(0)

KompasProperti - Membersihkan jendela bisa menjadi tantangan tersendiri, jika Anda tidak mengetahui trik-triknya.

Beberapa peralatan yang bisa Anda siapkan adalah vakum, squeegee atau alat dengan pelat datar dari karet, dan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata.

1. Hisap debu

Tahap pertama membersihkan jendela Anda adalah dengan menggunakan vakum bersama sapuan upholstery tool.

Vakum pada bagian lintasan dan ambang jendela untuk menghilangkan debu, serangga dan jaring laba-laba.

Jika terdapat tirai, vakum tirai saat tertutup dan terbuka untuk menarik semua debu.

2. Squeegee

Anda harus membersihkan jendela besar dengan squeegee. Sediakan pula seember air panas dengan beberapa tetes sabun cuci piring.

Sabun akan bekerja untuk mengangkat kotoran dari jendela dan menangguhkannya dalam larutan cair.

3. Kain kacamata

Jendela dengan panel-panel seringkali memberikan kesulitan yang nyata saat waktunya dibersihkan.

Tips yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan kain kecil yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata.

Kain ini akan menghilangkan noda pada kaca hanya dengan sepercik air. Semprot kain langsung dengan air dan usap di atas noda. Biasanya, di apotek-apotek menjual kain tersebut.

4. Letak jendela di atas kepala

Anda bisa membersihkan jendela yang sangat tinggi dengan menggunakan kain lap microfiber teleskop dengan sesemprot air.

Jendela-jendela ini biasanya tidak terlalu kotor, tapi harus disapukan dengan ringan untuk menghilangkan penumpukan debu.

Ilustrasi jendela kamar Ilustrasi jendela kamar(houzz)

5. Menemukan goresan

Bagaimana Anda tahu goresan ada di luar atau di dalam jendela? Saat membersihkan bagian luar jendela, bersihkan dan keringkan dengan gerakan horizontal.

Bersihkan bagian dalam secara vertikal. Jika melihat goresan, Anda akan tahu apakah itu di dalam atau di luar.

6. Koran

Penggunaan kertas koran untuk mengeringkan jendela mungkin populer dalam membantu menghindari goresan dan noda pada jendela.

Namun, hindari menggunakan kertas koran jika Anda membersihkan di sekitar dinding, gunting atau bingkai jendela berwarna putih.

Surat kabar mungkin memang meninggalkan film berminyak di jendela yang menghindarkan goresan, tapi Anda tentu tidak ingin membuat noda gelap di hiasan kayu. Gunakan kain microfiber bersih sebagai gantinya.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 20 Mei 2019
8 Cara Membuat Rumah Lebih Rapi
KOMPAS.com - Rumah yang tertata rapi akan membuat Anda betah. Selain itu, kerapian juga identik dengan kebersihan, sehingga rumah menjadi nyaman untuk dihuni. Namun, bagi sebagian orang, menjaga rumah agar tetap terlihat rapi bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Rasa malas menjadi penyebab utama rumah terlihat berantakan dan tidak terurus. Dari rasa malasBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 20 Mei 2019
Inspirasi Desain Ruang Makan yang Menggugah Selera
KOMPAS.com - Mendengar kata desain minimalis akan memunculkan gambaran ruangan yang bersih, rapi, dan menawan dengan garis dan sudut yang tegas serta minim akan pernak-pernik. Desain minimalis dapat diterapkan dalam semua ruangan di rumah Anda termasuk ruang makan. Ruang makan minimalis membawa keuntungan tersendiri, bukan hanya dari segi kenyamanan, namun juga sebagaiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 13 Mei 2019
8 Inspirasi Menata Taman Cantik di Rumah Mungil
KOMPAS.com - Luas tanah yang terbatas jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan area hijau atau taman di rumah. Karena taman tidak hanya dapat memberikan keindahan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan diri dan menjaga keseimbangan lingkungan. Ketika Anda merasa lelah setelah berkutat dengan komputer atau gawai selama berjam-jam, pemandangan hijau dari taman rumahBaca Selengkapnya