(0)


KOMPAS.com - Keberadaan ruang kerja di rumah mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang karena jarang berada dalam kondisi harus mengerjakan pekerjaan di rumah.

Akan tetapi, semenjak kemunculan wabah Covid-19, belakangan ruang kerja berangsur dianggap penting.

Bahkan, kebutuhan semakin terasa semenjak diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19.

Hal ini kemudian membuat sebagian orang mulai mendedikasikan tempat bahkan ruangan khusus di rumah untuk bekerja.

Beberapa yang sudah memilikinya pun mulai berbenah dan merenovasi ruang kerja agar semakin betah untuk berlama-lama di dalamnya.

Apabila Anda sedang tertarik untuk merenovasi ruang kerja minimalis Anda, simak tips penting yang telah dirangkum berikut ini.

1. Tentukan Tema

Ruang kerja dengan tema putih dan emas modern karya Joanna Whittaker Ruang kerja dengan tema putih dan emas modern karya Joanna Whittaker (www.thespurce.com)
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk merenovasi ruang kerja adalah menentukan tema.

Dengan menentukan tema, Anda akan memiliki gambaran mengenai warna cat atau motif wallpaper yang akan digunakan.

Langkah ini akan memudahkan proses pemilihan jenis furnitur yang akan dipakai, lho.

2. Ubah Warna, Ubah Suasana!

Ruang kerja minimalis aksen biru karya Marion Alberge Ruang kerja minimalis aksen biru karya Marion Alberge (www.thespurce.com)
Sebagai ruangan yang tidak selalu digunakan sebelumnya, ruang kerja awalnya tidak terlalu mendapat perhatian dan cenderung diabaikan.

Belakangan, karena harus menghabiskan waktu untuk bekerja di sana, Anda baru merasakan rasa bosan dan ingin mencoba berbenah.

Setelah menentukan tema, mulailah pengerjaan dengan mengganti warna dinding atau wallpaper!

Anda cukup menarget satu area dinding untuk memiliki warna yang kontras. Lengkapi dengan aksesoris berwarna senada.

Misalnya menambahkan bantal, pajangan, dan selimut dengan warna yang seragam. Kemudian, nikmati nuansa khas yang Anda inginkan.

3. Jangan Buru-Buru Mengganti Furnitur Lama

Ruang kerja stylish karya Allison Lind Interiors Ruang kerja stylish karya Allison Lind Interiors (www.thespurce.com)
Apa yang akan Anda lakukan terhadap furnitur lama jika sudah tidak sesuai dengan tema warna yang digunakan?

Jangan buru-buru menggantinya, karena Anda bisa melakukan touch up sehingga akan lebih sesuai.

Tips ruang WFH yang bisa Anda coba adalah mengganti warna meja ataupun memasang taplak dengan warna yang serasi dengan tema yang telah ditentukan.

4. Tambahkan Furnitur yang Belum Ada 

Ruang kerja dengan instalasi rak penyimpanan karya Caroline Cressey of Rookery Design Ruang kerja dengan instalasi rak penyimpanan karya Caroline Cressey of Rookery Design (www.thespurce.com)
Setelah memaksimalkan pemanfaatan furnitur lama, Anda dapat menambahkan furnitur baru yang belum ada.

Misalnya, sebuah rak penyimpanan besar yang dapat memuat semua barang-barang keperluan Anda.

Apabila memang diperlukan, Anda juga dapat mengganti furnitur lama yang sudah usang dan rusak. Tentunya, suasana baru akan memacu kelahiran inspirasi baru.

5. Atur Tata Letak

Tata letak barang-barang di ruang kerja karya Christophe Vendel Tata letak barang-barang di ruang kerja karya Christophe Vendel (www.thespurce.com)
Jangan lupa rencanakan pengaturan tata letak saat melakukan renovasi ruang kerja. Perubahan tata letak juga akan mempengaruhi suasana ruang kerja Anda secara keseluruhan.

Buatlah pertimbangan yang paling efisien. Misalnya saja, menata printer di meja kerja apabila pekerjaan Anda membutuhkan banyak mencetak dokumen.

Atau bahkan, sediakan sofa empuk untuk beristirahat sejenak saat lelah melanda.

6. Pindahkan Meja Kerja ke Dekat Jendela

Meja kerja di dekat jendela pada ruang kerja karya Erin Williamson Design Meja kerja di dekat jendela pada ruang kerja karya Erin Williamson Design (www.thespurce.com)
Cobalah memindahkan meja kerja ke dekat jendela agar mendapat lebih banyak cahaya, atau terpapar bias matahari pagi.

Cahaya alami dari matahari sangat disarankan untuk dapat masuk ke ruang kerja Anda.

Apalagi, WFH untuk waktu yang lama berarti mengurangi durasi Anda bertemu matahari.

Namun, jika tidak memungkinkan, pastikan desain ruang kerja di rumah Anda memiliki pencahayaan yang baik, misalnya dari dukungan lampu meja.

7. Buat Dekorasi Menarik

Ruang kerja dengan dekorasi tumbuhan dalam pot, karya New Darlings Ruang kerja dengan dekorasi tumbuhan dalam pot, karya New Darlings (www.thespurce.com)
Hal selanjutnya bersifat opsional dan tergantung dengan selera Anda.

Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, menata dekorasi dan hiasan menarik dipercaya membantu meningkatkan mood saat bekerja.

Anda dapat menempatkan barang-barang terkait hobi seperti alat musik, pajangan dinding, lukisan, ataupun foto.

Jangan ragu untuk menghadirkan preferensi personal yang efektif meningkatkan mood Anda. Coba terapkan beberapa tips berikut ketika Anda akan merenovasi ruang kerja.

Selain meningkatkan kenyamanan, suasana baru tentunya ampuh membawa energi positif dan semangat baru bagi Anda meskipun harus bekerja dari rumah. Selamat berkreasi!


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 23 September 2020
Rumah Subsidi yang Cocok untuk Milenial
Rumah Subsidi adalah rumah dengan pembeliannya tidak dikenakan pajak dan suku bunga rendah sehingga akan terjangkau bagi kaum Milenial yang ingin memiliki hunian sendiri. Hunian idaman kamu nantinya dapat dicicil dengan KPR bersubsidi atau Kredit Pemilikan Rumah. Rumah subsidi sendiri bisa didapat dengan harga yang terjangkau berkat adanya program dari Pemerintah karena tidak dikenakan PPN.Rumah SubsidiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 September 2020
Mau Rumah Anti Maling? Gunakan Sistem Keamanan Ini
Rumah Anti Maling merupakan rumah yang menjadi tempat berlindung serta aman dan jauh akan kejahatan. Saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong kamu pasti pernah merasa was-was iya bukan? Apalagi jika harus bepergian ke luar kota untuk hal penting seperti masalah pekerjaan atau berkunjung ke rumah kerabat.Belum lagi modus pencurian yang semakin beragam akan membuat kamuBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 21 September 2020
Jenis Shower Kamar Mandi yang Patut Kamu Coba
Jenis Shower Kamar Mandi sangat beragam mulai dari Jenis Shower Kamar Mandi tempel biasa maupun Jenis Shower Kamar Mandi electrik hingga berjenis eco-friendly. Belakangan ini, Jenis Shower Kamar Mandi yang sedang populer yaitu wall shower dan hand shower. Wall shower atau yang biasanya disebut dengan built in shower merupakan Jenis Shower Kamar Mandi yang di pasangBaca Selengkapnya