Spinner Icon

Ruang Kerja yang Nyaman untuk Bekerja dari Rumah

Author Image
Info Terbaru · 20 Agustus 2021
Table of Contents:

Ruang Kerja merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi kinerja seseorang. Semakin nyaman penataanya, maka dapat berpengaruh baik pada produktivitas pekerjaan. Meskipun disebut ruang kerja, konsep ruangan ini tidak hanya mengarah pada satu ruangan yang khusus digunakan untuk bekerja, melainkan juga bagian sudut sebuah ruangan yang juga digunakan untuk bekerja. 

Ruang kerja yang nyaman dipengaruhi oleh furnitur dan barang-barang lain yang menunjang produktivitas seseorang dalam bekerja. Tentunya, pemilihan furnitur dan barang pendukung lain yang tepat akan berpengaruh positif dalam perkerjaan yang kamu lakukan. Berikut beberapa alternatif ruang kerja yang baik dan cocok untuk produktivitasmu, melainkan juga soal kesehatan. Sebaliknya, seseorang yang sehat secara tidak langsung juga akan lebih produktif. Kedua hal ini merupakan dua aspek yang saling mempengaruhi satu sama lain.


Lebih Produktif dengan Menambahkan Tatakan Meja di Ruang Kerja


(Unsplash)

Furnitur yang nyaman, yang sesuai dengan postur badan akan membuatmu lebih nyaman dalam bekerja menggunakan meja. Namun, jika meja di ruang kerja rumahmu sedikit kurang tinggi, kamu bisa membeli dudukan tambahan untuk meja kerjamu. Dudukan tambahan ini bertujuan untuk menjaga mata sejajar dengan layar komputer atau laptop. Posisi mata yang sejajar dengan layar akan membuat duduk tetap tegak sehingga tengkuk tidak mudah lelah usai bekerja dengan durasi yang cukup lama.


Tetap Nyaman di Ruang Kerja dengan Meja tanpa Kursi 


(Unsplash)

Bekerja dengan posisi duduk terus menerus akan membuat kita lelah. Rasa pegal pada pinggang dan punggung merupakan dampak yang sulit dihindarkan. Salah satu alternatif untuk mengurangi pegal-pegal karena terlalu banyak duduk di ruang kerja adalah dengan bekerja sambil berdiri. Jika kamu memiliki rencana untuk membeli meja baru, ini adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan. Kamu dapat memilih meja yang dapat dinaikkan dan diturunkan sesuai dengan kebutuhan.

Bekerja dengan durasi duduk yang terlalu lama mengakibatkan kamu hanya melakukan sedikit aktivitas. American Journal of Preventive Medicine mengungkap dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan bahwa, pekerja yang duduk dengan durasi lebih dari 11 jam akan lebih rentan terkena penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung. Maka, kamu bisa menambahkan alternatif pilihan ini sekaligus untuk menjaga kesehatanmu. Selain itu, meja dengan konsep ini akan membuat alokasi ruangan yang digunakan berkurang, sehingga ruang kerja terasa lebih luas.


Ruang Kerja dengan Pencahayaan yang Cukup


(Usplash)


Terkadang bekerja lembur merupakan sesuatu yang tidak dapat kamu hindarkan. Untuk tetap menunjang produktivitasmu, jangan lupa menyiapkan lampu kecil di meja ruang kerja. Lampu meja ini membuatmu tidak perlu menyalakan lampu utama di ruangan untuk menghemat energi. Kondisi dengan lampu yang terlalu terang ataupun ruangan yang terlampau gelap sama-sama akan membuat mata cepat lelah. Kamu bisa memilih lampu meja yang sesuai untuk bekerja, tidak terlalu terang namun juga cukup untuk menerangi meja.



 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua