(0)


Saat ini banyak kantor yang sudah mulai menerapkan aktivitas kerja dari rumah untuk memperlambat laju penyebaran virus COVID-19. Mungkin bagi beberapa orang, kebiasaan ini terbilang baru dan membutuhkan masa adaptasi. 


Pada awalnya, mungkin hal ini dirasa memudahkan. Namun dampak lainnya akan mulai terasa karena diharuskan untuk membatasi aktivitas keluar rumah yang mungkin lambat laun justru menjadi beban pikiran baru.


Keharusan untuk tetap menjaga produktifitas ini pun selayaknya harus tetap diimbangi dengan kegiatan lain. Kami mengumpulkan beberapa tips yang bisa anda coba selama menjalani proses kerja dari rumah ini.


Cobalah Untuk Melepas Penat Dengan Sejenak Menghirup Udara Luar


Tips ini datang dari kalangan profesional yang memang sudah terbiasa dengan situasi bekerja dari rumah. Cobalah untuk keluar sejenak dari rumah pada sore hari untuk berjalan di sekitar rumah. Udara segar disertai dengan olahraga ringan akan menyegarkan pikiran, lakukan hal ini selama kurang lebih satu jam untuk tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.


Coba Melakukan Meditasi


Menurut sebuah penelitian, meditasi selama kurang lebih 15 menit bisa mengurangi stress Anda. Hal ini juga akan membuat Anda tetap tenang dan menurunkan detak jantung. 


Catat Prioritas Anda






Sumber: Unsplash/Emma Matthews Digital Content Production


Untuk menjaga agar pekerjaan-pekerjaan yang ada tetap terselesaikan pada waktunya, cobalah mengurutkan tugas-tugas Anda dengan cara semudah mungkin. Tidak perlu melakukan hal yang rumit, cukup fokus pada tujuan yang realistis. Gunakan piranti teknologi atau online yang bisa Anda pantau dan atur dengan mudah.


Atur Posisi Ketika Kebosanan Melanda





Sumber: Unsplash/Sincerely Media


Meskipun berada di dalam rumah, cobalah untuk tetap berganti suasana. Mulai dari menggunakan meja tinggi, atau rendah. Mengganti posisi duduk atau posisi menggunakan laptop. Hal-hal kecil ini akan membuat pikiran Anda tetap awas dan aktif. Selain itu, dengan berganti posisi, tubuh akan memberi tanda jika Anda sudah mulai lelah.


Gunakan Mood Board




Sumber: Unsplash/Hipster Mum


Selalu ada cara untuk terinspirasi. Mencerahkan suasana di dalam ruangan bisa dilakukan dengan mencetak dan menggantung kata-kata motivasi. Menampilkan foto-foto dari perjalanan liburan sebelumnya, resep masakan yang belum sempat Anda coba, atau apapun yang mengingatkan pada hobi Anda. Dengan melakukan hal ini, maka Anda pun akan tergerak untuk menjauh dari layar laptop sambil mengingat kembali rencana-rencana di masa depan. 


Sumber:Domino

Sumber gambar thumbnail : Sumber: Unsplash/Djurdjica Boskovic


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Tiga Pilihan Warna Meriahkan Hari Raya
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen cat Dulux, AkzoNobel Indonesia meluncurkan Dulux Visualizer untuk menemukan inspirasi warna cat dinding yang tepat pada perayaan Idul Fitri 2020. President Director PT ICI Paints Indonesia Indra Laban mengatakan, perusahaan merilis aplikasi tersebut guna memberikan pilihan warna yang cocok untuk diterapkan pada dinding rumah. DenganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
10 Pilihan Tanaman Interior, Cocok Bagi Pemula
KOMPAS.com - Karakternya yang menyegarkan menjadikan tanaman kerap dipilih sebagai  elemen dekorasi. Apalagi, tanaman juga mempunyai beragam bentuk, ukuran, dan warna yang mampu memberi nuansa yang berbeda-beda. Namun bagi pemula, memilih tanaman sebagai elemen dekorasi interior tentunya menjadi tantangan tersendiri. Selain karena tidak semua tanaman dapat tumbuh baik dalam ruang, beberapa tanaman indoorBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Mei 2020
Intip 4 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Buat Tamu
KOMPAS.com - Semua pemilik rumah tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang menginap di rumah mereka, salah satunya menyediakan kamar tidur nyaman. Dengan menyajikan kamar tidur yang nyaman, tamu tentu merasa dihargai oleh pemilik rumah. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mendesain kamar tidur khususBaca Selengkapnya