Spinner Icon

Pasar Properti Semester Ini Akan Lebih Baik daripada Sebelumnya

Author Image
Berita Terkini · 22 Juli 2019

Bisnis.com, JAKARTA — Satu pengembang mengatakan bahwa pasar properti pada semester kedua secara keseluruhan akan jauh lebih baik dibandingkan dengan semester pertama tahun ini.

"Likuiditas membaik, oversupply akan semakin terserap pasar, serta ekonomi diperkirakan tumbuh lebih baik," ujar Direktur Ciputra Group Harun Hajadi kepada Bisnis Minggu (21//7/2019).

Harun berharap agar kebangkitan pasar tidak hanya berasal dari pasar end user atau pembelian untuk digunakan, tetapi juga kebangkitan pasar investor dalam sektor properti sehingga semakin meningkatkan pertumbuhan properti nantinya.

Harun menuturkan bahwa pengembang mengharapkan kelebihan pasok properti pada tahun depan sudah terserap oleh pasar sehingga industri properti mulai tumbuh kembali.

Menurutnya, optimisme ini terjadi apabila BI Rate relatif rendah sehingga properti bangkit di semua segmen.

Adapun, hingga saat ini bunga kredit pemilikan ruma berkisar 6,75 persen hingga 8,75 persen

"Ini lumayanlah, tapi memang [pasar properti] sudah bergerak naik sedikit karena likuiditas di pasar sedikit ketat," ujarnya.

Di sisi lain, Harun meyakini bahwa penurunan BI Rate serta stimulus-stimulus yang diberikan pemerintah tidak menyebabkan gelembung properti beberapa tahun ke depan. karena kebangkitan sektor properti baru akan terjadi.


Sumber : ekonomi.bisnis.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua