Spinner Icon

Pilihan Desain Pagar Rumah untuk Hunian Idaman

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 1 September 2021
Table of Contents:

Pagar Rumah merupakan salah satu elemen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja dalam pembuatannya. Meskipun tidak semua rumah memiliki pagar, namun keberadaanya patut diperhitungkan karena fungsinya untuk memberikan privasi sekaligus keamanan bagi pemilik rumah yang sedang beraktivitas di dalamnya. 

Pagar merupakan salah satu bagian rumah yang pertama kali dilihat orang. Jika kamu merencanakan pembuatannya, sebaiknya bahan dari pagar tersebut sesuai selera dengan memadukan gaya rumah yang ingin kamu wujudkan. Terdapat banyak jenis bahan yang dapat digunakan sebagai pagar rumah. Bahan-bahan yang kamu pilih juga akan memperkuat kesan dari rumahmu. Menambahkan kesan elegan, mewah, asri atau alami bisa disesuaikan dengan keinginanmu. 


Pagar Rumah untuk Menambah Kesan Asri dan Alami


(Foto oleh Tessa Wilson dari Unsplash)

Pagar rumah dari tanaman dapat menambah kesan asri di rumahmu. Selain itu, kesegaran udara dari oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman ini akan meningkat dan dapat menimbulkan rasa hangat dan  nyaman. Pembuatan pagar dari tanaman bukan merupakan hal yang mudah. Kamu harus bersabar dengan menunggu tanaman untuk dapat tumbuh. Perawatan tanaman juga kamu perlukan supaya ia tidak mati, dengan menyiramnya 1-2 kali dalam satu hari. Meskipun menjaga tanaman untuk tetap tumbuh bukan hal yang mudah, namun itu sangat menyenangkan.

Selain menggunakan tanaman, kamu bisa menggunakan pagar rumah berbahan kayu untuk menambah kesan alami. Perawatan pagar dari kayu tidak sulit, kamu hanya cukup mengecatnya jika warnanya pudar. Jika kamu tetap ingin warnanya alami, kamu bisa memberikan cat pelapis kayu dengan warna transparan supaya tidak mudah rapuh. 


Aneka Kesan yang Bisa diperoleh dari Pagar Rumah Berbahan Batu


(Foto oleh Annie Sprett dari Unsplash)

Pagar Rumah berbahan batu dapat memberikan banyak macam kesan, tergantung batu yang digunakan untuk menyusunnya. Kamu bisa menambahkan batu alam, seperti batu andesit atau batu sabak untuk memberikan kesan alami dalam rumah tropis. Batu bata yang diekspos tanpa menggunakan finishing apapun juga dapat mempercantik rumahmu dan menguatkan konsep industrial dalam hunianmu. Kemudian, jika kamu menggunakan batu dengan finishing semen halus, kamu bisa menguatkan konsep minimalis dari rumahmu. 


Perawatan pagar rumah jenis ini juga cukup mudah, kamu bisa menggunakan cat transparan atau warna tertentu sesuai keinginan. Disarankan, untuk penggunaan batu alam, kamu dapat menggunakan cat transparan anti jamur dan lumut untuk tetap menjaga kesan alami dan supaya tahan lama. Sedangkan untuk batu dengan polesan semen, kamu bisa menggunakan cat yang diperuntukkan bagi luar ruangan supaya lebih tahan lama.


Suguhkan Konsep Klasik dengan Pagar Rumah Berbahan Besi


(Foto oleh Thgusstavo Santana dari Pexel)

Pagar Rumah berbahan besi juga dapat memberikan beragam kesan untuk rumahmu. Kesan klasik dapat muncul pada pagar dari besi berbentuk seperti ukiran. Konsep ini muncul dari ukiran-ukiran yang biasanya terdapat dalam seluk beluk bangunan interior abad pertengahan. Jika kamu menggunakan pagar besi tegak lurus, bisa jadi konsep tersebut akan sesuai untuk rumah yang minimalis. 

Perawatan cat pagar besi juga terbilang mudah. Cukup memolesnya dengan cat besi dengan warna sesuai keinginan. Jangan lupa untuk menghaluskannya terlebih dahulu untuk mengkilangkan sisa-sisa dari cas sebelumnya agar kamu dapat menghasilkannya dengan sempurna.

Perpaduan Beberapa Bahan untuk Pagar Rumah yang Lebih Menarik



Kamu bisa memadukan beberapa bahan untuk membuat pagar rumah. Salah satu contohnya adalah memadukan tembok dan besi dalam rumah modern minimalis. Perpaduan dua bahan ini memunculkan aksen yang sederhana namun tidak meninggalkan sisi modernnya. Keberadaan pagar ini menjadikan kesan minimalis dan modern semakin kuat.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua