(0)


Apakah kamu tahu kalau menata dapur dapat memberikan pengaruh yang cukup penting? Bukan hanya sekedar terlihat rapi dan indah, tetapi, letak sebuah ruang di dalam rumah bisa memberikan pengaruh yang baik atau buruk untuk kehidupan.  Menurut konsep Feng Shui, dapur harus ditata dengan baik karena dapur merupakan jantung dari sebuah rumah.

Sebagai informasi, jika peralatan dapur ditempatkan dengan baik, maka penghuni rumah akan merasa nyaman dan tenang. Kalau hati sudah merasa tenang dan nyaman, otomatis pekerjaan sehari-hari akan lancar dan kamu bisa menjalani dari dengan baik. Iya bukan? Akan tetapi jika penataan dapur tidak baik, tidak menutup kemungkinan kamu akan merasa stres. Contohnya adalah saat kamu membutuhkan panci untuk memasak sarapan, akan tetapi kamu tidak dapat menemukannya karena panci tersebut tidak ditempatkan dengan rapi, otomatis kamu akan merasa jengkel dan karena alat masak tersebut tidak berhasil ditemukan kamu tidak jadi membuat sarapan dan akhirnya saat kerja pun tidak lancar. Tentu saja sangat berpotensi buruk untukmu. Iya bukan?

Secara garis besar, Feng Shui sendiri merupakan ilmu topografi kuno dari Cina yang mempercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi), serta bumi (geografi) dapat hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki kehidupan. Feng Shui sendiri sering digunakan sebagai salah satu proses pembangunan rumah. Tujuannya adalah untuk memastikan rumah tersebut dibangun dengan posisi yang baik. Ada beberapa elemen dalam ilmu Feng shui, di antaranya yaitu elemen kayu, tanah, logam, api, dan air. Masing-masing dari elemen tersebut memiliki pengertian dan fungsinya masing-masing.  Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana penataan dapur yang baik menurut ilmu Feng Shui, berikut ini penjelasannya.


Pastikan Pintu Masuk Dapur Langsung Mengarah Ke Kompor



Ketika masuk ke ruang dapur, usahakan kompor langsung terlihat ya. Penempatan pintu yang mengarahkan ke kompor sangatlah baik dalam membantu energi positif masuk ke dalamnya.


Pisahkan Elemen Air dan Elemen Api



Elemen air yang dimaksud di sini adalah kulkas dan wastafel, sedangkan elemen api adalah kompor. Penempatan kompor dan air wastafel tidak disarankan diletakkan secara berdampingan. Penempatan yang benar yaitu memisahkan kedua elemen air dan api di tempat yang berbeda. Bisa pula dilakukan dengan membatasi kedua elemen tersebut menggunakan meja atau dinding dapur. Menurut Feng Shui, hal ini bertujuan agar pertikaian tidak terjadi di dalam rumah. 


Dapur Tidak Disarankan Berdiri di Bawah Tangga


(images from:afyoncilingir)


Penataan ruangan seperti gambar di atas sudah dipastikan tidak disarankan dalam konsep Feng Shui konon katanya bisa menghambat pendapatanmu. Bila dipikirkan secara rasional, hal tersebut memang tidak baik karena langkah kaki saat menaiki tangga bisa saja membuat debu bertebaran ke makanan. Jika dibiarkan, makanan tersebut akan mengandung bakteri yang tentunya tidak baik untuk dikonsumsi karena bisa menimbulkan penyakit. Kalau penyakit menimpa kamu, otomatis aktivitas keseharianmu terganggu bahkan pekerjaan kamu bisa tertunda dan akhirnya pendapatanmu bisa terhambat.


Tidak Disarankan untuk Membangun Dapur di Bawah Ruang Tidur


(images from:pinimg)

Dalam konsep tata ruang dari Cina yakni Feng Shui, mendirikan kamar di atas dapur merupakan hal yang tidak dianjurkan. Kenapa? Bila dipikirkan secara logika, dapur merupakan tempat untuk mengolah masakan yang tentu saja menimbulkan suara bising. Jika seperti itu, kualitas tidur seseorang bisa terganggu, belum lagi udara panas yang dihasilkan saat memasak. Tentunya hal ini dapat menimbulkan rasa gelisah dan emosi yang tidak dapat dibendung. Kalau dibiarkan bisa saja menimbulkan masalah yang lebih besar. Oleh karena itu perhatikan terlebih dahulu dengan seksama sebelum mendirikan dapur di rumah kamu.

Bagaimana? Apa dapur di rumahmu sudah sesuai dengan konsep Feng Shui seperti di atas? Nah kalau belum kamu bisa pertimbangkan untuk mengikuti beberapa saran tersebut. Selain itu, pastikan keamanan dan kenyamanan dapur kamu lebih terjaga ya!


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 November 2019
Jangan Investasi Properti jika 5 Hal Ini Tak Terpenuhi
KOMPAS.com - Dengan tren dan proyeksi harga yang selalu naik, properti adalah salah satu instrumen investasi yang selalu diminati. Karakteristik properti memang tidak secair instrumen-instrumen lain seperti saham, Surat Utang Negara (SUN), atau logam mulia. Walaupun begitu, properti juga punya daya tariknya tersendiri. Selain bisa ditempati sendiri oleh Anda atau keluarga,Baca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 November 2019
Otentik! Hunian Sekaligus Galeri Seni yang Elegan dan Berkelas
KOMPAS.com - Interior minimalis warna hitam mungkin tidak terdengar begitu menarik. Banyak orang beranggapan bahwa penggunaan warna gelap seperti hitam akan menyerap energi yang ada di sekelilingnya.Padahal kenyataannya, warna gelap yang tegas dapat memberikan atmosfer unik yang berbeda. Dipadu dengan penataan yang pas dan sesuai, karakter warna ini justru akan memberikan kesan modernBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 November 2019
Desain Apartemen untuk Para Pecinta Kucing
KOMPAS.com - Beragam hal, rela dilakukan oleh para pecinta kucing untuk hewan kesayangannya. Salah satunya, membuatkan pintu kucing sebagai akses keluar masuk hewan menggemaskan yang satu ini. Seperti yang terlihat jelas di sebuah apartemen yang berada di Paris. Kali ini kita akan melihat uniknya renovasi apartemen minimalis Sacha yang berlokasiBaca Selengkapnya