Spinner Icon

Penting, 8 Prinsip Desain Kamar Mandi

Author Image
Admin BTN Properti
Berita Terkini · 21 Oktober 2019

KOMPAS.com -  Kamar mandi tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri. Lebih dari itu, kamar mandi dapat menjadi tempat untuk relaksasi setelah menjalani aktivitas padat sepanjang hari.

Kamar mandi juga menjadi cerminan kepribadian pemiliknya. Karena itu, desain kamar mandi penting untuk diperhatikan.

Tak harus mewah dan luas, kamar mandi di rumah Anda sebaiknya nyaman dan bersih.

Berikut ini 8 prinsip desain kamar mandi yang penting untuk diketahui:

1. Memanfatkan Cahaya Matahari

Kamar mandi dengan pencahayaan melimpah karya Atelier Cosmas Gozali
Kamar mandi dengan pencahayaan melimpah karya Atelier Cosmas Gozali(FernandoGomulya)

Pencahayaan pada kamar mandi sering kali diabaikan. Banyak orang umumnya memilih memasang jendela hanya berukuran kecil di kamar mandi.

Padahal pencahayaan alami yang melimpah sangat dibutuhkan di kamar mandi, terlebih untuk kamar mandi yang berukuran kecil.

Alasannya, cahaya matahari akan membantu relaksasi Anda di kamar mandi dan menjaganya agar tidak terlampau lembap.

Kamar mandi tentunya akan tambah nyaman dengan masuknya pencahayaan alami. Jika tak memungkinkan menggunakan jendela berukuran besar, cobalah untuk memasang skylight.

2. Penerangan yang Cukup

Pencahayaan tambahan sekaligus dekorasi di kamar mandi karya HelloEmbryo
Pencahayaan tambahan sekaligus dekorasi di kamar mandi karya HelloEmbryo (Mario Wibowo)

Meskipun telah memanfaatkan pencahayaan alami dari matahari dengan optimal, bukan berarti penerangan di kamar mandi bisa diabaikan.

Pemasangan lampu tetap dibutuhkan. Khususnya untuk menerangi kegiatan di kamar mandi yang dilakukan di sore dan malam hari.

Pilihlah lampu yang tahan terhadap uap dan juga cipratan air. Tempatkan lampu-lampu pada area penting seperti di kloset dan wastafel.

3. Sediakan Tempat Penyimpanan

Kamar mandi dengan lemari dan laci-laci penyimpanan
Kamar mandi dengan lemari dan laci-laci penyimpanan(www.homedepost.com)

Perlengkapan untuk kamar mandi terbilang cukup banyak. Mulai dari persediaan handuk, mantel mandi, sabun, pasta gigi, pewangi kamar mandi, hingga mainan anak-anak.

Karena itulah, tempat penyimpanan sangat diperlukan. Tanpa penyimpanan yang memadai, pernak-pernik akan membuat kamar mandi Anda tampak berantakan.

Tempat penyimpanan ini bisa berupa lemari kecil, laci-laci, ataupun keranjang. Buat kamar mandi Anda terlihat lebih rapi dan nyaman berkat penyimpanan yang cukup.

4. Peralatan Kamar Mandi yang Sesuai

Kamar mandi dengan area shower
Kamar mandi dengan area shower (www.onekindesign.com)

Tidak semua rumah memiliki kamar mandi yang luas. Jika kamar mandi Anda berukuran mungil, sebaiknya jangan memaksakan diri memasukkan banyak peralatan.

Seleksi peralatan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran kamar mandi. Alih-alih menggunakan bak mandi, pasanglah shower untuk menghemat ruang.

Ingatlah, terlalu banyak peralatan akan membuat kamar mandi terasa sesak, sehingga tak lagi nyaman sebagai tempat relaksasi.

5. Perhatikan Hal-hal Kecil

Kamar mandi mungil yang rapi
Kamar mandi mungil yang rapi (www.idealhome.co.uk)

Harga peralatan dan perlengkapan untuk kamar mandi terbilang cukup mahal. Sayangnya, sering kali hal-hal kecil justru terlupakan begitu saja.

Tak jarang peralatan dan perlengkapan tambahan menjadi tampak “ganjil” di kamar mandi.

Misalnya saja, pemasangan sekat kaca shower yang terlalu dekat dengan lemari penyimpanan mengakibatkan sekat kaca sulit dibersihkan.

Atau gantungan handuk yang terlalu dekat dengan shower sehingga handuk berisiko basah ketika mandi.

Jadi, perhatikan hal-hal kecil ya, saat memasang peralatan dan perlengkapan kamar mandi!

6. Ciptakan Sebuah Sudut Menarik di Kamar Mandi

Sudut cantik di kamar mandi
Sudut cantik di kamar mandi(www.standard.co.uk)

Untuk menghilangkan kejenuhan saat berada di kamar mandi sekaligus mendukung relaksasi, sebaiknya ciptakan sebuah sudut menarik.

Sudut ini harus mampu mencuri perhatian, unik, dan cantik. Contohnya, tanaman berdaun lebar yang disandingkan dengan sebuah bangku mungil bergaya vintage.

Atau berupa botol-botol sabun yang menarik, serta bunga anggrek cantik yang diletakkan di dekat wastafel. Dijamin, sudut yang menarik ini akan mengubah wajah kamar mandi.

7. Desain Kamar Mandi Satu Kesatuan

Kamar mandi minimalis serba putih karya Interval
Kamar mandi minimalis serba putih karya Interval (www.arsitag.com)

Ketika merancang kamar mandi, bayangkan setiap bagian kamar mandi ibarat kepingan puzzle yang harus disusun menjadi satu kesatuan.

Saat menyusun setiap bagian tersebut, pikirkanlah supaya setiap bagian berfungsi dengan baik dan saling mendukung dengan bagian lainnya.

Misalnya, penempatan wastafel dengan cermin, lemari meja rias sekaligus penyimpanan, ataupun susunan motif keramik untuk dinding kamar mandi.

Dengan cara ini, terwujud satu kesatuan desain kamar mandi yang harmonis.

8. Tak Hanya Memanjakan Mata, Utamakan Fungsinya

Kamar mandi yang asri di Tanjung Mas House, karya: Inspiratio
Kamar mandi yang asri di Tanjung Mas House, karya: Inspiratio (www.arsitag.com)

Kamar mandi yang sedap dipandang mata pasti jadi impian Anda. Namun, sebaiknya jangan utamakan keindahan kamar mandi saja, melainkan fungsinya.

Pastikan kamar mandi berfungsi dengan baik, gampang dibersihkan, serta dapat diakses oleh siapa saja. Mudah dan nyaman digunakan oleh anak-anak maupun orang tua.

Apapun gaya desain kamar mandi, pastikan kamar mandi di rumah Anda dapat berfungsi dengan baik.

Pastikan penataan kamar mandi sudah sesuai kebutuhan Anda. Utamakan hal-hal penting terlebih dahulu seperti lokasi kloset, kran air, hingga bak mandi.

Pertimbangkan juga peletakkan peralatan mandi agar mudah diakses. Triknya, coba saja praktikkan langsung bagaimana Anda mandi di dalamnya. Selamat mencoba!


Sumber : properti.kompas.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua