(0)


(images from:communityroofingandrestoration)


Tentunya rumah dengan hawa yang panas tidak akan nyaman untuk ditinggali. Bayangkan saja jika rumah yang kamu tinggali terasa pengap pasti tidak akan nyaman bukan? Apalagi jika hawa tersebut bertahan hingga malam hari, dijamin tidurmu tidak akan nyenyak. Kalau tidur sudah tidak nyenyak, bisa-bisa hari kamu jadi berantakan.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi hawa rumah yang membuat kamu merasa tidak nyaman yaitu atur sirkulasi udara sebaik mungkin. Perlu kamu ketahui, salah satu kriteria rumah yang sehat adalah pemenuhan kebutuhan fisiologis berupa pencahayaan, hawa, dan ruang gerak yang cukup agar aktivitas sehari-hari yang kamu jalani lancar. Mengenai hawa rumah, kamu bisa menyiasatinya dengan ventilasi yang baik. Kalau ventilasi rumahmu sudah baik, dijamin kamu dan keluargamu juga akan terjaga kesehatannya.

Ventilasi merupakan bagian penting dari rumah dan tentunya menyimpan segudang manfaat positif untuk penghuninya. Dengan adanya ventilasi pada rumah, udara segar dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Dengan begitu kelembapan dan suhu ruangan rumahmubisa terjaga. Tidak hanya itu saja, rumah yang tidak lembab juga akan terbebas dari jamur atau bakteri berbahaya yang bisa saja memberi penyakit pada tubuh seseorang.

Selain bisa membuat hawa di rumah terasa jauh lebih segar dan bebas dari pengap serta rasa sesak, ventilasi rumah juga bisa mengeluarkan polusi yang dihasilkan dari rumah. Ternyata polusi bukan hanya di luar rumah saja, di rumah juga memiliki polusi. Akan tetapi polusi rumah yang dimaksud adalah asap rokok, asap dapur, atau juga bakteri. Dengan adanya ventilasi di rumah, polusi tersebut dapat berganti dengan udara dari luar yang lebih segar dan menyehatkan.

Manfaat positif dari ventilasi tidak hanya itu saja, ventilasi juga bisa menghemat pengeluaran bulananmu lho! Kenapa bisa seperti itu? Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ruangan rumah menjadi pengap atau panas karena ventilasi yang tidak baik. Karena rasa pengap tersebut, orang lebih memilih untuk mengandalkan AC ataupun kipas angin yang tentunya membutuhkan daya listrik cukup besar dan bisa saja membuat tagihan listrikmu membengkak.

Padahal dengan ventilasi yang baik kamu bisa mengurangi penggunaan benda tersebut yang tentu saja akan membuat tagihan listrikmu lebih irit. Oleh karena itu, jika ingin rumah yang bebas dari rasa pengap dan tidak membebankan finansialmu, buatlah ventilasi rumah dengan sebaik mungkin. Selain terbebas dari penggunaan alat elektronik yang memakan banyak daya listrik, pencahayaan alami yang masuk lewat jendela dan ventilasi juga bisa membantumu menghemat listrik di siang hari. Iya bukan?

Sebagai pengingat, ventilasi udara yang baik bisa memberikan dampak positif untuk kamu apalagi jika kamu baru memulai bahtera rumah tangga dan sudah memiliki anak yang masih kecil. Menurut World Health Organization (WHO), kualitas udara yang buruk di dalam rumah berpotensi menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya penyebaran penyakit menular dan kematian di beberapa negara berkembang. Dalam hal ini, anak-anaklah yang paling berisiko terkena dampak buruk dari sirkulasi udara rumah yang tidak baik.

Kamu pasti tahu kalau sistem kekebalan tubuh anak umumnya masih lemah dan masih dalam tahap berkembang. Akibatnya, anak-anak dapat terjangkit infeksi saluran pernafasan, flu, bahkan penyakit paru-paru. Jika tidak ingin hal tersebut menimpa kamu, sebaiknya pertimbangkan untuk membuat ventilasi rumah sebaik mungkin.

Ternyata peran ventilasi dalam sebuah rumah sangat penting ya! Selain dapat menjaga pengeluaran, ventilasi yang baik juga bisa menjaga kesehatan kamu dan keluarga. Untuk itu jangan remehkan fungsi dari ventilasi dan jangan lupa juga untuk membagikan tulisan ini ke keluarga atau teman kalian agar mereka lebih memperhatikan kondisi rumah mereka.



Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Ide Dapur Serba Hitam, Stylish dan Elegan
KOMPAS.com - Tidak banyak yang tertarik untuk memilih warna hitam sebagai warna utama dalam desain interior rumah mereka, terutama dapur. Namun nyatanya, justru kesan warna gelap inilah yang membuat warna hitam mampu menampilkan dapur yang lebih stylish dan elegan. Dapur warna hitam kini kerap dianggap merepresentasikan gayaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
7 Inspirasi Keren Dapur + Ruang Kerja, Bikin WFH Lebih Nyaman
KOMPAS.com - Pernah membayangkan punya ruang kerja di dekat dapur? Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk memiliki ruang kerja dekat dengan dapur. Beberapa alasannya antara lain keterbatasan ruang, efisiensi multitasking, mendekatkan komunikasi dengan anggota keluarga lainnya, ataupun karena imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Nah apapunBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 6 April 2020
Cara Mudah Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo
Bagi Anda yang mengikuti tren dan tips merapikan isi rumah, tentu nama Marie Kondo pernah terdengar. Perempuan asal Jepang ini semakin dikenal karena acaranya yang sangat populer di Netflix, Tidying Up With Marie Kondo. Metode merapikan rumah yang ia miliki mengundang pembicaraan banyak orang, namun keberhasilannya tidak terbantahkan.Marie Kondo dikenalBaca Selengkapnya