(0)

KOMPAS.com - Menggunakan jasa arsitek untuk merancang hunian impian memang menyenangkan. Di satu sisi, Anda akan didampingi ahli yang mampu merepresentasikan segala keinginan dalam bentuk desain.

Di sisi lain, Anda tidak perlu khawatir bila hunian yang ingin diwujudkan akan berakhir buruk.

Namun, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan bila ingin menggunakan jasa mereka. Berikut beberapa di antaranya:

1. Jangan tawar-menawar sejak dini

Salah satu kendala yang sering ditemui ketika telah memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek yaitu dana.

Memang, ada baiknya bila kita mengecek terlebih dahulu berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk menyewa jasa mereka.

Sekalipun Anda memiliki anggaran yang ketat, jangan khawatir pula untuk mencari arsitek berpengalaman.

Sering kali arsitek berpengalaman justru akan memberikan ide untuk mewujudkan hunian impian Anda dengan kocek yang minim.

2. Jangan berharap sama

Tidak semua pelukis yang menganut aliran yang sama, akan menghasilkan karya yang sama satu dengan yang lain. Demikian pula arsitek.

Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dan kelemahan berbeda-beda. Jadi, ada baiknya bila

Anda sedikit melakukan penelitian terhadap karya yang sudah mereka ciptakan sebelum memutuskan menggunakan jasanya.

3. Besar tidak selamanya lebih baik

Tak jarang Anda menilai bahwa rumah yang besar dan luas adalah hunian yang nyaman. Namun, arsitek

Anda mungkin akan menawarkan sesuatu yang berbeda dengan menyesuaikan anggaran yang dimiliki serta kebiasaan.

Satu hal yang perlu diingat juga, bahwa rumah yang besar tidak selalu lebih baik. Kenapa? Dapat dipastikan bahwa rumah berukuran besar akan membutuhkan energi yang besar, tak hanya konsumsi listrik tetapi juga energi Anda saat membersihkannya.

4. Speak up!

Semakin banyak masukan dari klien, maka desain yang dihasilkan pun akan lebih baik. Karena itu, jangan ragu untuk menyampaikan pendapat.

Arsitek bukanlah tuhan yang mengetahui setiap detail hal yang Anda inginkan. Kendati tak jarang mereka ingin bahwa desain yang mereka ciptakan dihargai.

Ingatlah, bahwa tujuan Anda menggunakan jasa arsitek yakni untuk mempersonalisasikan tujuan Anda dalam membangun hunian yang nyaman. Jadi, jangan ragu untuk memberikan gagasan juga.

5. Jujurlah tentang anggaran yang dimiliki

Ini adalah masalah yang rumit. Pasalnya, bagaimana pun, arsitek akan menyesuaikan setiap desain dengan budget yang Anda miliki.

Karena itu, Anda harus jujur dengan arsitek tersebut sejak awal tentang kondisi keuangan yang dimiliki untuk membangun rumah.

Berikan gambaran paling realistis, sehingga desain yang diberikan pun akan menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Februari 2019
Jurus Mengusir "Hawa" Tak Sedap di Rumah
KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasakan perbedaan "hawa" antara rumah satu dengan yang lain? Hal ini ternyata dipengaruhi beberapa hal, yang terkadang luput dari perhatian.Sebagai salah satu tempat utama bersantai, beristirahat, dan bercengkerama dengan keluarga, aroma rumah sebaiknya senantiasa wangi dan menenangkan. Apabila kondisi rumah lembab dan berbau tidak enak, keluargaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Februari 2019
Keramik Bekas, Indahnya Terus Membekas
KOMPAS.com - Memasang keramik untuk lantai dengan pola grid sudah biasa. Bagaimana jika Anda sedikit berimprovisasi dengan menggunakan pecahan keramik sisa?Bahan untuk mempercantik lantai kali ini bukan dari keramik mozaik, melainkan potongan keramik yang disusun ulang sehingga membentuk mozaik. Potongan keramik ini benar-benar limbah atau sisa pakai proyek. Jadi, adaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Februari 2019
Cara Anda Mengatur Kamar Tidur Pengaruhi Keberuntungan Tahun Ini
KOMPAS.com – Selebrasi hari raya Imlek 2019 atau tahun baru China 2570 ini juga bisa dijadikan momen untuk merencanakan hidup Anda agar mendapatkan lebih banyak rezeki dan keberuntungan. Bagi Anda yang memercayai Feng Shui, kualitas dan tata ruang rumah perlu mendapat perhatian. Begitu pula dengan kamar tidur. Anda bisa mengubah danBaca Selengkapnya