Spinner Icon

Perabot Berkarat? Jangan Khawatir, Bersihkan dengan Cara Ini

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 13 Januari 2020
Table of Contents:

KOMPAS.com - Perabot berkarat menjadi momok menakutkan bagi pemilik rumah. Betapa tidak, karat yang menempel pada furnitur susah dihilangkan.

Apalagi pasca banjir yang melanda pada awal tahun baru kemarin, perabot berbahan metal berpotensi terkena karat.

Tak hanya air, kelembaban udara, zat besi, dan oksigen juga sudah cukup menyebabkan karat muncul.

Untuk itu, jika furnitur di rumah Anda terkena karat, berikut cara menghilangkannya seperti dilansir dari Apartment Therapy:

1. Gunakan baking soda

Bahan satu ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Selain digunakan dalampembuatan roti, baking soda juga berguna untuk membersihkan berbagai macam benda.

Khusus untuk menghilangkan karat, Anda bisa membilas perabot dengan baking soda lalu tutup seluruh area yang dibilasi.

Zat ini bersifat basa, sehingga ketika dicampur dengan asam akan menciptakan karbondioksida. Nah, zat yang tercipta inilah yang berguna untuk membersihkan karat.

Tinggalkan furnitur selama kurang lebih satu jam lalu gunakan serat wol baja atau sikat logam untuk menyingkirkan karat.

Setelah itu, Anda bisa membilas dan mengeringkannya. Bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan perabot atau benda yang telah berkarat parah.

2. Gunakan Cuka

Anda bisa merendam perabot ke dalam cairan berisi cuka putih dan diamkan semalaman. Tetapi jika perabot Anda terlalu besar, gunakan kain yang telah direndam dalam cuka dan tempelkan pada bagian yang berkarat.

Setelah itu gosok dengan sikat wol atau baja. Bahan ini sangat baik dalam memecah karat dan membuat perabot logam lebih berkilau.

3. Manfaatkan Kentang dan sabun cuci piring

Siapa sangka, kentang ternyata juga ampuh dalam membersihkan karat. Potong kentang menjadi dua dan biarkan ujungnya terbuka.

Lalu gunakan kentang untuk membersihkan perabot seperti menggosok degan spons cuci piring.

Jangan lupa gunakan sabun cuci piring agar hasil yang diperoleh maksimal. Namun perlu diingat, jika cara ini bisa diterapkan pada perabot yang memiliki noda karat kecil dan tidak membandel serta pada permukaan yang mudah dijangkau.

4. Gunakan asam sitrat

Untuk menggunakannya, tambahkan air ke dalam mangkuk dan taburkan dua atau tiga sendok makan asam sitrat.

Kemudian gunakan kain yang telah direndam ke dalam cairan dan tempelkan pada permukaan yang berkarat. Diamkan selama satu malam dan bilas setelahnya.

5. Manfaatkan lemon

Bahan makanan ini sangat mudah ditemukan. Lemon sangat baik digunakan untuk membersihkan karat pada benda-benda berukuran kecil.

Anda bisa memotong dan memeras lemon lalu tuangkan pada wadah kecil. Setelah itu, usap permukaan perabot yang berkarat.

Kemudian biarkan cairan tersebut meresap selama dua jam, dan usap kembali selama 30 menit. Terakhir, hapus dan gosok sisa cairan dengan sikat kawat. U

langkah tersebut pada bagian-bagian lainnya. Hasilnya, perabot berkarat Anda tampak seperti baru lagi.


Sumber : properti.kompas.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua