Spinner Icon

Nyaman di Rumah Aja Kala Pandemi Menggunakan Konsep Dekat dengan Alam

Author Image
Info Terbaru · 24 Agustus 2021
Table of Contents:

Pandemi mengharuskan banyak orang untuk dapat bekerja dalam rumah, sehingga hal itu menuntut kegunaan rumah menjadi multifungsi, sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari sekaligus untuk bekerja. Meskipun anjuran untuk tetap membatasi kegiatan di luar rumah sudah berkurang, ada baiknya kamu tetap banyak beraktivitas di dalam rumah. 

Berada di rumah dalam masa pandemi mungkin membuatmu merasa terkurung, sumpek dan tidak nyaman. Berikut beberapa cara yang dapat membuatmu merasa lebih nyaman untuk beradaptasi dengan situasi ini, yaitu dengan menggunakan lebih banyak elemen alam yang natural ke dalam rumah. Bukan berarti membawa alam secara harafiah ke dalam rumah, melainkan menjadikan alam inspirasi untuk menimbulkan kenyamanan di dalamnya.


Menggunakan Furnitur Berbahan Kayu Ketika Merombak Rumah di Masa Pandemi


(Unsplash)

Manusia hidup tergantung dengan alam, dan merasa tenang bila berada didekatnya. Masa pandemi secara tidak langung semakin menyadarkan bahwa alam sangat baik bagi manusia. Alam menyediakan segala yang dibutuhkan manusia. Salah satunya, kamu bisa menggunakan furnitur berbahan dasar dari alam, seperti kayu ataupun rotan. 

Nuansa elegan yang muncul dari penggunaan furnitur dari alam bisa membuatmu merasa lebih nyaman dan hangat. Bentuknya yang lebih beragam dibandingkan dengan furnitur berbahan lain membuatmu bisa mengkreasikan bentuk dan bahan yang sesuai untuk hunianmu. Bentuk dan bahan yang sesuai akan membantumu untuk menjaga mood sehingga merasa lebih nyaman untuk melakukan banyak aktivitas lainnya.



Tren memelihara Tanaman di Masa Pandemi


(Unsplash)

Tidak hanya sebatas mengikuti tren, memasukkan tanaman ke dalam rumah, memang bermanfaat untuk menghadirkan kesegaran dalam ruangan. Hadirnya alam melalui tanaman dalam ruanganmu akan memberikan efek positif sehingga kamu lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Jangan lupa, letakkan tanaman pada tempat yang dapat dijangkau cahaya matahari. Cahaya matahari yang masuk ke ruangan, selain berdampak positif bagi tanaman untuk tumbuh, juga bermanfaat untuk kesehatanmu.


Mendekor Rumah di Masa Pandemi


(Unsplash)


Kamu bisa menggunakan bahan kain yang berbahan dasar dari alam untuk mendekor rumah, misalnya seperti katun dan linen. Kain berbahan dasar linen dapat digunakan untuk tirai jendela di rumahmu. Salah satu fungsi tirai adalah menahan cahaya matahari yang terlalu silau dan panas. Rongga yang cukup lebar dari kain linen masih memungkinkan cahaya matahari untuk menembusnya. Sehingga, ruangan dengan tirai linen tetap memiliki pencahayaan yang cukup namun tidak terasa panas. 

Sebenarnya, masa pandemi bukan menghadirkan tren-tren baru seperti menggunakan furnitur dari alam, memasukkan tanaman ke dalam rumah atau elemen-elemen penting lainnya ke dalam rumah. Melainkan menyadarkan manusia tren-tren tersebut sebenarnya sudah harus dilakukan sejak dulu, bahkan sebelum masa pandemi. Kebiasaan ini membawa manfaat pada alam yang secara tidak langsung berdampak bagi manusia sebagai bagian darinya.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua