Spinner Icon

Tanda Anda Siap Memiliki Rumah Baru Lewat KPR Rumah

Author Image
Info Terbaru · 20 Februari 2017

Anda mungkin sudah memiliki rencana besar untuk merealisasikan impian untuk memiliki sebuah rumah baru lewat program KPR rumah. Namun Anda masih belum terlalu yakin, apakah Anda sudah siap untuk menanggung beban angsuran dari KPR nantinya?

Jika memang ini persoalannya, maka berikut ini beberapa tanda bahwa Anda sudah tidak perlu lagi ragu mengajukan KPR rumah impian Anda.

Anda tidak punya utang

Jika keadaan Anda saat ini sudah sangat tenang dan tidak memiliki utang, baik itu berupa kredit atau utang non-kredit. Maka ini merupakan sebuah pertanda yang sangat baik yang menunjukkan bahwa Anda sudah siap untuk mengambil kredit rumah.

Karena dengan tidak adanya utang, maka Anda dapat membayar uang muka dan angsuran kredit rumah Anda tanpa perlu terganggu membayar angsuran atau utang lainnya. Dengan tak adanya gangguan utang, Anda pun dapat memfokuskan dana Anda seutuhnya kepada pembayaran angsuran rumah.

Semakin fokus aliran keuangan Anda, maka akan semakin mudah pula proses penyelesaian angsuran kredit rumah impian Anda tersebut.

Anda memiliki tabungan DP yang cukup

Tentunya pengajuan KPR Anda tak akan dapat terwujudkan jika Anda tak memiliki tabungan yang cukup untuk menebus DP atau uang muka rumah idaman Anda. Namun jika pada kenyataannya Anda memiliki tabungan yang cukup, maka ini merupakan sebuah pertanda penting bahwa Anda sudah siap untuk mengajukan permohonan KPR untuk rumah impian Anda.

Anda memiliki tabungan jaga-jaga yang terpisah dari tabungan DP

Jika selain memiliki tabungan DP yang cukup, Anda juga masih memiliki tabungan lain untuk keadaan darurat. Maka hal ini merupakan sebuah pertanda pendukung bahwa Anda semakin siap untuk mengajukan KPR saat ini juga. Apalagi jika tabungan jaga-jaga ini isinya terus bertambah dengan jumlah yang memuaskan.

Anda memiliki pemasukan yang sehat dan stabil

Ini adalah sebuah pertanda yang sangatlah penting sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan KPR. Jika Anda selama ini memiliki pemasukan yang sehat dan stabil, yang bahkan ketika Anda melakukan simulasi KPR untuk rumah impian Anda, ternyata Anda masih memiliki dana yang cukup untuk ditabung, maka ini merupakan sebuah pertanda yang sangat baik yang menunjukkan bahwa Anda juga sangat siap untuk mengajukan permohonan KPR saat ini juga.

Apalagi jika Anda sudah memperhitungkan bahwa pendapatan Anda akan menjadi semakin sehat di masa mendatang, yang artinya membuat Anda akan semakin siap menanggung beban angsuran kredit rumah impian Anda nantinya.

Anda memiliki rekam jejak kredit yang baik

Jika selama ini Anda adalah orang yang disiplin melunasi kredit Anda, sehingga Anda memiliki catatan atau rekam kredit yang sempurna, maka hal ini turut menjadi sebuah pertanda yang menunjukkan bahwa Anda sudah siap bersikap disiplin untuk melunasi angsuran kredit rumah impian Anda nantinya.

Rekam jejak kredit dapat menjadi acuan kedisiplinan membayar angsuran yang baik, karena dengan memiliki rekam jejak kredit yang baik, maka berarti Anda selama ini dapat bersikap disiplin dalam urusan uang. Dengan kata lain Anda tidak menggunakan uang melebihi kemampuan Anda.

Kedisiplinan penggunaan uang ini adalah kunci yang sangat penting untuk menciptakan kredit yang sehat hingga selesainya masa angsuran KPR Anda.

 

Bagaimana, apakah Anda memiliki tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda siap untuk mengajukan KPR rumah impian saat ini juga?

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua