(0)


KOMPAS.com - Bagaimana dunia berubah setelah pandemi masih harus dilihat. Tapi satu hal yang pasti, cara dan kebiasaan manusia akan menyesuaikan keadaan, termasuk dalam merancang rumah tinggal.

"Desain akan menjadi lebih pibadi, karena orang menggunakan rumah untuk bekerja, belajar, dan seterusnya," kata desainer Christiane Lemieux.

Menurutnya, desainer harus sadar dan bijaksana tentang bagaimana membuat kehidupan lebih baik di ruang yang mereka miliki.

Pada masa depan, banyak orang memprediksi adanya perubahan baik dalam desain maupun permintaan klien untuk hunian mereka.

Apa saja permintaan klien dalam merancang rumah mereka?

Tata letak

Dilansir dari laman Architectural Digest, fleksibilitas adalah kunci dalam perencanaan ruang.

Desainer asal New York, Daun Curry mengatakan, saat ini ada pergeseran tata letak ruangan yang lebih tradisional.

Memang saat ini rumah dengan denah terbuka menjadi favorit. Namun dengan merebaknya pandemi yang membuat banyak pekerja harus beraktivitas dari rumah, maka diperkirakan pemilik rumah akan menerapkan batas khusus antara ruang kerja dengan ruangan lainnya.

"Hidup dengan denah terbuka dan modern sangat populer karena banyak alasan, tetapi selama periode ini, kami menyadari hal itu bisa menjadi penghalang ketika aktivitas di tempat kerja menyatu dengan ruangan lainnya," ucap Curry.

Ruang didefinisikan dengan jelas

Para pemilik rumah yang menata kembali denah huniannya menggambarkan ruang adalah hal yang paling penting dalam membangun hunian yang efisien.

Ke depan, banyak pihak memprediksi, rumah akan berubah. Tak hanya menjadi tempat tinggal, namun juga tempat belajar dan bekerja.

Untuk itu, setiap ruangan didefinisikan dengan jelas fungsi dan kegunaannya. Rumah yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan produktivitas, keseimbangan, kesehatan, dan kesenangan.

"Konsep ruangan terbuka mungkin tidak berjalan dengan baik jika ada lebih dari satu orang bekerja dari rumah, atau ada anak-anak yang beraktivitas secara bersama," ujar Kepala firma William Duff Architects, Jim Westover.

Menurutnya, konsep ruangan yang terbuka dapat dibenahi dengan penambahan partisi.

Ilustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home. Ilustrasi ruang kerja di rumah selama Work From Home.(SHUTTERSTOCK)

Mendukung aktviitas bekerja

Rumah ke depannya diperkirakan harus berfungsi penuh untuk mendukung suasana kerja. Ruangan kerja sebaiknya didukung dengan perabot yang mendukung, seperti kursi, meja kerja, hingga pencahayaan yang sesuai.

Ruang disinfeksi

Permintaan klien akan hunian mereka diprediksi tak hanya sekadar mengubay tata letak dan perancangan ruang khusus untuk bekerja dan belajar, melainkan juga ruang khusus untuk membersihkan diri.

Di setiap pintu masuk rumah, diperkirakan ada banyak tempat-tempat untuk menyimpan tisu, disinfektan, sarung tangan sekali pakai, masker, hingga wastafel untuk mencuci tangan.

Selain itu, terdapat area khusus yang digunakan sebagai ruang transisi. Ruangan ini bisa dimanfaatkan untuk meletakkan paket dan membersihkannya sebelum dibawa masuk ke dalam rumah.

Para tamu dan anggota keluarga juga diperkirakan akan menggunakan ruangan khusus ini untuk melakukan disinfeksi.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 12 Agustus 2020
Wabi-sabi, Inspirasi Desain Interior Jepang yang Makin Digandrungi
KOMPAS.com - Anda mungkin punya ide unik untuk menciptakan dekorasi rumah yang tak biasa. Ada beberapa pilihan dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan seperti Japandi, Skandinavia, dan terbaru adalah " Wabi-sabi". Inspirasi desain asal Jepang ini makin digandrungi karena mengakomodasi kepraktisan, kesederhanaan, dan tidak terlalu teratur. Lantas, apa itu "Wabi-sabi"? "Wabi-sabi"Baca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Agustus 2020
Setelah Pandemi, Desain Hunian Sekaligus Ruang Kerja Bakal Ngetren
KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat pemilik rumah mengubah tata letak hunian mereka. Beberapa memanfaatkan sisa ruangan di dalam rumah menjadi ruang kerja pribadi. Bahkan ada yang membuat ruang kerjanya sendiri di ruangan khusus. Pada awalnya orang-orang melihat kebutuhan akan ruang kerja di rumah hanya bersifat sementara sampai pandemi usai. NamunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Agustus 2020
Penting, 7 Tips Renovasi Ruang Kerja di Rumah Biar WFH Makin Nyaman
KOMPAS.com - Keberadaan ruang kerja di rumah mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang karena jarang berada dalam kondisi harus mengerjakan pekerjaan di rumah. Akan tetapi, semenjak kemunculan wabah Covid-19, belakangan ruang kerja berangsur dianggap penting. Bahkan, kebutuhan semakin terasa semenjak diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam rangka mengurangi penyebaranBaca Selengkapnya