Spinner Icon

Tak Jadi Mudik, Manfaatkan THR untuk Beli Hunian

Author Image
Berita Terkini · 20 April 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Penyebaran virus corona (Covid-19) semakin meluas dan telah menjangkau keseluruhan 34 provinsi yang ada di Indonesia, sehingga pemerintah sedang mempertimbangkan larangan masyarakat mudik saat Lebaran nanti.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengungkapkan bahwa di saat pandemi corona seperti sekarang ini lebih baik masyarakat tidak mudik dan bisa menggunakan dananya untuk hal lain yang bermanfaat dalam jangka panjang seperti menambah tabungan dan investasi, dana darurat atau membeli rumah misalnya.

“Bagi yang masih punya pekerjaan dan masih mendapat tunjangan hari raya [THR] sebaiknya bisa menggunakannya secara bijak, misalnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer, pangan, sandang dan papan,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, Minggu (19/4/2020).

Marine menambahkan, menurut Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) kuartal I/2020, pasar properti pada 2020 akan menjadi saat yang tepat bagi konsumen untuk membeli properti.

Selama 3 tahun terakhir dan juga tahun ini, Ramadan dan Lebaran berlangsung pada kuartal kedua tiap tahunnya. Pada periode tersebut, terlihat tren penyesuaian harga yang cenderung seragam.

RIPMI menunjukkan bahwa harga properti pada kuartal kedua 2017 hingga 2019, indeks menunjukkan bahwa harga properti terus mengalami kenaikan, yaitu sebesar 1,07 persen pada kuartal II/2017, sebesar 1,14 persen pada pada kuartal II/2018 dan sebesar 2,17 persen pada kuartal II/2019.

“Secara historikal, setiap bulan Ramadan dari tahun ke tahun penjualan properti relatif cenderung turun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Pola ini terbentuk dari kebiasaan para calon pembeli yang akan menunda melakukan transaksi hingga satu bulan setelah Lebaran,” jelas Marine.

Sedangkan, polanya akan naik lagi hingga mendekati tahun baru. Apalagi seperti saat ini sedang berlangsung pandemi corona, penjualan properti akan semakin turun dibandingkan periode Ramadan sebelumnya.

Tren pasar properti yang memiliki siklus rutin ini menurut Marine, bisa dimanfaatkan para pencari properti untuk mendapatkan rumah dengan harga terbaik. Pada periode ini, pasar properti akan berpihak kepada pembeli.

Saat ini, daya tawar dari pengembang cenderung lebih lemah terhadap pembeli, baik itu pembeli untuk ditinggali maupun pembeli untuk investasi. Pada periode ini, pengembang biasanya menawarkan banyak promo, bonus, serta kemudahan-kemudahan lainnya.

“Oleh karena itu pembeli disarankan untuk bernegosiasi dengan penjual untuk bisa mendapatkan harga yang kompetitif,” ujarnya.


Sumber : ekonomi.bisnis.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua