperti itu? Karena rumah bisa digunakan sebagai bentuk investasi atau digunakan sebagai lahan bisnis lainnya seperti kontrak rumah, tempat berjualan, tempat les, dan lain sebagainya. MeskipunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 Juli 2019
Bosan Dengan Gaya Rumahmu? Cobalah Dekorasi Rumah Instagramable Ini!
Zaman sekarang internet dan media sosial merupakan akses utama bagi seseorang untuk mencari sesuatu, membagikan cerita, dan menggunggah foto-foto yang diambil setiap harinya. Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial sangat berpengaruh besar di kehidupan sehari-hari. Salah satunya yang paling diminati saat ini adalah Instagram. Hampir seluruh manusia di dunia iniBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 Juli 2019
Rumah Kolonial Elegan Berlanggam Klasik Kontemporer
KOMPAS.com - Melewati masa penjajahan yang sangat panjang, masyarakat Indonesia telah terpengaruh warisan kolonial Belanda.Tidak hanya makanan, arsitektur menjadi salah satu bagian yang masih bisa kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari hingga kini.Rumah klasik tradisional Belanda yang khas dan unik membuat banyak orang ingin menerapkan desainnya untuk rumah pribadi.Ciri khas yang paling mudah ditemukan padaBaca Selengkapnya